Berat Badan Tak Berkurang Meski Sudah Diet Keto, Cek 7 Penyebabnya

Minggu 04 Oktober 2020, 14:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kebanyakan orang yang melakukan diet keto ingin menurunkan berat badan. Tetapi Anda harus mengikutinya dengan ketat dan mengurangi kalori untuk membuatnya berhasil. Seiring waktu, Anda mungkin mencapai "keto plateau" di mana Anda akan berhenti menurunkan berat badan, bahkan saat mengikuti diet yang sama. Bahkan jika Anda tidak menurunkan berat badan, angka yang sedikit lebih tinggi pada timbangan mungkin tidak selalu menjadi pertanda buruk jika Anda mendapatkan otot.

Diet keto adalah cara populer untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan. Tetapi tidak semua orang kehilangan berat badan karena keto, dan beberapa berhenti menurunkan berat badan setelah beberapa bulan. Jika target berat badan Anda tidak tercapai dengan diet ketogenik, Anda mungkin perlu melakukan beberapa penyesuaian atau berbicara dengan ahli diet.

Berikut beberapa alasan mengapa Anda tidak bisa menurunkan berat badan dengan diet keto

1. Anda tidak mencapai ketosis

Tujuan utama diet ketogenik adalah membuat tubuh Anda mengalami ketosis, keadaan di mana metabolisme Anda bergeser dari pembakaran karbohidrat untuk bahan bakar ke sel lemak. Namun, dibutuhkan banyak perencanaan yang matang untuk membuat tubuh Anda mengalami ketosis. Dan itu tidak akan segera terjadi. Diperlukan waktu dua hingga tujuh hari dari pembatasan karbohidrat ekstrem untuk mencapai ketosis.

Anda dapat memeriksa untuk mengetahui apakah Anda benar-benar mengalami ketosis menggunakan strip tes urine di rumah. Strip ini mendeteksi keton, zat yang dibuat hati Anda saat memproses lemak. Namun, berada di ketosis tidak akan membuat Anda menurunkan berat badan jika Anda masih mengonsumsi terlalu banyak kalori, kata Scott Keatley, RD, ahli diet di Keatley Medical Nutrition Therapy seperti dilansir dari laman Insider.

2. Anda makan terlalu banyak kalori

Menurunkan berat badan dengan diet keto sama seperti menurunkan berat badan pada diet apa pun - Anda perlu membakar lebih banyak kalori dalam sehari daripada yang Anda konsumsi. Pembatasannya tidak harus berlebihan, tetapi Anda harus mengalami defisit kalori.

Ketosis membuat ini sedikit lebih mudah karena - dengan makanan yang tepat - dapat mengurangi nafsu makan Anda sehingga Anda tidak terlalu lapar dan karenanya, cenderung makan berlebihan. Beberapa makanan untuk dimakan dengan keto yang akan membantu Anda merasa kenyang seperti sayuran kaya serat dan rendah karbohidrat misalnya sayuran berdaun hijau, brokoli, dan asparagus. Daging tanpa lemak dan kaya protein seperti makanan laut dan unggas. Makanan berlemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian. 

Namun, jika Anda masih kesulitan mengontrol asupan kalori, gantilah minuman manis yang mungkin Anda miliki dengan air berasa. Takarlah camilan terlebih dahulu agar Anda tidak secara tidak sadar mengonsumsinya terlalu banyak. 

3. Tidak cukup makan kalori

Jika Anda membatasi kalori terlalu banyak - kurang dari 1.200 per hari untuk rata-rata orang dewasa - ini juga dapat memperlambat tujuan penurunan berat badan Anda. Karena ketika Anda tidak makan cukup, hal itu dapat membuat tubuh Anda kelaparan, di mana metabolisme Anda melambat dan Anda mungkin berhenti menurunkan berat badan.

4. Anda terlalu stres

Sejumlah penelitian menunjukkan hubungan kuat antara stres dan obesitas. Sebagian alasannya mungkin terkait dengan fakta bahwa stres meningkatkan kadar hormon stres kortisol dalam tubuh Anda, yang mengarah pada peningkatan nafsu makan dan berpotensi makan berlebihan dan selanjutnya berat badan bertambah. Beberapa cara sederhana untuk menghilangkan stres antara lain, berolahraga secara teratur, lebih banyak tidur, terhubung dengan orang yang dicintai.

5. Anda tidak cukup aktif

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan merekomendasikan orang dewasa menyelesaikan setidaknya 150-300 menit olahraga sedang per minggu. Aktivitas fisik penting karena berbagai alasan, termasuk menjaga berat badan yang sehat. Olahraga teratur juga dapat membantu mengurangi tingkat stres, meningkatkan peluang Anda untuk mengontrol nafsu makan dan menurunkan berat badan. Beberapa tips untuk menjaga rutinitas latihan adalah dengan memilih program olahraga yang Anda sukai, temukan rekan latihan, dan buat tujuan jangka panjang yang ingin dicapai.

6. Anda telah mencapai keto plateau

Bahkan jika Anda menjaga metabolisme Anda tetap tinggi, penurunan berat badan Anda mungkin masih melambat seiring waktu. Saat Anda mengurangi kalori dan menurunkan berat badan, tubuh Anda akan beradaptasi dengan perubahan dan mulai membutuhkan lebih sedikit kalori untuk menjaga dirinya tetap berjalan, kata Keatley. Dengan kata lain, orang cenderung mengalami penurunan berat badan yang stabil.

Namun, Keatley mengatakan bahwa Anda tidak boleh menggunakan skala sebagai satu-satunya ukuran kemajuan Anda. Otot tanpa lemak lebih padat daripada lemak, jadi membakar lemak dan membangun otot sebenarnya dapat menyebabkan sedikit peningkatan berat badan. "Skala ini mungkin membuat Anda takut ketika perubahan yang terjadi positif," kata Keatley.

7. Ada kondisi medis yang mendasarinya

Ada kondisi medis tertentu yang berhubungan dengan penambahan berat badan, sehingga sangat sulit untuk menurunkan berat badan. Banyak dari kondisi ini adalah kelainan hormonal seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), diabetes, sindrom Cushing, dan hipotiroid.

Mengurangi karbohidrat pada diet keto dapat menyebabkan penurunan berat badan dengan cepat. Tetapi jika Anda tidak menurunkan berat badan, pastikan Anda berada dalam ketosis, tidak makan terlalu banyak kalori, dan mengontrol tingkat stres Anda.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk mencoba diet keto untuk menurunkan berat badan, Keatley berkata, "Saya akan menyarankan siapa pun yang memikirkan diet keto untuk berbicara dengan dokter dan ahli diet sebelum, selama, dan setelahnya."

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Keuangan06 Mei 2024, 18:20 WIB

BPR Jampangkulon Sukabumi Gencar Sosialisasikan Program Pinjaman Bagi Honorer

Perumda BPR Sukabumi Cabang Jampangkulon terus berupaya melakukan sosialisasi program pelayanan pinjaman bagi honorer.
Kepala BPR Jampangkulon, Erviandi. (Sumber : SU/Ragil)
Life06 Mei 2024, 18:00 WIB

Dirumah Banyak Semut? Amalkan Doa Nabi Sulaiman AS untuk Mengusirnya

Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS.
Ilustrasi - Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat06 Mei 2024, 17:55 WIB

Kabar Sukabumi Utara? Tanpa Cabut Moratorium 9 Kabupaten Baru di Jabar Hanya Wacana

Selama ini proses pemekaran daerah-daerah ini, termasuk Kabupaten Sukabumi Utara terganjal aturan moratorium pemekaran daerah otonom baru atau DOB.
Peta kecamatan yang akan ke wilayah Kabupaten Sukabumi Utara. Kabar terbaru 9 DOB di Jabar (Sumber: istimewa)
Life06 Mei 2024, 17:30 WIB

Taklukkan Monster Gadget: 7 Jurus Ampuh Menjauhkan Anak dari Kecanduan!

Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan.
(Foto Ilustrasi) Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan. | Foto: Pexels.com