Memperingati Maulid, Meneladani Sifat Tabligh Nabi Muhammad SAW

Sabtu 30 September 2023, 22:31 WIB
Masjid Agung Kota Sukabumi | Foto : Sy

Masjid Agung Kota Sukabumi | Foto : Sy

SUKABUMIUPDATE.com - Memperingati hari kelahiran atau maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada setiap 12 Rabiul Awwal setiap tahunnya, dan menjadi tanggal istimewa karena kaum Muslimin di Indonesia menjadikannya sebagai hari libur nasional.

Pada tahun ini, libur nasional dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW ditetapkan pada hari Kamis, 27 September 2023.

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam adalah sosok teladan yang patut dicontoh dalam setiap aspek kehidupan. Ia memiliki 4 sifat mulia yang melekat, yakni Shiddiq, Tabligh, Amanah dan Fathonah. 

Baca Juga: Serunya 'Cosplay' Ulama Dunia di SMAN 1 Cibadak Sukabumi

Dalam artikel ini, akan diulas salah satu sifat mulia yang dimilikinya adalah sifat Tabligh. yaitu kemampuan untuk menyampaikan pesan-pesan agama yang bersumber dari wahyu Allah SWT.

Dilihat dari makna katanya, tabligh sendiri memiliki makna yang berarti penyampaian atau menyampaikan. Sedangkan secara istilah, dalam Ensiklopedi Islam disebutkan bahwa tabligh berarti "menyampaikan aja-ajaran Islam yang diterima dari SWT kepada umat manusia untuk dijadikan pedoman dan dilaksanakan agar memperoleh kebahagiaan dunia akhira". Anjuran tabligh sendiri tercantum dalam QS. Al Maidah ayat 67:

"Hai Rasul, sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu…"

Selain tertulisnya ayat tersebut, hukum tabligh serta tertulis dalam QS Al-Ahzab ayat 39 yaitu sebagai berikut:

"Yaitu, orang-orang yang telah menyampaikan risalah risalah Allah, mereka takut akan kepada-Nya serta mereka tiada merasa takut kepada seorang selain kepada Allah. Dan cukuplah Allah sebagai Pembuat perhitungan."

Baca Juga: Pandawara Sebut Loji Sukabumi Pantai Terkotor No 4 Indonesia, Ini Respons DLH

Dalam proses tabligh ini, seorang penceramah atau mubaligh menyampaikan materi- materi tentang ajaran-ajaran islam yang berasal dari pada Al-Quran serta hadist yang berupa ajaran – ajaran sunnah dari Rasulullah. Maksudnya ialah, materi bisa disampaikan melalui lisan maupun lisan juga dan tulisan.

Setelah mengetahui pengertian tabligh, berikutnya perlu kita ketahui pula bagaimana bentuk kedudukan tabligh dalam agama Islam. Dalam hal tersebut, tabligh memiliki dua kedudukan dalam sistem dakwah itu yaitu tabligh sebagai sebuah bagian dari sistem dakwah dan juga tabligh sebagai sebuah operasional dakwah. Penjelasan kedua kedudukan tabligh adalah sebagai berikut :

1. Kedudukan tabligh sebagai bagian dari sistem dakwah

Maksudnya adalah Tabligh memiliki beberapa unsur-unsur dakwah yang memuat dalam komponen unsur tabligh tersebut.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Toko Roti dan Kue di Sukabumi, Siapa Tahu Lagi Cari Oleh-Oleh

Namun ada beberapa unsur dalam dakwah yang tidak dimiliki tabligh. Seperti adanya media, di mana dakwah mempunyai banyak sekali media sebagai perantara penyampaian materi sedangkan untuk tabligh itu sendiri hanya sebatas pada media lisan ataupun sebatas tulisan saja.

2. Kedudukan tabligh sebagai operasional dakwah

Artinya adalah dimana ajaran Islam tidak dapat diraih dengan hanya didengar, dipahami, dibaca, dilihat, dan dihayati ketika tidak disampaikan secara lisan maupun tulisan. Dengan hal seperti itu, dapat dipahami bahwa tabligh sendiri merupakan suatu media atau sistem operasional untuk menyampaikan atau menyebarkan materi tentang ajaran-ajaran Islam.

Manfaat Meneladani Sifat Tabligh

1. Memperkuat Persaudaraan Umat

Sifat Tabligh mengajarkan kita untuk mendekati sesama Muslim dengan penuh empati dan pengertian. Ini memperkuat persaudaraan umat Islam dan menciptakan ikatan yang lebih kuat di antara umat.

Baca Juga: Bayinya Sehat dan Cantik, Anak Yatim Korban Pencabulan di Sukabumi Melahirkan

2. Menyebarkan Kedamaian dan Kebijaksanaan

Sifat Tabligh mengajarkan kesabaran dan ketenangan dalam berinteraksi dengan orang lain. Ini membantu menyebarkan kedamaian dan kebijaksanaan dalam komunitas, menciptakan lingkungan yang harmonis.

3. Meningkatkan Kesadaran Agama

Dengan menyampaikan pesan-pesan agama dengan cara yang baik, sifat Tabligh membantu meningkatkan kesadaran agama di masyarakat. Ini membantu membangun pemahaman yang lebih dalam tentang nilai-nilai Islam.

4. Menumbuhkan Kepedulian Sosial

Melalui sifat Tabligh, umat Islam diajarkan untuk peduli terhadap masalah sosial dan membantu mereka yang membutuhkan. Ini menciptakan masyarakat yang lebih peduli dan saling membantu.

Baca Juga: 13 Ciri Sikap Seseorang yang Iri dan Tidak Suka dengan Kita, Sok Peduli!

5. Menciptakan Lingkungan Pembelajaran

Sifat Tabligh juga menciptakan lingkungan di mana orang merasa nyaman bertanya dan belajar tentang agama. Ini membuka pintu bagi pengetahuan dan pemahaman yang lebih dalam tentang ajaran Islam.

Meneladani sifat Tabligh sebagai salah satu sifat Nabi Muhammad adalah langkah penting dalam mengembangkan karakter dan moral umat Islam. Dengan menyebarkan pesan agama dengan kasih sayang dan kebijaksanaan, kita dapat menciptakan masyarakat yang lebih peduli, penuh pengertian, dan damai. Semoga pemahaman tentang sifat ini membawa berkah dan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari umat Islam.

Sumber : Berbagai sumber

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)