6 Cara Menolak Cinta Seseorang Tanpa Menyakiti Perasaan

Senin 19 Oktober 2020, 02:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi sebagian orang menolak cinta cukup sulit. Dalam dunia hubungan, menolak orang tidak menyenangkan sama sekali, belum lagi canggung, tidak nyaman dan menyakitkan. 

"Sangat penting untuk menolak orang dengan baik sehingga mereka tidak mengambil penolakan itu secara pribadi, karena sejujurnya, ini bukan tentang mereka," kata Bianca Walker, seorang konselor profesional berlisensi di Atlanta, seperti dikutip dari Tempo.co.

Tentu, Anda mungkin tidak menyukai hal-hal tertentu tentang orang tersebut. Anda menolak, tetapi ini biasanya hanya berarti Anda tidak cocok satu sama lain.

"Bagi orang lain, orang yang sama itu bisa menjadi paket sempurna mereka — yang tepat," kata Walker seperti dilansir dari laman Women's Health.

"Menolak seseorang dengan cara yang kejam akan mengatakan, 'ada yang salah denganmu,' yang sangat berbeda dari, 'Aku tahu apa yang kuinginkan dan menurutku kami tidak cocok.'”

Namun, ketika berbicara tentang cara memberi tahu seseorang bahwa Anda tidak tertarik, mencari kata-kata yang tepat untuk menyampaikan pesan dengan jelas dan penuh kasih bisa jadi rumit.

Para ahli menjelaskan cara menolak seseorang secara dewasa dan baik hati untuk mengurangi rasa sakit di kedua sisi.

Cara menolak cinta seseorang

1. Tawarkan pujian berkelas

Cheryl M. Bradshaw, psikoterapis terdaftar di Kanada, penulis Real Talk About Sex and Consent menyarankan untuk menolak dengan kalimat seperti: "Saya tahu sulit untuk menampilkan diri Anda di luar sana, tapi sayangnya, saya tidak tertarik. Namun, saya menghargai Anda meminta dan bersikap hormat.”

Namun saat seseorang berbicara kepada Anda dengan tidak hormat — katakanlah, dengan bertanya lebih dari sekali atau mencoba berubah pikiran — Anda harus mengubah strategi Anda. “Bersikaplah tegas, dan tinggalkan situasi secepat mungkin,” kata Bradshaw.

2. Jangan minta maaf

Apakah Anda telah pergi beberapa kali kencan atau mendapatkan getaran yang tidak bersemangat setelah serangkaian percakapan di aplikasi kencan, sebenarnya tidak perlu meminta maaf. Bersikaplah langsung dan sopan!

Cobalah: “Saya sangat menghargai ketertarikan dan keterbukaan Anda, tetapi saya tidak dapat membalasnya. Saya tahu ini mungkin sulit untuk didengar, tetapi saya tidak tertarik untuk melangkah maju. "

3. Fokus pada kebutuhan Anda

“Dalam hal ini, Anda ingin mengatakan, 'Saya yakin Anda keren, tidak tepat untuk saya dan saya cukup dewasa untuk menyadari hal ini dan terus terang tentangnya, yang pada dasarnya meluangkan waktu untuk kita berdua untuk menemukan seseorang yang lebih cocok, '” kata Walker.

Cobalah: "Saya yakin Anda luar biasa dalam banyak hal, tetapi saya memiliki banyak kejelasan tentang apa yang saya inginkan saat ini dalam hidup saya, dan saya tidak melihat kami sebagai pasangan yang cocok. Semoga Anda beruntung menemukan orang yang tepat."

3. Bersikaplah hormat dan apresiatif

Tidak ada gunanya menyeret semuanya setelah kencan pertama. "Bersikaplah baik tetapi terus terang," kata Gina Handley Schmitt, LMHC dan penulis Friending: Creating Meaningful, Lasting Adult Friendships. 

Cobalah: “Terima kasih telah membuat diri Anda tersedia. Dengan itu, saya jelas bahwa ini tidak akan menjadi dinamika hubungan yang tepat bagi saya. Saya berharap yang terbaik untuk Anda, saat Anda melanjutkan perjalanan. "

4. Jangan tinggalkan mereka dalam kegelapan

Cobalah katakan “Senang bisa mengenal Anda. Saya mencari... (hubungan yang serius, seseorang yang memiliki nilai-nilai politik yang sama, pasangan yang suka alam, dll), jadi menurut saya kami tidak cocok satu sama lain. Saya harap Anda menemukan siapa yang Anda cari. "

5. Hargai persahabatan Anda

Tidak pernah mudah mengecewakan seseorang, terutama jika itu adalah seseorang yang Anda sayangi sebagai sahabat. “Jika orang ini ada di lingkaran sosial Anda atau seseorang yang dekat dengan Anda, kemungkinan besar Anda tidak ingin kehilangan hubungan,” kata Kaitlin Kindman, LCSW, direktur praktik dan salah satu pendiri Kindman & Co .. “Biarkan mereka Ketahuilah bahwa Anda melihat dan menghargai kerentanan mereka dan memberi mereka ruang untuk menunjukkan bahwa tidak apa-apa bagi mereka untuk merasa kecewa. ”

6. Tetap santai

Jika rekan kerja mengajak Anda berkencan, jelaskan bahwa Anda tidak tertarik dan jangan merasa tertekan untuk memberikan penjelasan apa pun tentang alasannya. Mempertahankan nada santai — seperti contoh di bawah ini — akan membantu kedua belah pihak merasa lebih nyaman selama situasi yang canggung.

Cobalah: “Saya menghargai kepercayaan Anda untuk bertanya kepada saya, tetapi saya rasa kita tidak berada di halaman yang sama. Saya tidak tertarik untuk berkencan, tapi terima kasih sudah bertanya!"

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels