Penggemar Sepeda Santai, Cobalah Jalur yang Bikin Kangen Ini

Kamis 25 Juni 2020, 06:05 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bersepeda santai kerap menjadi pilihan bagi mereka yang tak gemar jogging. Kegiatan ini digemari pula beragam usia. Biasanya, sepeda santai dilakukan saat akhir pekan dalam suasana perkotaan.

Nah, bagaimana bila memadukan bersepeda santai sembari wisata di pedesaan atau pegunungan. Suasananya pasti bikin kangen untuk mengulanginya kembali.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Booking.com, hampir 83 persen wisatawan Indonesia menginginkan area pegunungan untuk menjadi tempat liburan pada masa normal baru.

Sebanyak 79 persen menyatakan ingin tetap aktif bergerak selama berlibur, 68 persen menginginkan tempat pendakian dan 59 persen menginginkan destinasi wisata untuk jalur sepeda. Berikut jalur bersepeda yang direkomendasikan Booking.com.

Tiga danau pada kaldera Gunung Kelimutu memiliki warna warni indah dari reaksi kimia. Foto: Michael Day/Flickr.com

Gunung Kelimutu, Flores

Menikmati matahari terbit di pegunungan, bagi sebagian orang sama halnya menikmati matahari tenggelam di pantai. Salah satu spot terbaik menikmati matahari terbit di pegunungan adalah Gunung Kelimutu, Flores.

Gunung berkawah danau tiga warna itu, bakal menyajikan sisi terbaiknya usai matahari terbit. Jadi, wisatawan bisa menikmati sensasi warna jingga, lalu disusul penampakan kawah danau tiga warna. 

Untuk mengejar matahari terbit, pelancong bisa memulai petualangan pada pukul 04.30 waktu setempat. Dan saat pulang dapat menikmati panorama pegunungan.

Gunung Batur dan sekitarnya merupakan jalur bersepeda, baik untuk sepeda santai maupun sepeda gunung. Dok. Kemenparekraf

Gunung Batur, Bali

Bersepeda di Gunung Batur menawarkan petualangan tersediri. Jalur-jalur seedanya tertutup kabut pada dini hari. Namun begitu matahari hendak terbit hanya kabut tipis yang tersisa. 

Tapi, perlu dicatat, jalur bersepda di Gunung Batur bertipikal petualangan, bukan untuk sepeda santai. Namun berpeluh sedikit tak mengapa, pasalnya matahari terbit di Gunung Batur menawarkan pemandangan negeri di atas awan. 

Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara

Gunung Rinjani menjadi salah satu spot pendakian yang digemari. Perpaduan hutan dan savana, serta rute pendakian yang panjang, membuat pendaki bisa menikmati beragam keindahan alam.

Selain pendakian, kawasan Gunung Rinjani merupakan jalur bersepeda dengan beragam medan. Wisatawan bisa mencoba sepeda gunung, maupun bersepeda santai. Dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut, Gunung Rinjani memberi para pelancong beragam pengalaman berwisata alam. 

Desa Borobudur, Yogyakarta

Menjelajahi Yogyakarta dengan sepeda merupakan kegiatan wajib bagi wisatawan bila bertandang ke kota itu. Tapi, untuk merasakan sensasi lain, cobalah bersepeda di desa Borobudur.

Wisatawan dapat merasakan perpaduan pengalaman berolahraga yang menyenangkan dengan pemandangan yang indah. Rute bersepeda ini dikelilingi pedesaan hijau yang subur, sawah, pertanian, dan rumah-rumah tradisional.

Objek wisata ini memberikan pemandangan yang indah, pengunjung dapat menikmati pemandangan Lembah Ngarai Sianok, Sungai-sungai, dan tebing-tebing yang indah. Foto Dok/ANDRI EL FARUQI

Bukittinggi, Sumatra Barat

Kota Bukittinggi yang berbukit memiliki banyak pemandangan indah, yang asyik untuk bersepeda. Salah satu spot yang digemari para pesepeda adalah Ngarai Sianok, sebuah lembah sempit yang dikelilingi oleh tebing dan aliran air. Ngarai itu kerap dilalui wisatawan dengan bersepeda, tracking, atau jalan-jalan. Setelah lelah bersepada, wisatawan bisa berhenti sejenak menikmati bentang alam yang elok.

Sumber: Tempo.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Kecantikan19 Juli 2024, 16:00 WIB

8 Rahasia Kecantikan Wanita Jepang, Kulit Bersih dan Mulus yang Bisa Anda Tiru

Wanita Jepang terkenal dengan kulit mereka yang mulus, cerah, dan awet muda.
Ilustrasi - Wanita Jepang terkenal dengan kulit mereka yang mulus, cerah, dan awet muda. (Sumber : Instagram/@mikakotabee).
Sukabumi19 Juli 2024, 15:33 WIB

5 Jembatan di Sukabumi Putus, Pelajar Nekat Bergelantungan Lintasi Sungai untuk Sekolah

Masyarakat membuat jembatan sementara sebagai pengganti jembatan yang putus.
Tangkapan layar pelajar asal Kampung Cigirang, Desa Neglasari, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, bergelantungan pada rangka jembatan yang putus. | Foto: Istimewa
Entertainment19 Juli 2024, 15:30 WIB

Satu Hari Sebelum Comeback, Seluruh Member Stray Kids Perbarui Kontrak dengan Agensi

Kabar gembira datang dari Stray Kids yang seluruh membernya dikabarkan telah memperpanjang kontrak dengan agensi, JYP Entertainment pada Kamis, 18 Juli 2024.
Satu Hari Sebelum Comeback, Seluruh Member Stray Kids Perbarui Kontrak dengan Agensi (Sumber : x/@Stray_Kids)
Nasional19 Juli 2024, 15:00 WIB

Setahun Lebih Lapor Polisi Karena Dianiaya Kekasih, Wanita Sukabumi: Pelaku Masih Berkeliaran

JN menceritakan peristiwa dialami pada Juni 2023 lalu. Penganiayaan dilakukan pria berinisial UTP (24 tahun) yang kini sudah jadi mantan kekasihnya.
Dokumentasi foto korban yang mengalami sejumlah luka akibat penganiayaan (Sumber: istimewa)
Bola19 Juli 2024, 15:00 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs PSM Makassar di Grup A Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Sukabumi19 Juli 2024, 14:40 WIB

Pemerintah Siap Fasilitasi Pengobatan Bocah Cidadap Sukabumi yang Lumpuh

Sejak usia satu bulan, Ali tidak menunjukkan perkembangan seperti bayi-bayi lainnya.
Pemerintah saat mengunjungi Muhamad Ali Mursali (10 tahun) di rumahnya di Kampung Sirnasari, Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film19 Juli 2024, 14:30 WIB

Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3

Ajang penghargaan ternama asal Korea Selatan, Blue Dragon Series Awards ke-3 akan diselenggarakan hari ini, Jumat, 19 Juli 2024, di Incheon Paradise City pukul 20.30 waktu setempat atau 18.30 WIB.
Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3 (Sumber : X @/infodrakor_id)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:25 WIB

Kunci Sukses Pendidikan Anak: Guru dan Ortu Wajib Paham Karakteristik Perkembangan Sang Buah Hati

mengembangkan peluang peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, mandiri dan demokratis serta warga negara yang bertanggung jawab.
Ilustrasi pendidikan anak sedari dini (Sumber: Pinterest)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi19 Juli 2024, 13:32 WIB

Ada Gereja Sidang Kristus, Tim Cagar Budaya Uji Tiga Objek Bersejarah di Kota Sukabumi

Kegiatan ini untuk menyempurnakan dokumen usulan penetapan cagar budaya.
Gereja Sidang Kristus Kota Sukabumi. | Foto: Facebook/GSK Sukabumi