Supaya Awet, Simak 6 Cara Menyimpan Ikan dengan Benar

Rabu 28 September 2022, 14:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ikan termasuk makanan pokok manusia yang banyak mengandung vitamin D tinggi, yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh. Berbagai jenis ikan kaya gizi pun yang bisa dikonsumsi sangatlah bermacam-macam dengan harga bervariatif.

Nah, jika kamu sedang berencana untuk membeli ikan dalam jumlah banyak sebagai stok persediaan di rumah, namun khawatir akan busuk, kamu sebenarnya bisa menyimpan ikan tersebut tetap awet dalam waktu cukup lama.

Caranya dengan menyimpan ikan tersebut dengan benar, maka ikan serta rasanya akan tetap sama seperti baru beli kemarin.

Berikut kami telah mengutip dari laman Berkeluarga, tentang cara-cara menyimpan ikan dengan benar supaya bisa awet.

Baca Juga :

1.Memilih Kualitas Ikan Terbaik

Pertama sebelum membeli ikan, carilah ikan yang mempunyai kualitas terbaik. Kamu bisa memilihnya dengan melihat ikan yang masih kenyal, segar serta matanya masih cerah.

Sedangkan ikan yang sudah tidak segar cenderung waktu penyimpanannya akan singkat walaupun sudah disimpan dalam lemari pendingin.

2. Membersihkan Ikan 

Sebelum disimpan, alangkah baiknya ikan dibersihkan terlebih dahulu dengan membuang bagian perutnya dan insangnya supaya tidak menimbulkan bau amis.

Kamu bisa menggunakan perasan jeruk nipis yang dibalurkan ke dalam tubuh ikan. Dipastikan selama disimpan dalam freezer, ikan akan segar dan tidak berbau menyengat.

3. Menyimpan Pada Wadah Tertutup 

Selanjutnya setelah ikan dibersihkan, simpanlah ikan tersebut di dalam wadah yang kedap udara atau tertutup. Manfaat dari wadah tertutup adalah untuk melindungi ikan dari kontaminasi bahan-bahan lainnya yang bisa menyebabkan ikan menjadi tidak awet.

4. Merendamnya Bersama Bumbu

Cara yang satu ini sebenarnya bisa digunakan maupun tidak, namun alangkah baiknya sebelum ikan dimasukan ke dalam ruang pendingin, ikan dibumbui terlebih dahulu. Bertujuan supaya ikan lebih tahan lama dan bumbu marinasi akan menyerap ke dalam ikan.

5. Menyimpan di Lemari Pendingin atau Freezer

Lemari pendingin atau Freezer merupakan salah satu cara pelengkap untuk membuat ikan agar terus awet. Ikan yang telah disimpan pada Freezer akan membeku dan bisa bertahan sampai berbulan-bulan lamanya.

Freezer juga berfungsi supaya ikan tetap segar dan terhindar dari jamur dan bakteri yang bisa membuat ikan menjadi cepat busuk.

6. Memisahkan Ikan Dengan makanan yang Bau Menyengat

Tips terakhir adalah memisahkan ikan dengan makanan yang berbau menyengat dan makanan yang telah busuk. Cara tersebut sangat berpengaruh agar ikan tidak bercampur dengan bau makanan yang telah basi atau menyengat.

itulah tata cara menyimpan ikan dengan benar supaya bisa awet berbulan-bulan. Selamat mencobanya.

Baca Juga :

Writer : Ikbal Juliansyah

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram