Telur Bantu Menurunkan Berat Badan, Hindari 5 Kesalahan saat Mengolahnya

Sabtu 21 November 2020, 18:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu makanan penurun berat badan yang kaya protein dan dipercaya banyak orang adalah telur. Sangat serbaguna, mudah dimasak, mengenyangkan dan dikemas dengan nutrisi, semua faktor ini membuat telur menjadi bagian penting dari diet penurunan berat badan. Selain itu, telur membantu meningkatkan metabolisme, yang memainkan peran penting dalam memfasilitasi penurunan berat badan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makan telur untuk sarapan dapat membantu orang menurunkan berat badan lebih banyak dibandingkan dengan makanan lain, seperti dilansir dari laman Tempo.co. Tetapi untuk memaksimalkan manfaat dari makanan yang sangat sehat ini, Anda harus mengkonsumsinya dengan benar. Bahkan membuat kesalahan paling sederhana saat memasaknya dapat menurunkan manfaat kesehatannya yang manjur.

Berikut adalah 5 kesalahan umum yang harus dilakukan kebanyakan orang dan tips untuk menghindarinya.

1. Anda membuang kuning telur

Ada kesalahpahaman umum bahwa bagian kuning telur sarat dengan lemak tidak sehat, oleh sebab itu kebanyakan orang biasanya membuangnya dari makanan mereka. Kuning telur memang tinggi kolesterol, tapi itu tidak meningkatkan kadar kolesterol seperti yang dilakukan lemak trans dan lemak jenuh. Selain itu, ia dikemas dengan nutrisi sehat seperti vitamin B2, B12 dan D dan mineral seperti folat, fosfor, selenium, kalsium dan seng. Membuang bagian kuning akan menghilangkan semua mikronutrien ini.

2. Tidak menggunakan minyak yang tepat untuk memasak telur

Kita semua memiliki preferensi dalam hal telur. Beberapa dari kita menyukai telur orak-arik yang dimasak dengan mentega, sementara yang lain menyukai telur rebus sederhana. Rasa memang penting, tapi begitu juga jenis lemak yang Anda gunakan untuk memasak telur. Lemak jenuh dan trans dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti serangan jantung dan kolesterol tinggi. Cara terbaik adalah menggunakan alternatif sehat seperti minyak zaitun dan minyak kelapa.

3. Salah memilih makanan pendamping telur

Untuk membuat makanan Anda lebih sehat dan ramah penurunan berat badan, pasangkan telur Anda dengan makanan yang benar. Sayuran cocok dengan telur. Ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan asupan sayuran dan menambahkan beberapa serat dan nutrisi ekstra ke dalam makanan Anda. Bayam, tomat, kapsikum, dan jamur adalah beberapa sayuran pelengkap telur yang bagus. Ini juga akan membantu membuat Anda kenyang untuk waktu yang lebih lama.

4. Terlalu matang memasaknya

Kesalahan umum lainnya yang dilakukan orang adalah ketika telurnya terlalu matang. Secara umum, waktu memasak telur sangat sedikit. Memasak terlalu lama atau memasak dengan suhu tinggi dalam waktu yang lama dapat mengurangi sejumlah nutrisi. Vitamin A dan antioksidan adalah dua nutrisi pertama yang hilang selama seluruh proses. Selain itu, jika terkena suhu tinggi, kolesterol dalam telur dapat teroksidasi dan menghasilkan senyawa yang disebut oksisterol, yang diketahui berbahaya bagi kesehatan jantung Anda.

5. Tidak menghitung kalori dengan benar

Jika Anda mencoba mengurangi berat badan, Anda mungkin perlu mempertimbangkan cara Anda menyiapkan telur. Pilihan memasak rendah kalori akan membantu menjaga jumlah kalori Anda tetap terkendali dan akan membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Dari semua olahan telur, telur rebus dan rebus adalah dua cara terbaik untuk mendapatkan telur saat mencoba mengurangi berat badan. Metode memasak ini tidak menambahkan kalori lemak ekstra ke makanan Anda.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich