Pentingnya Mencatat Siklus Menstruasi, Tak Sekedar Tahu Masa Subur

Rabu 25 November 2020, 20:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kebanyakan wanita kadang lupa mencatat siklus menstruasi. Biasanya yang paling sering diingat kala menstruasi adalah rasa nyeri yang dirasakan. Padahal mencatat siklus menstruasi sangat penting. 

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, Karina Cory mengatakan mencatat siklus menstruasi memiliki beberapa tujuan. "Misalnya kepentingannya untuk apa? Pertama untuk merencanakan kehamilan, dengan mengetahui masa subur sehingga pasangan tahu bisa berhubungan agar peluang hamil tinggi," ujarnya dalam acara HaloTalks Vol. 4, yang digelar virtual Rabu, 25 November 2020. 

Karina Cory melanjutkan setelah mengetahui masa subur, mencatat siklus menstruasi juga dapat mengetahui kapan mencegah pembuahan untuk pasangan yang tidak merencanakan kehamilan. Selain itu, dengan mengetahui siklus menstruasi juga dapat menghindari gejala-gejala PMS yang berat, serta mendeteksi masalah-masalah yang berhubungan dengan menstruasi. 

Ketika mencatat siklus menstruasi hal yang harus diperhatikan adalah tanggal pertama menstruasi. Siklus menstruasi yang umumnya berlangsung antara 21-35 hari, lama menstruasi 3-5 hari, dan banyaknya perdarahan yang dihitung dari jumlah pembalut yang digunakan. "Dengan mencatat, jika ada yang sesuatu yang tidak normal terjadi bisa tahu lebih dulu jika ada masalah, lalu konsultasi dengan doketer atau supaya tidak hamil dapat tahu kira-kira masa suburnya kapan, jadi lebih teratur prosesnya merencanakan atau menunda kehamilan," tambah dokter Karina.

Beberapa gangguan menstruasi antara lain, hipermenorea dan hipomenorea yaitu perdarahan menstruasi yang teralu banyak dan terlalu sedikit, kelainan siklus melewati batas normalnya 21-35 hari sedangkan polimenorea sebelum 21 hari sudah menstruasi lagi atau bahkan tidak haid selama 3 bulan beruturut-turut. Sebaliknya jika lebih dari 35 hari disebut oligomenorea. Gangguan lainnya dismenore yaitu kesakitan pada perut bagian bawah sebelum dan saat menstruasi, serta gangguan metroragia yaitu perdarahan di luar siklus menstruasi. 

Karina menambahkan untuk menghindari gangguan menstruasi sebaiknya memperhatikan gaya hidup. Misalnya jenis makanan yang dimakan serta olahraga selama 45 menit 4x dalam seminggu. "Sebenarnya tergantung orangnya, yang jelas semua jangan berlebihan, usahakan makan makanan yang seimbang," ujarnya. 

Untuk mempermudah para wanita mencatat siklus menstruasi aplikasi Halodoc memperkenalkan fitur Period Tracker. Fitur ini Anda dapat mengatur tiga program sesuai kebutuhan, yaitu Monitor Siklus Menstruasi, Monitor Masa Subur, dan Perencanaan Keluarga. Beberapa kemudahan yang ditawarkan seperti log tanggal menstruasi, akses chat dengan ObGyn, kemudahan membeli produk terkait kesehatan reproduksi, dan kurasi artikel-artikel kesehatan sesuai dengan tujuan awal menggunakan fitur ini.

“Yang menarik dari perilaku pengguna yang kami amati adalah bagaimana aplikasi ini digunakan untuk melakukan perencanaan kehamilan. Setengah dari pengguna memilih program Monitor Masa Subur yang bertujuan untuk merencanakan kehamilan dengan matang,” ujar VP Marketing Halodoc, Felicia Kawilarang.  

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 17:30 WIB

Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Berikut ini beberapa infused water yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol
Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol (Sumber : Freepik/8photo)
Jawa Barat29 Maret 2024, 17:02 WIB

KA Pangrango Sukabumi Terlambat 3 Jam Imbas Mogok, KAI Minta Maaf

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang dialami KA Pangrango Sukabumi di Stasiun Maseng, Jumat (29/3/2024).
Ilustrasi. KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor. (Sumber Foto: Unplash/Haidan)
Musik29 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral di TikTok dan YouTube Music. Sudah Dengar?
Official Music Video Lagu Obsessed Olivia Rodrigo. Sumber: YouTube/Olivia Rodrigo
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)