Pacu Digitalisasi UMKM, Wabup Sukabumi Ungkap 4 Kunci Sukses Bisnis di Era Baru

Sabtu 04 Desember 2021, 19:27 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mendorong pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) bergerak menuju digitalisasi. Ini menjadi keniscayaan yang di era normal baru, khususnya bagi para pelaku UMKM yang babak belur dihantam pandemi covid-19.

Hal ini diungkap Iyos Somantri yang tampil mewakili Bupati Sukabumi sebagai keynote speaker webinar bertema Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Berbasis Digital. Dalam seminar online yang berlangsung Sabtu (4/12/2021) ini Wabup mengawali pemaparannya dengan mengungkap data dampak berat yang dirasakan UMKM selama pandemi covid-19.

Baca Juga :

Wabup mengutip data survei ADB, UMKM sebagai penggerak ekonomi domestik dan penyerap tenaga kerja tengah menghadapi penurunan produktivitas, dan profit secara signifikan. "Dampak pandemi terhadap UMKM di Indonesia cukup luar biasa. 88 persen usaha mikro kehabisan kas atau tabungan, dan lebih dari 60 persen usaha mereka mengurangi tenaga kerja."

Namun lanjut Iyos, pandemi membuka era baru masa depan bisnis dunia, yaitu digitalisasi. Usaha yang model bisnis sudah digital terbukti tak hanya mampu bertahan, namun berkembang pesat selama pandemi.

photoWakil Bupati Iyos Somantri tampil sebagai keynote speaker webinar Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Berbasis Digital - (dok sukabumiupdate)</span

"Kita akui pandemi mengurangi daya beli masyarakat bagi pelaku usaha tradisional karena pembatasan interaksi di luar ruangan. Banyak konsumen yang mengalihkan pembelian secara digital, dan dampaknya usaha mikro tradisional gulung tikar."

Untuk itu sambung Iyos segala bentuk edukasi bisnis digital seperti webinar yang digagas sukabumiupdate.com ini perlu diapresiasi karena memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. "Tantangan di dunia digital semakin besar, menyentuh semua lini. Sumber daya manusia sebagai pelaku utama, harus diperkuat dengan kemampuan digital."

Baca Juga :

Sebelum mengakhiri paparannya, Iyos membagikan 4 kunci sukses bisnis dimasa mendatang, yaitu mengedepankan etika dan keamanan; mindset terbuka dinamis, memperhatikan produksi dan kapasitas, meningkatkan penguasaan digital.

"SDM adalah kuncinya. masyarakat Indonesia harus mengenal literasi digital. Dalam pengembangan bisnis termasuk UMKM," pungkas Iyos.

Dalam webinar yang didukung penuh boleh BPR Sukabumi, Perumda Agro Mandiri, Aplikasi Desa Digital dan Sukabumi Network ini tampil dua narasumber dari kalangan praktisi. Ada Burhan Solihin Direktur Eksekutif tempo.co dan Guntur Subagya Mahardika Asisten Staf Khusus Wakil Presiden RI Bidang Ekonomi dan Keuangan, serta Sigit Ega Maulana sebagai host.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life07 Mei 2024, 07:00 WIB

7 Ciri Anak Stres Karena Memiliki Masalah di Sekolah, Tingkahnya Beda!

Anak yang bermasalah di sekolah bisa kehilangan nafsu makan atau makan berlebihan sebagai respons terhadap stres, dan juga mungkin memiliki masalah tidur, seperti kesulitan tidur atau terbangun dalam tidur.
Ilustrasi. Ciri Anak Stres Karena Memiliki Masalah di Sekolah (Sumber : pixabay.com/@ธนาวุธเกตุชีพ)
Sehat07 Mei 2024, 06:00 WIB

5 Air Rebusan untuk Mengobati Asam Lambung Secara Alami

Cara membuat air rebusan untuk mengobati asam lambung bisa dengan mencampurkan salah satu atau beberapa bahan alami berikut ke dalam air panas, biarkan meresap beberapa saat, kemudian saring dan minum air rebusan tersebut.
Ilustrasi. Jahe. Air Rebusan untuk Mengobati Asam Lambung Secara Alami (Sumber : Freepik)
Science07 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 7 Mei 2024, Sukabumi Cerah dari Pagi Hingga Malam

Prakiraan cuaca tanggal 7 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi
Ilustrasi. Prakiraan cuaca tanggal 7 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi. | Foto: Pixabay/yeskay1211
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)