15 Tradisi Unik Rayakan Tahun Baru dari Berbagai Negara di Dunia

Kamis 29 Desember 2022, 15:30 WIB
Tradisi Unik Rayakan Tahun Baru dari Berbagai Negara (Sumber : Istimewa)

Tradisi Unik Rayakan Tahun Baru dari Berbagai Negara (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Perayaan tahun baru jika di Indonesia biasanya identik dengan menggelar acara bakar-bakar sate, jagung, juga menyalakan kembang api pada saat malam pergantian tahun.

Mungkin, budaya menyalakan kembang api ini merupakan salah satu budaya yang dilakukan oleh sebagian negara di berbagai belahan dunia, sebagai tanda jika tahun sudah berganti.

Namun selain menyalakan kembang api, beberapa negara juga ada yang memiliki tradisi unik, bahkan agak sedikit nyeleneh.

Baca Juga: Ramalan 2023: Mandi Uang, 5 Zodiak Ini Disebut akan Kaya Raya Tahun Depan

Nah, tanpa basa-basi lagi langsung saja simak 15 tradisi unik dari berbagai negara dunia saat merayakan tahun baru. dalam perayaan tahun baru.

1. Jepang

Setiap tahun baru kuil-kuil di seluruh penjuru Jepang akan membunyikan loncengnya sebanyak sekitar 108 kali.

Itu merupakan ritual Buddha yang selalu dilakukan di saat malam pergantian tahun, ritual tersebut bernama Joya No Kane yang merupakan ritual pembersihan 108 nafsu duniawi.

Lonceng-lonceng dibunyikan sebanyak 108 kali dan yang terakhir bunyi pada saat pergantian tahun. Katanya bagi orang-orang yang mendengar lonceng berbunyi 108 kali akan dihindarkan dari nafsu-nafsu duniawi di tahun yang baru itu.

2. Filipina

Di malam tahun baru di Filipina, setiap keluarga akan menyiapkan 12 buah yang berbentuk bundar. Mengapa buah berbentuk bundar? Karena mereka percaya bentuk bundar melambangkan kekayaan, karena bundar seperti koin. 

Mereka menyiapkan sebanyak 12 buah karena setiap satu buahnya melambangkan satu bulan dalam satu tahun. 

Selain itu, banyak dari mereka juga akan mengenakan baju yang bermotif polkadot, alasannya sama seperti buah yang bulat.

3. India

India memiliki sebuah tradisi unik tahun baru dimana orang-orang akan membuat patung orang tua yang dibuat dari jerami dan dipakaikan baju.

Patung orang tua tersebut melambangkan tahun lama yang akan ditinggalkan. Mereka lalu akan membakar patung tersebut pada saat malam pergantian tahun baru. 

Pembakaran patung orang tua tersebut melambangkan berlalunya keluhan-keluhan di tahun yang lama dan untuk memberi ruang bagi tahun baru untuk lahir.

4. Siberia (Rusia)

 Pada saat perayaan tahun baru di Siberia, orang-orang yang berani akan terjun menyelam ke dalam danau yang dingin untuk menanam biji tanaman yang baru. Penanaman tanaman itu disimbolkan sebagai awal untuk tahun yang baru.

5. Yunani

Tradisi unik di Yunani pada perayaan tahun baru adalah menggantung bawang di depan rumah mereka. Di Yunani, bawang merupakan simbol untuk kelahiran kembali di tahun berikutnya, maka dari itu mereka menggantung bawang di depan rumah mereka sebagai harapan keberuntungan di tahun baru nanti.

6. Finlandia

Setiap tahun baru di Finlandia ada sebua tradisi dimana orang-orang akan membakar miniatur tapal kuda dari timah menggunakan sebuah sendok khusus. 

Setelah timah tapal kudanya meleleh mereka akan menuangkannya ke salju atau ke dalam air yang sangat dingin dan timah tersebut akan beku ke dalam berbagai macam bentuk. 

Bentuk dari timah yang beku itu dipercaya bisa meramalkan nasib seseorang di tahun yang baru.

7. Denmark

Di Denmark ada tradisi memecahkan piring atau benda-benda keramik lainnya di depan pintu rumah tetangga. 

Katanya itu merupakan simbol meninggalkan niatan buruk atau jahat sebelum masuk tahun baru. 

Selain itu, mereka juga percaya semakin banyak pecahan keramik yang ada di depan pintu rumah, semakin banyak keberuntungan yang akan mereka dapatkan di tahun yang baru.

8. Romania

Di Romania, para peternak biasanya akan mencoba berkomunikasi dengan hewan-hewan ternak mereka pada malam tahun baru. Jika mereka berhasil, hewan mereka menyahuti mereka,  itu dipercaya bahwa mereka akan diberkahi keberuntungan di tahun yang baru.

9. Italia

Orang Italia memiliki tradisi memakai celana dalam merah pada saat perayaan tahun baru. Mengapa kok harus celana dalam merah? Karena di budaya Italia warna merah melambangkan kesuburan dan bagi siapa saja yang memakai celana dalam merah dipercaya akan dikaruniai seorang anak di tahun baru nanti.

10. Spanyol

Tradisi di Spanyol dan juga banyak negara-negara Amerika Latin pada saat malam pergantian tahun baru adalah memakan anggur sebanyak 12 buah. 

Mereka percaya tradisi memakan 12 anggur tersebut tersebut akan memberikan mereka keberuntungan di tahun yang baru. 

Tradisi ini diketahui dimulai sejak tahun 1800-an yang digunakan untuk menjual habis anggur-anggur sebelum pergantian tahun, namun karena terus dilakukan, kegiatan itu menjadi sebuah tradisi hingga sekarang. 

11. Brazil

Setiap tahun baru orang-orang di Brazil akan melemparkan bunga yang berwarna putih ke laut sebagai persembahan untuk dewi laut. 

Mereka percaya dengan mempersembahkan bunga putih harapan-harapan mereka untuk tahun baru nanti akan dikabulkan.

12. Kolombia

Di Kolombia ada tradisi yang sangat unik dimana pada saat perayaan tahun baru orang-orang akan keluar rumah membawa koper yang berisi atau kosong. Mereka percaya tradisi ini akan memberikan mereka kesempatan untuk jalan-jalan di tahun yang baru nanti.

13. Chili

Ilustrasi KuburanIlustrasi Kuburan

Ada tradisi yang sedikit menyeramkan di Chili, yaitu merayakan pesta tahun baru di kuburan. Tapi yang satu ini bukanlah untuk maksud uji nyali, melainkan bagi yang ingin merayakan tahun baru bersama keluarga atau kerabat yang sudah meninggal di kuburan mereka. 

Tradisi ini dimulai ketika ada keluarga dari kota Talca yang masuk tanpa izin ke dalam kuburan di malam tahun baru untuk merayakan tahun baru bersama keluarganya yang telah meninggal.

Oleh karena itu, sekarang kuburan dibuka untuk umum setelah doa bersama pada perayaan tahun baru jika ada yang ingin merayakannya di sana.

14. Kanada

Pada perayaan tahun baru di saat musim dingin utara yang begitu dingin, orang-orang Kanada banyak yang memilih untuk memancing di atas danau yang beku dalam dalam perayaan tahun baru. 

Selain itu, mereka juga mempunyai tradisi The Polar Bear Swim (Renang Ala Beruang Kutub). Di tradisi yang dimulai sejak tahun 1920 ini orang-orang akan lompat ke dalam air English Bay yang begitu dingin pada malam tahun baru.

15. Amerika Serikat

 Di malam pesta tahun baru, jutaan masyarakat Amerika akan berkumpul di Time Square, New York untuk menyaksikan tradisi menjatuhkan bola saat pukul 12 yang menandakan pergantian tahun. 

Tradisi ini juga biasanya disiarkan di TV, tidak hanya stasiun TV lokal, banyak stasiun internasional juga menayangkan tradisi ini. 

Tradisi ini dimulai sejak tahun 1907 pada saat pergantian tahun menuju tahun 1908. Acara penjatuhan bola ini diselenggarakan oleh pemilik New York Times, Adolph Ochs untuk menarik perhatian orang-orang ke markasnya pada saat malam tahun baru, dan hingga sekarang acara yang dibuatnya itu menjadi perayaan tahun baru paling populer di dunia.

Writer: Adestito Adji

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Keuangan06 Mei 2024, 18:20 WIB

BPR Jampangkulon Sukabumi Gencar Sosialisasikan Program Pinjaman Bagi Honorer

Perumda BPR Sukabumi Cabang Jampangkulon terus berupaya melakukan sosialisasi program pelayanan pinjaman bagi honorer.
Kepala BPR Jampangkulon, Erviandi. (Sumber : SU/Ragil)
Life06 Mei 2024, 18:00 WIB

Dirumah Banyak Semut? Amalkan Doa Nabi Sulaiman AS untuk Mengusirnya

Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS.
Ilustrasi - Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat06 Mei 2024, 17:55 WIB

Kabar Sukabumi Utara? Tanpa Cabut Moratorium 9 Kabupaten Baru di Jabar Hanya Wacana

Selama ini proses pemekaran daerah-daerah ini, termasuk Kabupaten Sukabumi Utara terganjal aturan moratorium pemekaran daerah otonom baru atau DOB.
Peta kecamatan yang akan ke wilayah Kabupaten Sukabumi Utara. Kabar terbaru 9 DOB di Jabar (Sumber: istimewa)
Life06 Mei 2024, 17:30 WIB

Taklukkan Monster Gadget: 7 Jurus Ampuh Menjauhkan Anak dari Kecanduan!

Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan.
(Foto Ilustrasi) Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan. | Foto: Pexels.com
Musik06 Mei 2024, 17:00 WIB

OTW Nikah, Ini Lirik Lagu Rizky Febian feat Mahalini Bermuara!

Dikabarkan Rizky Febian dan Mahalini menikah sesuai dat Bali pada Minggu, 5 Mei 2024 dan Ijab Qobul di Jakarta pada Rabu, 8 Mei 2024.
Foto Cover Latar Biru OTW Nikah, Ini Lirik Lagu Rizky Febian feat Mahalini Bermuara. Sumber: YouTube/@Rizky Febian
Life06 Mei 2024, 16:30 WIB

Terapkan Yuk Bund! 5 Cara Mendidik Anak yang Suka Melawan Tanpa Perlu Emosi

Sifat melawan dan membantah merupakan bagian dari tumbuh kembang anak, bentuk pertahanan dirinya terhadap situasi mengancam yang tidak ia sukai.
Ilustrasi. Orang tua memberi contoh yang baik. Sumber : pexels.com/@Ketut Subiyanto
Motor06 Mei 2024, 16:00 WIB

Intip Spesifikasi dan Harga Motor Yamaha Lexi LX 155 Terbaru Mei 2024

Yamaha Lexi LX 155 tersedia dalam tiga varian: Standard, S Version, dan Connected-ABS.
Yamaha Lexi LX 155 tersedia dalam tiga varian: Standard, S Version, dan Connected-ABS. (Sumber : yamaha-motor.co.id).