Gelar SL Genta Organik, Distan Sukabumi Dorong Petani Beralih ke Pertanian Organik

Sabtu 01 April 2023, 12:05 WIB
Distan Kabupaten Sukabumi melaksanakan Sosialisasi Sekolah Lapang (SL) Genta Organik di BPP Kecamatan Cikembar, Rabu 29 Maret 2023. (Sumber : IG Distan Kabupaten Sukabumi)

Distan Kabupaten Sukabumi melaksanakan Sosialisasi Sekolah Lapang (SL) Genta Organik di BPP Kecamatan Cikembar, Rabu 29 Maret 2023. (Sumber : IG Distan Kabupaten Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pertanian atau Distan Kabupaten Sukabumi melaksanakan kegiatan Sosialisasi Sekolah Lapang (SL) Genta Organik di BPP Kecamatan Cikembar, Rabu 29 Maret 2023. Kegiatan ini dihadiri Dinas Pertanian dan Hortikultura (Distanhorti) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Penyuluh Pertanian BPP Cikembar serta petani sasaran kegiatan SL ini.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Penyuluhan dan Pengembangan Usaha Distan Kabupaten Sukabumi Ajat Sudrajat, menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksudkan agar petani mulai membiasakan diri tidak tergantung pada pupuk kimia atau anorganik. Mengingat, adanya pembatasan pupuk subsidi dari pemerintah sehingga saat ini kondisi ketersediaan pupuk anorganik berkurang.

"Ketika petani mulai menerapkan budidaya organik juga perlu ada manajemen yang baik sehingga memiliki nilai lebih ketika dijual," ujarnya.

Baca Juga: Diinisiasi Distan Sukabumi, Sekda Ade Dukung Gerakan Panen Padi Nusantara di Cikembar

Menurut Ajat, melalui penerapan budidaya organik dengan manajemen yang baik, diharapkan selain mengembalikan kesuburan tanah maka akan ada nilai tambah pada produk yang dihasilkan, peningkatan harga dan pendapatan petani.

Ia juga menyampaikan mengenai keuntungan penggunaan budidaya organik selain dari nilai jual, seperti menyuburkan lahan, menginisiasi kemandirian petani dan meningkatkan keberlanjutan budidaya.

"Oleh karena itu, SL Genta Organik diharapkan bisa menjadi stimulus untuk petani beralih ke pertanian organik," tandasnya.

Terpisah, Odik Setia Sukmana selaku perwakilan dari Distanhorti Provinsi Jabar menuturkan, bahwa dalam pelaksanaan SL, 80 persen kegiatan akan dilakukan dalam bentuk praktek. Dalam pelaksanaannya, SL diharapkan bisa memperbaharui atau mengingatkan ilmu yang dimiliki petani mengenai pertanian organik.

Odik menuturkan, SL ini dilakukan dalam satu proses produksi dan dilakukan 4 kali pertemuan dalam penyampaian materi. "Namun apabila dalam pelaksanaannya dirasa perlu, bisa diadakan pertemuan secara swadaya dengan penyuluh wilayahnya sehingga penerapannya bisa lebih optimal," tuturnya.

"SL Genta Organik diharapkan bisa menjadi solusi bagi kelangkaan pupuk anorganik di kalangan petani, dan di SL ini dicari penerapan budidaya organik yang paling baik di lingkungan petani selain dilakukan budidaya yang dirasa paling baik," tandasnya.

Rencana Tindak lanjut pelaksanaan Genta Organik adalah adanya harapan keberlanjutan lingkungan yang sehat dan sebagai momen petani untuk meningkatkan produksi, produktivitas dan Kesejahteraan Petani, selain itu untuk meningkatkan dinamika kelompok dengan adanya pertemuan - pertemuan yang semakin sering dan dinamis.

(Advertorial)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life07 Mei 2024, 15:45 WIB

Pasti Kapok, 6 Cara Berkelas Menghadapi Tetangga yang Suka Bergosip

Keberadaan tetangga yang suka menyebarkan gosip tentu menyebalkan. Maka penting menerapkan cara berkelas untuk menghadapi mereka
Cara menghadapi tetangga yang suka bergosip (Sumber : Pexels.com / @AndreaPiacquadio)
Life07 Mei 2024, 15:15 WIB

6 Mindset Keuangan yang Wajib Diajarkan Orang Tua kepada Anak Sejak Kecil

Dalam mengasuh anak, orang tua penting mengajarkan mindset keuangan atau finansial agar saat tumbuh dewasa sang buah hati pandai dan cerdas dalam mengelola keuangan
mindset keuangan yang perlu diajarkan kepada anak (Sumber : Pexels.com/ @JepGambardella)
Bola07 Mei 2024, 15:14 WIB

Lahir di Sukabumi, Kisah Lothar Van Gogh Bobol Gawang Belgia saat Usia 19 Tahun

Keluarga Lothar Van Gogh merupakan patriciaat yang sangat dihormati di Belanda.
Lothar Van Gogh, pesepak bola Belanda kelahiran Sukabumi pada 7 Februari 1888. | Foto: Wikipedia
Sukabumi07 Mei 2024, 15:05 WIB

Dispar Sukabumi Siap Sambut Healthy City Summit 2024 dengan Beragam Objek Wisata Menarik

Kabupaten Sukabumi telah dipilih sebagai tuan rumah untuk menggelar Healthy City Summit pada bulan Juli 2024. Dinas Pariwisata siap menyambut dengan menyuguhkan beragam objek wisata yang menarik.
Plt Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi, Jujun Junaedi | Foto : Ilyas Supendi
Inspirasi07 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA Sebagai Picking di Minimarket Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Minimal Lulusan SLTA/SMU/SMA Sebagai Picking di Minimarket Sukabumi (Sumber : Freepik.com/@DC Studio).
Life07 Mei 2024, 14:45 WIB

6 Dampak Buruk Sering Memarahi Anak yang Sering Disepelekan Orang Tua

Sering Memarahi anak rupanya memiliki dampak buruk yang berbahaya untuk perkembangan si kecil. Maka dari itu, para orang tua harus mengetahui dampak buruh memarahi anaknya saat masih kecil
Ilustrasi dampak buruk sering memarahi anak (Sumber : Pexels.com / @JepGambardella)
Sukabumi07 Mei 2024, 14:43 WIB

Polisi Dalami Motif Pembunuhan Ajo alias Ceuceu di Citepus Palabuhanratu Sukabumi

Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Ali Jupri, mengatakan bahwa tahap olah TKP dilakukan sebagai persiapan sebelum melakukan rekonstruksi secara menyeluruh.
Rumah (TKP) pembantu ditemukan tewas di Citepus Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi07 Mei 2024, 14:42 WIB

Rugi Ratusan Juta! Kronologi Kebakaran Pabrik Kasur di Gunungguruh Sukabumi

Kebakaran menghanguskan seluruh bagian pabrik kasur dan gudang kapuk.
Petugas memadamkan kebakaran pabrik kasur sekaligus gudang kapuk di Kampung Cubeueus RT 02/03 Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Selasa (7/5/2024). | Foto: P2BK Gunungguruh
Life07 Mei 2024, 14:30 WIB

10 Tips Mempertahankan Kebahagiaan Agar Pikiran Tidak Stres

Dengan menerapkan tips-tips hidup bahagia ini dalam kehidupan sehari-hari, Anda dapat membantu menjaga pikiran tetap tidak stres dan mempertahankan tingkat kebahagiaan yang tinggi.
Ilustrasi. Tips Mempertahankan Kebahagiaan Agar Pikiran Tidak Stres. Sumber Foto : Pexels/Elina Fairytale
Life07 Mei 2024, 14:15 WIB

Jarang Disadari, Inilah 5 Kebiasaan Jelek yang Bikin Masa Depan Susah Hidup Kaya

Kebiasaan tertentu menjadi penyebab seseorang sangat susah menjadi kaya raya. Hal ini yang kadang sering disepelekan, padahal dampaknya buruk
Ilustrasi kebiasaan yang menyebabkan susah kaya (Sumber : Pexels.com / @MARTPRODUCTION)