TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Bahaya Membicarakan Orang, Simak Doa dan Panduan Penghapus Dosa Ghibah

Penulis
Sabtu 1 Okt 2022, 19:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ghibah atau bergunjing merupakan salah satu dosa besar yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Tanpa disadari oleh kita, perbuatan tersebut sangat mudah dilakukan oleh siapa saja.

Dilansir dari Suara.com, ghibah, bohong, dan fitnah sering kali dilakukan tanpa mengenal waktu dan bisa menyebabkan orang yang dighibahi merasakan dampaknya.

Dalam sebuah hadist tentang ghibah, Rasulullah SAW bersabda:

"Rasûlullâh SAW bersabda, ‘Hendaklah kalian selalu berlaku jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan mengantarkan seseorang ke Surga. Dan apabila seorang selalu berlaku jujur dan tetap memilih jujur, maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai orang yang jujur.

Dan jauhilah oleh kalian berbuat dusta, karena dusta membawa seseorang kepada kejahatan, dan kejahatan mengantarkan seseorang ke Neraka. Dan jika seseorang senantiasa berdusta dan memilih kedustaan maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai pendusta (pembohong). (HR. Bukhari).

Ulama memberikan panduan terkait menebus kesalahan ini.

Mantan Mufti Mesir, Dr Ali Jum'ah menyebut dosa ini bisa diampuni jika orang yang bersalah meminta maaf kepada orang yang dizalimi.

Dikutip AyoBandung, Syekh Ali Jum'ah juga memberikan satu doa untuk meminta ampunan atas dosa ini. Doanya adalah sebagai berikut:

Allahummaghfirlahu, allahumma 'aafihi, allahummarzuqhu, allahumma saamihnii.


Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x