Uap Napas pada Masker Transparan Bikin Difabel Tuli Rungu Kehilangan Informasi

Sabtu 19 Desember 2020, 16:13 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Difabel Tuli rungu mengalami kendala komunikasi selama pandemi Covid-19. Kewajiban memakai masker membuat mereka yang terbiasa membaca gerak bibir tak dapat mengetahui apa yang disampaikan lawan bicaranya. Bahkan masker transparan pun bukan solusi.

Juru bahasa isyarat dari Lembaga Advokasi Pelayanan Kesehatan Shakopi, Burnsville, Amerika Serikat, Deanna Fischer mengatakan uap yang terperangkap pada masker transparan tetap menyulitkan difabel tuli rungu dalam berkomunikasi. "Masker dengan bagian depan yang terbuat dari bahan plastik juga tidak nyaman dipakai," ucap Deanna Fischer seperti dikutip dari situs Tempo.co, Jumat 18 Desember 2020.

Jika pengguna masker tidak rajin membersihkan bagian masker yang transparan, maka difabel Tuli rungu tak dapat melihat gerak bibirnya. Gerak bibir dan ekspresi yang hilang ini akan memotong informasi yang diperoleh difabel. "Saya tidak bisa membayangkan berapa banyak informasi yang hilang saat berkomunikasi dengan masker," kata dia.

Selain masker yang menyulitkan difabel Tuli rungu memahami pesan dari lawan bicara, menurut Deanna, penyandang disabilitas juga menghadapi tantangan lain, yakni beragam istilah baru terkait Covid-19 yang belum memiliki padanan kata dalam bahasa isyarat. "Saya tak bisa menemukan apa maksud dari berbagai istilah yang benar-benar baru saya ketahui," kata difabel Tuli, Lori Blackketter.

Perempuan yang bekerja sebagai pramuniaga di sebuah toko di Burnsville ini harus bolak balik membuka kamus digital di ponselnya untuk mencari padanan bahasa isyarat untuk beberapa istilah baru. "Pandemi Covid-19 ini memaksa orang menjalani hidup dengan cara yang berbeda. Mereka menjadi semakin 'dingin' satu sama lain," kata dengan manusia lain," katanya.

Menerima reaksi yang datar dan terputusnya komunikasi dengan orang lain merupakan situasi yang sulit bagi difabel Tuli rungu. Sebab mereka terbiasa dengan budaya komunikasi yang menitikberatkan pada bahasa tubuh, seperti ekspresi atau mimik wajah. Interaksi yang kian terbatas dan berjarak di masa pandemi Covid-19 membuat kelompok pembaca gerak bibir ini kecewa.

Sumber: Tempo.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Food & Travel18 Juni 2024, 14:30 WIB

4 Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Jika Anda Penderita Kolesterol Tinggi, Hindari!

Penderita kolesterol bisa menikmati yogurt beku rendah lemak dengan taburan buah beri sebagai hidangan penutup.
Ilustrasi. Olahan Daging Berlemak. Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Jika Anda Penderita Kolesterol Tinggi, Hindari!. (Sumber : Pexels/TarynElliott)
Sehat18 Juni 2024, 14:15 WIB

Mengapa Kadar Gula Darah Bisa Naik saat Pagi Hari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi

Ternyata kadar gula darah dapat melonjak secara tiba-tiba di pagi hari. Penderita diabetes perlu tahu sebab dan cara mengatasinya.
Ilustrasi kadar gula darah yang naik saat pagi hari (Sumber : Pexels.com/@i-SensUSA)
Science18 Juni 2024, 14:13 WIB

Waspada Ombak hingga 4 Meter di Samudra Hindia Selatan, BMKG Buka Datanya

Pola angin menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter.
Kondisi perahu nelayan yang rusak diterjang ombak tinggi di perairan Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat18 Juni 2024, 14:00 WIB

2 Cara Mudah Membuat Minuman Kayu Manis untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Kayu manis adalah salah satu obat herbal yang membantu menurunkan gula darah.
Ilustrasi - Kayu manis adalah salah satu obat herbal yang membantu menurunkan gula darah. (Sumber : Pexels.com/@Ngô Trọng An).
DPRD Kab. Sukabumi18 Juni 2024, 13:40 WIB

Kurban Sapi 500 Kg, Anggota DPRD Sukabumi: Idul Adha Bermakna Keikhlasan Berjuang

Andri menyebut Idul Adha ini adalah momen untuk mengambil hikmah.
Hewan kurban anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana pada Senin, 17 Juni 2024 di Kampung Ciloa, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat18 Juni 2024, 13:30 WIB

10 Aturan Makan Karbohidrat Bagi Penderita Diabetes Agar Kadar Gula Darah Aman

Dengan mengikuti aturan makan karbohidrat yang sehat, penderita diabetes dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap aman dan mengurangi risiko komplikasi.
Ilustrasi. Aturan Makan Karbohidrat Bagi Penderita Diabetes Agar Kadar Gula Darah Aman (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat18 Juni 2024, 13:00 WIB

7 Cara Makan Nasi Putih Bagi Penderita Diabetes Agar Gula Darah Aman Terkendali

Ada beberapa cara memasukan nasi putih kedalam pola makan bagi penderita diabetes agar kadar gula darah aman terkendali.
Ilustrasi - Ada beberapa cara memasukan nasi putih kedalam pola makan bagi penderita diabetes agar kadar gula darah aman terkendali. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sehat18 Juni 2024, 12:30 WIB

9 Aturan Makan Daging untuk Penderita Asam Urat Agar Kadarnya Tetap Normal

Dengan mengikuti aturan makan yang sehat, penderita asam urat dapat menikmati daging dalam jumlah terbatas tanpa memicu peningkatan kadar asam urat yang signifikan.
Ilustrasi. Daging Panggang. Aturan Makan Daging untuk Penderita Asam Urat Agar Kadarnya Tetap Normal (Sumber : Pexels/OleksandrP)
Sukabumi18 Juni 2024, 12:18 WIB

Keluarga Korban Pertanyakan Soal Kasus Keracunan di Sukabumi, Sampel Masih Diuji

Dinkes mencatat total korban keracunan massal mencapai 194 orang.
(Foto Ilustrasi) Keluarga korban mempertanyakan kelanjutan kasus keracunan massal di Kampung Cimanggir RT 02/01 Desa Pasanggrahan, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Pixabay
Life18 Juni 2024, 12:15 WIB

10 Cara Mendukung Kesehatan Emosional Anak Berbakat, Yuk Bunda Terapkan Di Rumah

Mendukung kesehatan emosional sama pentingnya dengan mendukung kesehatan fisik.
Ilustrasi cara mudah mendukung kesehatan emosional anak berbakat di rumah (Sumber : Pexels.com/@Valeria Ushakova)