Buruan Daftar, Pemkot Sukabumi Cari Wirausaha Baru Lewat Program Ini

Selasa 02 Mei 2023, 15:01 WIB
(Foto Ilustrasi) Pemerintah Kota Sukabumi mendorong lahirnya wirausaha baru. | Foto: Pixabay

(Foto Ilustrasi) Pemerintah Kota Sukabumi mendorong lahirnya wirausaha baru. | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kota Sukabumi melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) dan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag), mendorong lahirnya wirausaha baru. Ini dilakukan lewat program inovasi pendanaan pembangunan kompetitif.

Program bernama Sukabumi Go Digital (SDG) Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Berbasis Ekonomi Digital itu juga mendapat dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Ini adalah pelatihan digital marketing untuk menciptakan dan mengembangkan ekonomi kerakyatan dalam bentuk wirausaha baru berbasis digital.

BAPPEDA menyatakan pelatihan tersebut disediakan gratis untuk masyarakat alias tanpa dipungut biaya apa pun. Ini disampaikan langsung lewat unggahan akun resmi BAPPEDA Kota Sukabumi @bappedasmi_official. Adapun pendaftaran pelatihan ini sudah dibuka sejak 14 April 2023 dan akan ditutup pada 25 Mei 2023.

"Jangan sampai ketinggalan peluang untuk meningkatkan skill dan pengetahuanmu. Daftarlah di pelatihan digital marketing dan jadilah yang terbaik di bidangmu," tulis unggahan di akun itu yang juga menyertakan link pendaftarannya.

Kepala BAPPEDA Kota Sukabumi Reni Rosyida Muthmainnah mengatakan pelatihan digital marketing ini untuk menciptakan dan mengembangkan ekonomi kerakyatan. Harapannya, wirausaha baru yang lahir dapat menggerakkan ekonomi di daerah dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital.

Baca Juga: Masih Dibuka, 400 Orang Lebih Sudah Daftar Pelatihan Sukabumi Kece 2023

Sementara di sisi lain, Reni mengungkapkan Pemerintah Kota Sukabumi menargetkan 700 orang wirausaha baru lahir. Target ini dicapai melalui program unggulan Sukabumi Kelurahan Entrepreneur Center (Sukabumi Kece). "Pelatihan Sukabumi Kece akan dilaksanakan selama tiga bulan mulai Mei 2023,” ujarnya.

Lokasi pelatihan Sukabumi Kece antara lain SMKN 3 Kota Sukabumi dan Koperasi Darussalam di Kecamatan Lembursitu. Dalam legiatan ini, peserta dapat memilih tujuh macam bidang pelatihan seperti busana, kuliner, kecantikan, membuat foto produk (ULP), perhotelan, zero waste scantries anyaman bambu, dan pertanian.

Sebelumnya, pembukaan pendaftaran Sukabumi Kece diluncurkan Pemerintah Kota Sukabumi di kantor Diskumindag pada 29 Maret 2023. Untuk menjadi peserta, warga Kota Sukabumi bisa mengecek persyaratan lainnya seperti melampirkan salinan Kartu Keluarga (KK) dan KTP serta mengisi formulir pendaftaran online.

Bagi masyarakat yang berminat untuk mendaftar bisa mendatangi kantor Bidang Koperasi Diskumindag yang beralamat di Jalan Koperasi Nomor 105 atau memindai QR Code yang disediakan dalam unggahan Instagram @diskumindagkotasukabumi.

(Advertorial)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 14:00 WIB

Selain untuk Gula Darah, Ini 10 Manfaat yang Luar Biasa dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.
Ilustrasi - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).
Sukabumi Memilih19 April 2024, 13:54 WIB

Politisi PKB Miftahul Janah Didukung Warga Maju Pilkada Kota Sukabumi

Sejumlah warga Kota Sukabumi yang tergabung dalam RMJ mendorong politisi PKB, Miftahul Janah Janah untuk maju menjadi calon walikota / wakil walikota Sukabumi.
Miftahul Janah, Politisi PKB didorong maju Pilkada Kota Sukabumi 2024 | Foto : Sy
Sehat19 April 2024, 13:30 WIB

Segini Kisaran Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia 50 Tahun ke Atas Setelah Makan

Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.
Ilustrasi - Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992