Cara Meredakan Nyeri Gusi Bengkak dari Air Garam Hingga Lidah Buaya

Jumat 28 Agustus 2020, 23:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Gusi bengkak dapat menimbulkan rasa tak nyaman. Mulai dari nyeri, bahkan jadi sulit makan, minum, dan berbicara. Untuk mengatasi rasa nyeri yang ditimbulkan, ada beberapa rekomendasi obat gusi bengkak di apotek yang ampuh serta beberapa jenis  bahan alami 

Melansir Tempo.co, penyebab gusi bengkak cukup beragam. Misalnya karena peradangan pada gusi atau gingivitis, infeksi bakteri dan jamur, kekurangan nutrisi, sensitif terhadap penggunaan pasta gigi atau obat kumur, sisa makanan yang tertinggal di gigi dan gusi, hingga pengaruh hormon saat kehamilan.

Obat gusi bengkak di apotek bisa Anda gunakan untuk mengobati nyeri. Beberapa obat seperti hidrogen peroksida, ibuprofen, paracetamol hingga chlorhexidine dapat meredakan nyeri namun hanya untuk sementara waktu. Ini berarti, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter gigi untuk mendapatkan pengobatan gusi bengkak yang sesuai dengan kondisi Anda.

Tak ada salahnya Anda mengurangi rasa nyeri akibat gusi bengkak dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di dapur ini. Akan tetapi, perlu diingat bahwa obat gusi bengkak dari bahan alami masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna memastikan keefektifannya.

Berikut adalah obat gusi bengkak dari bahan alami yang mungkin ada di dapur Anda

1. Kumur air garam

Kumur air garam adalah salah satu obat gusi bengkak paling ampuh yang bisa Anda coba di rumah. Berkumur air garam dapat membantu meringankan rasa nyeri dan meredakan bengkak pada gusi. Ini karena garam bersifat menyerap air sehingga efektif membunuh bakteri jahat dalam mulut. Cara membuat air garam sangat mudah.

Anda cukup melarutkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian, kumur-kumur air garam secara merata di segala penjuru mulut selama beberapa detik, dan buang airnya. Ingat, jangan sampai menelan air bekas kumur. Anda dapat rutin berkumur air garam setidaknya dua kali sehari, atau sampai nyeri akibat gusi bengkak mulai mereda.

2. Kompres es batu

Obat gusi bengkak dari bahan alami yang mudah, cepat, dan ampuh berikutnya adalah kompres dingin. Suhu dingin dapat membuat saraf pemicu nyeri di sekitar area mulut jadi mati rasa sehingga meredakan nyeri dan pembengkakan pada gusi.Caranya mudah, ambil beberapa bongkah es batu lalu bungkus dengan kain waslap atau handuk bersih. Tempatkan bungkusan es batu tersebut di bagian pipi yang terasa nyeri.

3. Kompres air hangat

Selain kompres es batu, kompres air hangat juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat gusi bengkak.Anda cukup membasahi kain waslap atau handuk bersih dengan air hangat. Peras airnya, lalu tempatkan kain atau handuk tersebut di bagian pipi yang terasa nyeri. Namun, jangan langsung menempelkan kain atau handuk pada gusi bengkak yang terasa sakit.

4. Kunyit

Kunyit yang umumnya menjadi pewarna alami dalam makanan ternyata dapat disiasati sebagai obat gusi bengkak dari bahan alami. Kandungan kurkumin pada kunyit diyakini dapat melawan bakteri penyebab infeksi gusi, serta meredakan peradangannya. Bahkan, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Indian Society of Periodontology menunjukkan bahwa obat gusi bengkak dari kunyit dapat berpotensi mencegah pembentukan plak di gigi dan risiko gingivitis.

Cara menggunakan kunyit sebagai obat gusi bengkak adalah parut setengah ruas kunyit dan campurkan dengan air. Anda juga bisa menggunakan bubuk kunyit agar lebih praktis. Lalu, aduk rata sampai membentuk krim kental. Oleskan krim kental dari kunyit tersebut pada area gusi yang membengkak. Diamkan selama 10 menit, lalu berkumur dengan air untuk membersihkannya. Lakukan cara ini dua kali sehari untuk mengurangi pembengkakan pada gusi.Namun, perhatikan apakah Anda memiliki riwayat alergi terhadap bahan alami satu ini atau tidak sebelum menggunakannya. Selain itu, sebaiknya jangan menggunakannya secara berlebihan.

5. Minyak esensial

Obat gusi bengkak dari bahan alami lainnya adalah minyak esensial. Hasil penelitian yang dimuat dalam European Journal of Dentistry mengungkapkan minyak peppermint dan tea tree oil diyakini dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme di area mulut, termasuk gusi. Caranya, campurkan 3 tetes minyak peppermint atau tea tree oil dengan beberapa tetes air hangat. Lalu, gunakan dengan cara kumur-kumur selama 30 detik dan buang airnya. Lakukan langkah ini dua kali sehari sampai nyeri gusi bengkak mereda.

6. Lidah buaya

Lidah buaya juga diyakini dapat menjadi pilihan obat gusi bengkak dari bahan alami. Menurut hasil studi Journal of Clinical and Experimental Dentistry, lidah buaya sama efektifnya dengan chlorhexidine, yakni obat gusi bengkak yang ampuh redakan nyeri akibat gingivitis.Anda cukup menggunakan dua sendok makan lidah buaya sebagai obat kumur. Lakukan cara alami ini dua kali sehari selama 10 hari berturut-turut agar gusi bengkak dapat mereda.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 17:01 WIB

Edarkan Sabu, Pemuda Asal Gunungguruh Sukabumi Diringkus Polisi

Pemuda asal Cibolang Gunungguruh Sukabumi diamankan Sat Narkoba Polres Sukabumi Kota karena diduga terlibat dalam peredaran narkoba jenis Sabu
DAM (31 tahun), pemuda asal Cibolang Gunungguruh Sukabumi diamankan Sat Narkoba Polres Sukabumi Kota karena diduga terlibat peredaran Sabu | Foto : Ist
Musik04 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Too Much Of A Good Thing Niki Zefanya

Simak Lirik dan Terjemahan Too Much Of A Good Thing Berikut, Lagu Niki Zefanya yang Baru Dirilis pada Jumat, 3 Mei 2024.
Official Music Video Lirik dan Terjemahan Lagu Too Much Of A Good Thing Niki Zefanya (Sumber : YouTube/NIKI)
Sukabumi04 Mei 2024, 16:10 WIB

Motif Pembunuhan Pria di Citepus Sukabumi, Diduga Tolak Hubungan Sesama Jenis

Polisi mengungkap motif pembunuhan terhadap seorang asisten rumah tangga bernama Ajo Sutarjo alias Ceceu (55 tahun) di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
A (20 tahun) pelaku pembunuhan pembantu di Citepus Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life04 Mei 2024, 16:00 WIB

Menyebabkan Perpisahan, 6 Tanda Pasangan Anda Tidak Bahagia Hidup Bersama

Hubungan yang tidak sehat bisa menyebabkan perpisahan. Oleh sebab itu, setiap pasangan harus paham tanda bahwa kekasih sudah tidak bahagia.
Ilustrasi. Tanda pasangan sudah tidak bahagia. Sumber foto : Pexels/Vera Arsic
Sukabumi04 Mei 2024, 15:45 WIB

Usia 20 Tahun, Ini Tampang Pelaku Pembunuhan Pria di Citepus Sukabumi

Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo melalui Kasi Humasnya Iptu Aah Saepul Rohman mengatakan bahwa pelaku berhasil di tangkap di wilayah Parungkuda.
Tampang pelaku pembunuhan pembantu di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Inspirasi04 Mei 2024, 15:00 WIB

Info Magang di Perusahaan Makanan, Penempatan Cakung Jakarta Timur

Simak Informasi Magang di Perusahaan Makanan, Penempatan Cakung Jakarta Timur
Ilustrasi. Melamar Kerja. Info Magang di Perusahaan Makanan,  Penempatan Cakung Jakarta Timur (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Life04 Mei 2024, 14:30 WIB

6 Kebiasaan Orang Tua yang Bisa Menghancurkan Mental Anak, Yuk Jangan Sepelekan!

Beberapa kebiasaan yang sering dilakukan orang tua kepada anak rupanya bisa menyebabkan hancurnya mental seorang anak tanpa disadarinya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang tua yang menghancurkan mental anak. Sumber foto : Pexels/Kampus Production
Life04 Mei 2024, 14:00 WIB

9 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Hidup Banyak Tekanan

Saat hidup banyak tekanan, setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk membahagiakan diri sendiri.
Ilustrasi. Ciri Orang Lelah Mental Karena Banyak Tekanan Hidup (Sumber : pixabay.com/@1388843)
Sukabumi04 Mei 2024, 13:58 WIB

Bupati Sukabumi Menang PTUN, 80 Kades Harus Kembalikan Dana Bantuan Hukum ke Kas Desa

Bupati Sukabumi Marwan Hamami dinyatakan menang usai PTUN Bandung menolak gugatan Law Firm Marpaung terkait penghentian kerjasama bantuan hukum desa.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami | Foto : Dok. Sukabumi Update
Sehat04 Mei 2024, 13:00 WIB

9 Cara Sehat Menurunkan Gula Darah Secara Alami Tanpa Obat Diabetes

Sebelum mengubah pola makan atau gaya hidup, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan terkait menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes.
Ilustrasi. Olahraga di rumah. Tips menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes. | Foto: iStock