Segarnya Wedang Serai dan Jeruk Nipis, Berkhasiat untuk Pencernaan Hingga Kulit

Jumat 07 Agustus 2020, 02:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ada beragam minuman rempah yang dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satunya campuran serai dan jeruk nipis. Serai atau yang dikenal dengan sereh memiliki aroma khas yang menimbulkan efek menenangkan sekaligus membalikkan suasana hati yang buruk. Sedangkan jeruk nipis memiliki efek segar pada minuman.

Dikutip dari Tempo.co, untuk mendapatkan manfaat serai dan jeruk nipis, Anda tinggal menyeduh teh bersama dengan serai, kemudian saring. Sebelum dihidangkan, tambahkan gula dan perasan jeruk nipis sesuai selera, lalu minum selagi hangat.

Cara lain untuk menikmati minuman ini adalah dengan mencampurnya dengan rempah lain, seperti jahe dan kayu manis. Dengan takaran yang bisa disesuaikan dengan selera Anda, langkah membuat minuman herbal ini adalah sebagai berikut:

- Rebus serai dan jeruk nipis bersama dengan rempah (kayu manis dan jahe) yang telah dicuci bersih

- Tambahkan gula pasir dan gula merah

- Biarkan hingga mendidih selama 30 menit

- Matikan kompor, kemudian saring hingga tidak ada ampas rempah yang ikut di dalam wedang tersebut.

Wedang bisa dituang ke dalam botol ketika uap rebusan wedang sudah hilang, kemudian disimpan di dalam kulkas. Atau, Anda bisa langsung menikmatinya selagi hangat sambil bercengkrama bersama keluarga.

Berikut ini manfaat serai dan jeruk nipis untuk kesehatan 

1. Menyehatkan saluran cerna

Dengan menambahkan jeruk nipis di dalam minuman Anda dipercaya dapat membantu sistem pencernaan untuk bekerja lebih optimal. Kandungan asam di dalam jeruk nipis juga dapat menolong air liur untuk melumat makanan dengan lebih baik.

2. Menurunkan berat badan

Beberapa ahli gizi kerap menyarankan orang yang sedang diet untuk minum wedang ini karena salah satu manfaat serai dan jeruk nipis yang dipercaya adalah mengontrol nafsu makan. Jeruk nipis bahkan mampu meningkatkan metabolisme sehingga tubuh Anda bisa membakar lemak lebih cepat.

3. Menyehatkan kulit

Air jeruk nipis juga kaya akan vitamin C dan zat antioksidan lainnya yang dibutuhkan kulit untuk mempertahankan kemudaannya. Manfaat serai dan jeruk nipis ini dapat Anda rasakan bila mengonsumsinya secara rutin.

Sama halnya dengan jeruk nipis, serai juga kaya akan antioksidan yang mampu melawan pengaruh buruk radikal bebas di dalam tubuh. Antioksidan dapat menurunkan risiko arteri jantung Anda mengalami penyumbatan sehingga Anda tidak rentan mengidap penyakit kardiovaskuler.

4. Mencegah kerusakan gigi

Dalam studi yang dipublikasikan di Institut Kesehatan Nasional (NIH), serai mengandung minyak esensial yang mampu melawan infeksi mulut dan kuman yang berpotensi merusak gigi. Minum wedang yang mengandung serai pun diyakini dapat mencegah kerusakan gigi sekaligus membuat napas Anda lebih segar. 

5. Menstabilkan tekanan darah

Manfaat serai dan jeruk nipis lainnya adalah dapat menstabilkan tekanan darah dan menjaga detak jantung tetap normal. Meski demikian, pria yang memiliki masalah jantung justru harus berhati-hati dalam mengonsumsi wedang serai karena dikhawatirkan akan menurunkan detak jantung secara signifikan.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Gula Darah Naik (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update