8 Komunitas Pemuda Ikut Pelatihan Videografi Disporapar Kota Sukabumi

Selasa 19 Juli 2022, 17:11 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi melaksanakan pelatihan videografi selama dua hari bagi pemuda yang tergabung dalam delapan komunitas. Pelatihan digelar di salah satu hotel yang ada di Jalan Salabintana, Kelurahan Selabatu, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Selasa (19/7/2022).

Pelatihan dilakukan untuk mengasah skill dan memberikan ruang keterampilan bagi para pemuda. Ada delapan komunitas yang mengikuti kegiatan tersebut yakni Penggerak Media Sosial Pontren Syamsul Ulum, Penggerak Pasar Digital Subang Jaya (Pagi Bang Jay), Komunitas Classpic, Forum Osis Kota Sukabumi, Purna Paskibraka Indonesia Kota Sukabumi, Forum Pemuda Pelopor Kota Sukabumi, Forum Kewirausahaan Pemuda Kota Sukabumi, dan Komunitas Gempar Kreatif.

Kepala Disporapar Kota Sukabumi Tejo Condro Nugroho mengatakan generasi milenial hadir di tengah perkembangan digital. "Kebutuhan dokumentasi dalam bentuk videografi, belakangan menjadi salah satu keahlian yang harus dimiliki pemuda agar siap menjadikan teknologi informasi sebagai fasilitas berkreasi yang produktif dan positif," kata Tejo.

Baca Juga :

Lanjutnya, perkembangan teknologi bukan hanya sebagai tempat mencari hiburan apalagi menghamburkan uang. Tetapi, pemuda bisa berkontribusi positif terhadap dunia visual sekaligus menambah penghasilan. "Kami berupaya memfasilitasi untuk mengasah skill dan memberikan ruang keterampilan dengan mengadakan pelatihan videografi," tuturnya. 

Tejo berharap selepas mengikuti pelatihan, para pemuda dapat mengetahui teknik dunia videografi. Seperti dasar pembuatan video dengan konten positif dan bermanfaat. Pelatihan ini juga untuk memberdayakan potensi pemuda. "Semoga skill para pemuda semakin terasah dan ikut berkontribusi mempromosikan potensi wisata di Kota Sukabumi," katanya.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, kebutuhan dokumentasi dalam bentuk videografi tidak bisa dihindari. Efektivitas media sosial dalam menyampaikan informasi juga semakin diakui dan dibutuhkan masyarakat. "Penguasaan keterampilan pembuatan konten video bagi pemuda menjadi hal yang harus dikuasai kaum milenial saat ini," ujarnya. 

Menurut Fahmi, pelatihan videografi menjadi jawaban kebutuhan perkembangan zaman serta bisa meningkatkan keterampilan di bidang yang sangat dibutuhkan pasar digital. "Diharapkan, peserta menjadi pembuat dan penggerak konten yang bermanfaat serta aktif membangun konten positif di media sosial dan platform digital lainnya," ungkap dia.

"Kami harap kegiatan ini bisa menambah wawasan dan mengasah skill pemuda dan diharapkan menjadi garda terdepan memberikan efek positif bagi pemulihan berbagai sektor industri kreatif anak muda, terutama ekonomi kreatif yang menjadi fokus pemerintah saat ini," kata Fahmi.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Sukabumi18 Juli 2024, 11:11 WIB

Tekan Risiko Bencana, BPBD Kota Sukabumi Pangkas Pohon di Citamiang

Petugas BPBD menggunakan sejumlah alat khusus untuk memangkas batang pohon.
Petugas BPBD memangkas pohon di lingkungan asrama Koramil 0607-02 Kota Sukabumi Selatan, Jalan RH Didi Sukardi, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang. | Foto: Istimewa
Life18 Juli 2024, 11:00 WIB

Orang Stres Akibat Harga Diri Rendah, Cek Penyebab & Cara Mengatasinya

Merasa rendah diri dan mengalami stres adalah tantangan yang berat, tetapi dengan pendekatan yang tepat, seseorang dapat mengembangkan rasa percaya diri dan meningkatkan kesejahteraan emosional mereka.
Ilustrasi. Orang Stres Karena Rendah Diri (Sumber : Freepik/@cookie_studio)
Keuangan18 Juli 2024, 10:40 WIB

Total Rp 9,1 Miliar, RS Bunut Sukabumi Mulai Kembalikan Uang Hasil Temuan BPK

Pembayaran ganda Rp 7,9 miliar ini terjadi pada 581 karyawan ASN sepanjang 2023.
Plt Direktur UOBK RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi atau RS Bunut Yanyan Rusyandi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Aplikasi18 Juli 2024, 10:14 WIB

Layanan Iklan Digital Terbaik di Jombang? Cek lantarandigital.co.id!

Di era digital seperti sekarang, hampir semua orang mengandalkan internet untuk mencari informasi, produk, atau layanan.
Ilustrasi. | Foto: Pixabay
Sukabumi18 Juli 2024, 10:01 WIB

Warga Curugkembar Sukabumi Tewas Tersetrum, Pegang Pohon Bambu yang Menempel Kabel

Ketika membersihkan rerumputan dan ilalang, korban melihat ada pohon bambu.
Pohon bambu yang dipegang korban sebelum meninggal tersetrum di Kampung Cieundeur RT 03/01 Desa Mekartanjung, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life18 Juli 2024, 10:00 WIB

8 Ciri Inner Child Terluka, Tidak Terlihat Tapi Dampaknya Sungguh Nyata

Inner child adalah bagian dari diri kita yang terhubung dengan masa kanak-kanak. Di dalamnya terdapat emosi, kenangan, dan pengalaman yang tersimpan sejak kecil.
Ilustrasi - Inner child adalah bagian dari diri kita yang terhubung dengan masa kanak-kanak. Di dalamnya terdapat emosi, kenangan, dan pengalaman yang tersimpan sejak kecil. (Sumber : Freepik.com)
Inspirasi18 Juli 2024, 09:30 WIB

We Are Hiring! Cek Info Loker Jakarta untuk Lulusan S1 Ini!

We Are Hiring! Untuk kamu yang tertarik, Yuk Cek Info Loker Jakarta untuk Lulusan S1 Ini!
Ilustrasi. Karyawan. We Are Hiring! Cek Info Loker Jakarta untuk Lulusan S1 Ini! (Sumber : Freepik/@cookie_studio)
Life18 Juli 2024, 09:00 WIB

11 Tips Mengobati Mental Anak yang Sering Dimarahi, Bunda Lakukan Hal Ini!

Mengobati mental anak yang sering dimarahi memerlukan pendekatan yang penuh kasih sayang, kesabaran, dan konsistensi.
Ilustrasi. Mengobati mental anak yang sering dimarahi memerlukan pendekatan yang penuh kasih sayang, kesabaran, dan konsistensi. | Foto: Pixabay
Life18 Juli 2024, 08:30 WIB

12 Ciri Orang Stres Karena Harga Diri Rendah, Apa Kamu Mengalaminya?

Stres karena rendah diri dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan seseorang.
Ilustrasi. Ciri Orang Stres Karena Rendah Diri (Sumber : Freepik/@freepik)
Sehat18 Juli 2024, 08:00 WIB

6 Kategori Makanan yang Aman dan Sehat untuk Balita, Catat Ya Bund!

Dengan memberikan berbagai jenis makanan yang aman dan bergizi, balita dapat menikmati makanan sambil mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan untuk tumbuh sehat.
Ilustrasi. Makanan yang Sehat dan Aman untuk Balita (Sumber : Freepik.com)