Banyak Tempat Pelesir di Sukabumi, Ini 8 Ide Usaha Wisata yang Bisa Dicoba

Jumat 05 Agustus 2022, 19:46 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sukabumi dikenal memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi mulai dari alam, budaya, sejarah bahkan kuliner.

Hal tersebut melahirkan banyak ide usaha terkait pariwisata yang bisa dilakukan, bahkan beberapa usaha bisa dilakukan dengan modal yang tidak terlalu besar.

Melansir dari Tempo.co, saat ini, bisnis perjalanan lebih dari sekadar mendirikan agen seiring permintaan pasar, di mana pelanggan yang terus mencari pilihan yang lebih baik. Apalagi di tengah kebangkitan pariwisata setelah terpuruk karena pandemi Covid-19.

Baca Juga :

Melansir dari Small Business Trends, berikut sejumlah ide usaha perjalanan menguntungkan yang bisa Anda rintis.

photo(Ilustrasi) Usaha Penginapan - (Unplash Ibrahim Mushan)</span

1. Penyedia penginapan 

Jika ingin mengubah rumah menjadi lokasi bisnis, maka usaha ini adalah pilihan yang tepat. Untuk membuatnya populer di kalangan banyak pelancong, Anda harus menawarkan pengalaman yang benar-benar hebat sehingga membuat mereka merasa nyaman selama menginap, yang biasanya memiliki variasi dapur dan ruang terbuka.

Usaha ini biasanya dilengkapi dengan sekelompok anggota staf yang lebih akrab, yang terlibat dengan para tamu seolah-olah mereka adalah bagian dari rumah itu.

Tujuan pada akhirnya adalah untuk lebih dekat dengan para tamu, bukannya melakukan tugas-tugas untuk mereka secara steril. Terkait makanan, dalam bisnis ini sebagian besar disiapkan oleh pemilik rumah namun lebih informal dan berkualitas. 

2. Penyewaan kendaraan

Banyak wisatawan mengandalkan mobil untuk bisa lebih mudah berpergian. Penyewaan mobil adalah peluang usaha yang menjanjikan. Jika memiliki pengalaman dengan mobil dan perawatannya, bisnis ini sangat cocok untuk Anda.

3. Penyewaan Skuter

Banyak wisatawan sekarang yang lebih suka liburan dengan transportasi skuter, terutama saat cuaca bagus. Untuk dapat memulai bisnis ini, Anda harus memiliki setidaknya 3-4 skuter. Anda juga harus memiliki pengetahuan mendalam tentang skuter.

4. Jasa pemandu wisata

Ini adalah ide usaha yang ideal jika tidak memiliki modal awal untuk berinvestasi dalam bisnis. Agar usaha berhasil, Anda harus memiliki pengetahuan tentang lokasi tempat beroperasi. Anda juga harus menentukan lokasi yang dirasa menarik dan membuat banyak wisatawan berdatangan. 

5. Jasa fotografi 

Jika menjalankan usaha sendiri, maka memulai usaha fotografi adalah salah satu pilihan yang jelas. Sebagai fotografer perjalanan, Anda memiliki fleksibilitas dan kebebasan untuk bepergian, memotret, dan menghasilkan uang. Jika benar-benar berbakat, Anda dapat menghasilkan banyak uang melalui berbagai situs jual beli fotografi. 

6. Jasa penerjemah untuk wisatawan non lokal

Pilihan populer lain bagi yang ingin menjalankan bisnis secara mandiri adalah layanan penerjemahan. Bisnis ini sangat berguna ketika harus menghadapi orang yang berasal dari luar daerah. Kemampuan berkomunikasi secara lancar dengan lebih dari satu bahasa sangat berguna ketika berada di kota yang sibuk dan banyak dikunjungi wisatawan. 

7. Wisata medis 

Dalam beberapa tahun terakhir, wisata medis sangat populer di berbagai belahan dunia. Selain ilmu kedokteran modern, banyak orang tertarik pada pilihan pengobatan tradisional holistik, di mana layanan kesehatan tersebut tak banyak dilakukan di wilayah lain. Anda tentu harus memiliki keahlian untuk dapat memulai bisnis yang menguntungkan ini. 

8. Wisata petualangan 

Wisata petualangan adalah bidang pariwisata yang memiliki risiko tertentu, seperti mendaki gunung, arung jeram, susur gua, dan menyelam. Umumnya, Anda harus mendapatkan pengalaman dan kredensial untuk memulai jenis bisnis ini.

SUMBER: TEMPO.CO

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life14 Juni 2024, 07:00 WIB

11 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Membuat Hidupnya Terlihat Sempurna

Kunci utama adalah menemukan rutinitas yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Membuat Hidupnya Terlihat Sempurna (Sumber : Pexels/MikhailNilov)
Food & Travel14 Juni 2024, 06:00 WIB

5 Resep Menu Makan Pagi Ramah Kolesterol, Sarapan Sehat dan Simpel di Rumah!

Penderita kolesterol sebaiknya memilih makanan yang tinggi serat seperti oats, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk membantu mengurangi kolesterol.
Ilustrasi. Ilustrasi. Resep Menu Makan Pagi Ramah Kolesterol, Sarapan Sehat dan Simpel di Rumah! (Sumber : Pexels/RFStudio)
Science14 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 14 Juni 2024, Sukabumi Siang Hingga Malam Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat13 Juni 2024, 23:30 WIB

Terima 150 Aduan, Ombudsman Ungkap Potensi Kecurangan di PPDB Jabar 2024 Tahap 1

Ombudmsan menerima 150 aduan dari masyarakat tentang PPDB Jabar 2024 tahap 1 tingkat SMA/SMK. Ditemukan adanya potensi kecurangan.
Ilustrasi. Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Jabar 2024. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi13 Juni 2024, 21:55 WIB

Harapan DPRD untuk Kades di Sukabumi yang Masa Jabatannya Diperpanjang Dua Tahun

Paoji menekankan bahwa perpanjangan masa jabatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para kades untuk meningkatkan kinerja.
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Paoji Nurjaman. (Sumber : Dok. SU)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:31 WIB

Sungai Cipangasahan Dangkal dan Sempit, Puluhan Jiwa Terancam Banjir di Cibadak Sukabumi

5 unit rumah warga yang dihuni 5 KK 30 jiwa di Cibadak Sukabumi terdampak banjir akibat luapan Sungai Cipangasahan pada Rabu 12 Juni 2024.
Aliran anak Sungai Cipangasahan yang menyempit dan alami pendangkalan mengakibatkan bencana banjir di Desa Sukasirna, Cibadak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:28 WIB

SPI Sukabumi Soal Penyerahan 31 Hektar Tanah HGU Suka Karet: Pelepasan atau Plasma?

Serikat Petani Indonesia (SPI) Sukabumi menyikapi penyerahan tanah HGU PT. Perkebunan Karet Suka Karet seluas 31 Hektar di Desa Bantarkalong Kecamatan Warungkiara.
Rozak Daud, Ketua SPI Sukabumi. | Foto: Sukabumi Update
Sehat13 Juni 2024, 21:00 WIB

9 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Lambung, Dijamin Efektif!

Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.
Ilustrasi - Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.(Sumber : Freepik.com).
Sukabumi13 Juni 2024, 20:29 WIB

Tingkatkan Pengairan, UPTD Pertanian Cicurug Perbaiki 6 Saluran Irigasi di Sukabumi Utara

Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug, Hasari menyatakan bahwa saat ini para petani membutuhkan pengairan yang baik. Oleh karenanya monitoring dan perbaikan irigasi menjadi prioritas saat ini.
Hasari, Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug di kantor UPTD, Kamis (13/6/2024) | Foto : Ibnu Sanubari
Aplikasi13 Juni 2024, 20:08 WIB

Di Sukabumi, Menteri Teten Ungkap Potensi Ancaman Aplikasi Temu asal Cina Bagi UMKM

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki bicara ancaman kehadiran aplikasi Temu yang berpotensi mengganggu pasar produk dalam negeri dan UMKM.
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki saat ditemui di Kota Sukabumi pada Kamis (13/6/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)