10 Kekurangan Bisnis Online dan Cara Mengatasinya dengan benar

Jumat 14 Oktober 2022, 15:54 WIB

SUKABUMIUPATE.com - Kekurangan bisnis online sebenarnya bermacam-macam seperti pengiriman salah alamat atau produk tidak sesuai dengan yang dipesan. Sebagai penjual, wajib memahami semua permasalahan pada bisnis online untuk mengurangi resiko yang tak diinginkan.

Dibalik kekurangannya, bisnis online bisa sangat menguntungkan jika dapat memaksimalkan proses pemasarannya. Tetapi banyak juga kekurangan bisnis online yang dialami oleh si penjual dan pembeli.

Berikut ini kami telah mengutip dari laman Tokotalk, beberapa permasalahan bisnis online yang terjadi dan cara mengatasinya.

1. Bocornya Privasi dan Lemahnya Keamanan

Bocornya privasi dan keamanan adalah sesuatu hal yang sangat berbahaya bagi seorang pebisnis online. Resikonya ada pada data pengguna yang bisa digunakan oleh hacker untuk mengeksploitasi.

Hampir seluruh pengguna layanan internet terancam peretasan dalam berbagai platform seperti Instagram, Twitter, Facebook dan lainnya.

Tips untuk pebisnis online, jangan mau memasarkan produk tanpa jaminan keamanan privasi dari situs e-commerce atau website.

2. Barang Tidak Sesuai Pesanan

Tidak seperti membeli langsung, kelemahan berbisnis online adalah konsumen tidak bisa mengecek dan melihat kondisi barang secara langsung. Mereka hanya melihat sebatas foto dan video saja.

Jika barang yang dipesan tidak sesuai, konsumen bisa langsung berkomentar negatif tentang belanja onlinenya. Beberapa juga terkadang meluapkan emosinya karena barang yang dipesan tidak sama dengan foto atau deskripsi produknya.

Tips untuk pebisnis online: jangan melakukan kecurangan, jujur, sertakan deskripsi yang benar dan jelas, upload foto atau video sama dengan aslinya.

Tips untuk konsumen: sebelum membeli barang alangkah baiknya lihat review dari pembeli sebelumnya apakah bagus atau tidak.

3. Barang yang Dikirim Rusak

Pengiriman barang biasanya melalui jasa ekspedisi dan kekurangannya adalah paket seringkali rusak selama diperjalanan.

Mungkin beberapa penjual menyangkanya adalah kesalahan dari kurir ekspedisi. Namun ternyata bisa jadi karena kelalaian penjual yang tidak mengemasnya dengan baik dan benar.

Alangkah baiknya setiap di deskripsi produk diberi keterangan untuk biaya tambahan supaya barang tidak rusak dan pecah. Seperti tambahan pengemasan dengan bubble wrap atau packing kayu.

4. Tidak Bijak dan Bertanggung Jawab atas Barang 

Pesanan yang dikirim tidak bisa kamu prediksi akan selamat atau rusak di perjalanan. Penjual disarankan membuat kebijakan pengembalian barang kalau memang hal itu bukan kesalahan pembeli.

Penjual yang baik dan jujur akan membuat kebijakan tersebut untuk membangun kepercayaan terhadap konsumennya. Dengan begitu konsumen pun tidak akan khawatir tentang pengembalian biaya atau produk yang dibelinya.

Simplenya, kalau review dari dari pembeli positif menandakan si penjual jujur dan bertanggung jawab terhadap produknya.

photoIlustrasi bisnis online. - ( shutterstock.com)</span

5. Pengiriman Bermasalah

Proses pengiriman yang lama atau salah alamat sering membuat pelanggan kecewa bahkan meluapkan amarahnya. Dalam hal ini penjual harus benar-benar pintar dalam memilih jasa ekspedisi dan teliti dalam memproses barang. 

6. Mahalnya Biaya Pengiriman

Setiap pengiriman paket barang biasanya ditentukan dari berat, ukuran dan jarak tempuh yang telah ditetapkan jasa ekspedisi.

Biaya ongkos kirim mahal yang melebihi harga barang, membuat pelanggan membatalkan pembeliannya. Sebagai penjual online kamu harus mengikuti promo gratis ongkir untuk meringankan biaya si pembeli. 

7. Rumitnya Proses Check-out

Setiap pembeli pastinya membandingkan harga terlebih dahulu dengan toko lain bila ingin membeli produk yang diinginkannya. Proses Check-out yang berbelit-belit membuat konsumen pusing dan tidak jadi membeli.

Sebagai pebisnis online, kamu harus bisa memilih platform yang cepat dan praktis dalam proses Check-outnya.

8. Metode Pembayaran Bermasalah

Proses metode pembayaran yang sedikit, membuat pembeli cenderung enggan untuk meneruskan pembayaran. Karena setiap konsumen tidak semuanya memiliki uang digital maupun pembayaran lewat bank.

Solusinya pembeli harus menerapkan semua jenis pembayaran termasuk sistem COD (Cash on Delivery) atau bayar ditempat untuk memudahkan pembayaran

9. Tidak Merencanakan Bisnis Kedepannya 

Pebisnis online pemula banyak yang belum mengerti tentang arah tujuan bisnis kedepannya seperti apa. Hanya bermodalkan uang dan nekat terkadang mereka berbisnis tanpa rencana yang jelas.

Sebelum memulai usaha, sebaiknya belajar dulu tentang cara berbisnis online, mencari solusi, memecahkan permasalahan dan rencana bisnis kedepannya.

10. Online Selama 24 Jam

Kelemahan bisnis online adalah penjual harus bisa bekerja dimana saja dan waktunya tak terbatas untuk meningkatkan penjualan. Sebagai penjual online shop, kamu tidak boleh mengeluh dan harus merespon cepat jika itu terjadi pada toko mu.

Jadi itulah 10 kekurangan berbisnis online dan cara mengatasinya dengan benar.

WRITER: Ikbal Juliansyah

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Life21 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari Ini Tak Boleh Dicontoh, Begini Solusinya!

Orang malas biasanya tidak membersihkan diri atau tempat tidur dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan kesehatan.
Ilustrasi. Menonton Film Hingga Larut Malam. Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari yang Tidak Boleh Dicontoh (Sumber : Freepik)
Kecantikan21 Juli 2024, 19:00 WIB

11 Rutinitas Skincare di Malam Hari, Gak Cuma Cuci Muka Ya!

Rutinitas Skincare di Malam Hari Gak Cuma Cuci Muka.Pilih serum berdasarkan kebutuhan kulit, seperti serum anti-aging, serum pencerah, atau serum yang mengandung hyaluronic acid untuk hidrasi.
Ilustrasi. Memakai Skincare Malam. Perhatikan reaksi kulit terhadap produk baru dan hindari produk yang menyebabkan iritasi. | Sumber: Freepik.com (artursafronovvvv)
Life21 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW. Dikisahkan, Zaid bin Tsabit suatu malam mengadu kepada Rasulullah SAW saat semalaman tidak bisa tidur.
Ilustrasi. Membaca Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW (Sumber : Freepik/@freepik)
Internasional21 Juli 2024, 17:46 WIB

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Korban Serangan Israel ke Pelabuhan Yaman

Kemlu RI memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban dalam keganasan serangan Israel ke Pelabuhan Hudaidah, Yaman.
Asap dan api mengepul dari Pelabuhan Hodeidah usai serangan udara Israel di Yaman, 20 Juli 2024. Ledakan terjadi setelah pesawat tempur Israel menyerang pelabuhan tersebut. (Sumber Foto: Houthi Media Centre/Handout via REUTERS)
Inspirasi21 Juli 2024, 17:00 WIB

Sambut Hari Kemerdekaan, PLN Sukabumi Beri Bantuan Sembako dan Edukasi Ketenagalistrikan

Kegiatan PLN UP3 Sukabumi di Gunungguruh Sukabumi ini adalah bentuk nyata dari kepedulian PLN.
PLN UP3 Sukabumi melalui YBM saat memberikan bantuan sembako kepada warga Kampung Karangpara, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh. (Sumber : Istimewa)
Musik21 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Inggris พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet ft. VARINZ

Lirik Bahasa Inggris Lagu I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ yang viral yaitu "Cause you're the one that I like, I can't deny. Every night you're on my mind".
Official Lagu พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ. Foto: YouTube/PONCHET
Sukabumi21 Juli 2024, 16:51 WIB

PD Salimah Sukabumi Sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

Berikut harapan dan tujuan PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual atau UU TPKS.
PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU TPKS, ini harapan dan tujuannya. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 16:21 WIB

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN Sukabumi Beri Listrik Gratis untuk Masyarakat

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug beri Listrik Gratis untuk masyarakat agar merdeka dari kegelapan.
PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug menyalurkan bantuan penyambungan listrik gratis di empat lokasi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 16:02 WIB

Warisan Budaya Takbenda, Tari Cepet Sukabumi Dilestarikan 9 Sanggar di Ciracap

Tari cepet masih dilestarikan sejumlah sanggar di Ciracap Sukabumi. Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) itu diharapkan jadi daya tarik wisata di Geopark Ciletuh.
Topeng cepetan yang dibuat perajin asal Kampung Jaringao RT 07/05 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ragil Gilang
Life21 Juli 2024, 16:00 WIB

9 Ciri Orang yang Kehilangan Jati Diri dan Cara Mengatasinya

Jika merasa kehilangan jati diri atau mengalami kesulitan mengatasi perasaan ini, jangan ragu untuk mencari bantuan dari profesional yang bisa memberikan panduan dan dukungan.
Ilustrasi. Sedih. Orang yang kehilangan jati diri. Sumber: Pexels/Andrea Piacquadio