TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

4 Manfaat NFT Musik Bagi Musisi

Jumat 21 Jan 2022, 14:27 WIB
4 Manfaat NFT Musik Bagi Musisi

SUKABUMIUPDATE.com - Non Fungible Token atau NFT tengah tren akhir-akhir ini. NFT memang sudah lumrah digunakan oleh para seniman dan musisi di dunia untuk mengasetkan karya-karya mereka dalam bentuk digital dengan menggunakan teknologi blockchain.

Mengutip dari cryptonews.com, NFT membawa revolusi bagi industri musik, teknologi ini diklaim dapat menjawab persoalan hak cipta dan royalti yang tak kunjung selesai dialami oleh para musisi.

Berbeda dengan file musik yang biasa diunggah ke berbagai platform musik di internet seperti spotify dan iTunes, berkas audio yang dibuat menjadi aset NFT memiliki kelebihan tersendiri, melalui platform jual beli aset NFT seperti OpenSea, karya yang dibuat dapat diperjualbelikan, diklaim kepemilikannya serta memperoleh royalti dari setiap penjualan di pasar sekunder.

Tak terbatas berupa file audio saja, NFT memungkinkan para musisi untuk membuat berbagai barang lainnya di dunia menjadi sebuah aset kripto seperti video klip, sampul album, tiket konser hingga merchandise.

Baca Juga :

photo(Screenshot) Menu katalog musik NFT di platform OpenSea - (OpenSea)</span

Musisi tinggal merubah aset fisik tersebut menjadi aset NFT (digital), lalu diperjualbelikan di platform jual beli NFT yang kini mulai banyak tersedia.

Adapun platform-platform NFT yang bisa memperjualbelikan aset musik yakni seperti TONE, Opulous, OpenSea dan masih banyak lainnya. 

Setelah merubah karya menjadi aset NFT, para musisi bisa melakukan promosi menggunakan sosial media, dalam hal ini Twitter masih menjadi platform sosial media utama yang kerap kali digunakan para pelaku NFT untuk mempromosikan aset mereka. 

Karya yang diubah menjadi NFT tidak dapat di diduplikasi, ketika musisi membuat satu karya lalu membuatnya menjadi NFT, maka karya tersebut pun akan menjadi satu namun dalam bentuk NFT dan memiliki data kepemilikan yang permanen serta tercatat dalam blockchain.


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini