Selain Cuci Tangan, Ini 4 Rutinitas Pembersihan yang Berubah Selama Pandemi

Rabu 23 Desember 2020, 02:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi Covid-19 mengubah setiap aspek kehidupan kita di tahun 2020, termasuk cara membersihkan rumah. Dilansir dari tempo.co, tiba-tiba pembersihan bukan berarti membuat tempat kita berkilau sebelum tamu datang, dan lebih banyak tentang mendisinfeksi permukaan dengan benar.

Selain itu, karena Anda menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dan lebih sering memasak, tentu harus mempelajari cara termudah untuk membersihkan panci atau wajan yang terbakar itu. Berikut adalah beberapa pelajaran pembersihan utama yang Anda pelajari di tahun 2020, dan berencana untuk melanjutkannya di tahun 2021, seperti dilansir dari laman Real Simple.

Rutinitas pembersihan selama tahun 2020

1. Cara mencuci tangan dengan benar

Ketika pandemi dimulai, banyak yang menyadari bahwa kita membutuhkan kursus penyegaran tentang pelajaran dasar taman kanak-kanak: cara yang tepat untuk mencuci tangan. Sebagian besar dari kita mengakui bahwa kita tidak mencucinya cukup lama — setidaknya 20 detik — atau cukup sering. Dan meskipun hand sanitizer adalah solusi yang nyaman saat kita tidak di rumah, ini bukan pengganti mencuci tangan dengan sabun dan air.

2. Cara mendisinfeksi permukaan

Sebelum tahun 2020, mendisinfeksi meja berarti dengan cepat menggosok lap pembersih di sepanjang permukaan. Tapi tahun ini, kami mempelajari pentingnya waktu kontak. Periksa label pada tisu atau semprotan desinfektan Anda — sebagian besar akan memberi tahu Anda berapa lama mereka harus duduk di permukaan untuk membunuh kuman sebanyak mungkin. Jangan mengeringkan meja hingga waktu kontak yang disarankan habis.

Plus, tahukah Anda bahwa desinfektan bekerja paling baik jika Anda membersihkan permukaan terlebih dahulu? Terjemahan: bersihkan kotoran, remah, dan debu yang terlihat sebelum menggunakan lap desinfektan.

3. Apa Itu Permukaan dengan Sentuhan Tinggi

Sebagian besar dari kita mungkin pernah mendengar istilah tersebut sebelumnya, tetapi pada tahun 2020 kita menjadi sangat akrab dengan setiap "permukaan sentuh tinggi" yang dipenuhi kuman di rumah kita. Beberapa terlihat jelas, tetapi yang lain terlalu lama Anda lalai membersihkan, seperti saklar lampu, setir, dan pengontrol permainan.

4. Trik membersihkan panci yang terbakar

Bagi kita yang sebenarnya bukan juru masak rumahan dalam kehidupan sebelum pandemi, membuat makanan sendiri menghasilkan satu atau dua panci hangus. Untungnya, kami mengetahui bahwa deglazing bukan hanya istilah memasak — ini juga merupakan metode pembersihan yang efektif. Dengan menambahkan air ke panci saat masih panas di atas kompor, panasnya membantu melonggarkan sisa makanan yang gosong, sehingga Anda tidak perlu terlalu banyak waktu untuk menggosok.

5. Pintu kamar mandi yang kotor

Setelah cukup waktu dihabiskan di rumah tahun ini, Anda mulai memperhatikan tempat-tempat kotor yang pernah diabaikan sebelumnya, termasuk pintu kamar mandi kaca yang dilapisi sampah sabun. Rahasia untuk membuatnya berkilau: semprotan pembersih buatan sendiri yang dibuat dari botol cuka putih di dapur.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Inspirasi27 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Logistic Staff Minimal SMK/SMA Semua Jurusan, Penempatan Kota Sukabumi

Apabila kamu tertaik dengan pekerjaan ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Logistic Staff Minimal SMK/SMA Semua Jurusan, Penempatan Kota Sukabumi | Foto: Istimewa
Fashion27 April 2024, 14:30 WIB

Cara Memilih Warna Hijab yang Sesuai dengan Kulit Sawo Matang, Makin Pede!

Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol.
Ilustrasi -Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol. (Sumber : pixabay/moeslim2).
Life27 April 2024, 14:00 WIB

Suka Buat Tipu-Muslihat, Ini 6 Karakter Orang Licik yang Harus Diwaspadai di Sekitar Kita

Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat.
Ilustrasi - Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat. (Sumber : Pixabay/Cristian Benavides).
Life27 April 2024, 13:45 WIB

Takut Mengambil Resiko! 5 Kebiasaan Ini yang Selalu Dihindari Orang Kaya

Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya.
Ilustrasi - Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya. (Sumber : pexels.com/@Andrea Piacquadio)
Life27 April 2024, 13:30 WIB

9 Cara Menghadapi Orang Jutek, Harus Tenang dan Jangan Terbawa Emosi!

Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang.
Ilustrasi - Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang. (Sumber : unsplash.com/@Obie Fernandez)
Food & Travel27 April 2024, 13:26 WIB

Bukit Pasir Randu, Tempat Menarik Nikmati Pesona Sunrise di Cisolok Sukabumi

Bukit Pasir Randu menyajikan pemandangan yang memikat hati.
Pemandangan matahari terbit atau sunrise di Bukit Pasir Randu, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 13:00 WIB

10 Cara Mudah Menghadapi Anak yang Tantrum, Bunda Wajib Tahu!

Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens.
Ilustrasi - Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens. (Sumber : Pixabay.com/@parent90).
Life27 April 2024, 12:30 WIB

Kehadirannya Sering Mengganggu! 6 Cara Ampuh Menghilangkan Semut di Rumah

Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu. (Sumber : Pixabay.com/@actee3).
Life27 April 2024, 12:15 WIB

Rasa Iri atau Dendam, 7 Alasan Seseorang Membenci Kita yang Perlu Diwaspadai

Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik.
Ilustrasi - Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik. (Sumber : Pixabay.com/nooneknow22).
Bola27 April 2024, 12:00 WIB

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia vs Uzbekistan

Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini.
Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini. (Sumber : pssi.org)