bankbjb

Media Lokal Hingga Nasional, Ini Daftar Pemenang Penghargaan AMSI Awards 2022

AMSI Awards 2022 sendiri menjadi ajang penghargaan bagi 15 media terbaik AMSI baik media lokal maupun media nasional yang sudah dinilai oleh dewan juri

Dede Imran
Penulis
Rabu 23 Nov 2022, 23:05 WIB
Media Lokal Hingga Nasional, Ini Daftar Pemenang Penghargaan AMSI Awards 2022

SUKABUMIUPDATE.com - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menyelenggarakan kegiatan Indonesia Digital Conference (IDC) dan AMSI Awards 2022 dari 22-23 Oktober 2022 bertempat di Hotel JS Luwansa, JL HR Rasuna Said No.22, Karet Kuningan, Jakarta.

AMSI Awards 2022 sendiri menjadi ajang penghargaan bagi 15 media terbaik AMSI baik media lokal maupun media nasional yang sudah dinilai oleh dewan juri yaitu Yosep Adi Prasetyo (Ahli Hukum Pers, sebagai ketua), Ninik Rahayu (Anggota Dewan Pers), Ignatius Haryanto (Peneliti Media UMN), Eric Sasono (Chief of Party Internews), dan Kristy Nelwan (Head Cormomm PT Unilever) masing-masing sebagai anggota.

“Sebagai ketua dewan juri, saya mengapresiasi upaya AMSI untuk penyelenggaraan AMSI Awards. Harapannya bisa memberi motivasi dan inspirasi bagi media-media siber di Indonesia dan media pada umumnya untuk terus menjadi media yang konsen terhadap kualitas jurnalisme  dan bertumbuh sehat secara bisnis. Kita bisa banyak belajar dari para peserta,” jujar Yosep Adi Prasetyo, Ketua Dewan Juri AMSI Awards 2022.

Ketua Panitia IDC dan AMSI Awards 2022, Adi Prasetya dalam sambutannya di acara malam puncak AMSI Awards 2022 Rabu, (23/11/2022) malam mengatakan jika AMSI Awards ini pertama kali digelar dan menjadi semacam perayaan atas keberhasilan media lokal maupun nasional yang telah bertahan di masa-masa sulit pandemi Covid-19.

“Ini semacam selebrasi atau wisuda atas apa yang sudah dicapai selama dua tahun terakhir oleh kawan-kawan media baik lokal maupun nasional yang menjadi anggota AMSI yang sudah melewati masa-masa susah terutama selama pandemi Covid-19,” kata Adi.

Adi juga mengungkap ada 121 peserta yang mendaftar AMSI Awards yang terdiri 96 media lokal dan 25 media nasional. Ia berharap dengan adanya AMSI Awards ini bisa menjadi booster bagi semua media anggota AMSI.

Lalu Ketua Umum AMSI ,Wenseslaus Manggut mengatakan Amsi lahir di tengah gelombang kritik terhadap media sangat tinggi, berita hoaks merajalela dan itu menjadi masalah bersama.

“Ditengah ekosistem media digital yang baru itu, akhirnya kita menemukan bahwa salah satu masalahnya adalah diri kita sendiri dan mungkin itu masalah terbesarnya. Media terlalu banyak hingga mempengaruhi cara kerja media itu sendiri. Hal itu juga menjadikan setiap media mencari traffic secara “gila-gilaan” dan akhirnya orang-orang mengeluh banyaknya konten clickbait,” kata Wenseslaus.

Pria yang akrab disapa Wens itu mengatakan AMSI didirikan dengan tujuan besar, memotori dan mewujudkan keberlangsungan media siber di Indonesia dan ekosistemnya agar makin berkualitas jurnalismenya dan sehat bisnisnya.

Sejak Pandemi, AMSI konsisten menggelar rangkaian program Sustainability Media dengan sembilan pilar penting, antara lain jurnalisme sehat, manajemen dan bisnis yang sehat, dan adaptif terhadap perkembangan teknologi, brand yang kuat, dll. Dengan menggandeng donor AMSI memberi workshop, pelatihan, fellowship kepada media anggotanya, agar menjadi media yg terus bertumbuh dan berkualitas .


Fitriansyah
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini