bankbjb

10 Bahan Alami yang Mampu Meredakan Perut Kembung

Dede Imran
Penulis
Senin 27 Jun 2022, 23:00 WIB
10 Bahan Alami yang Mampu Meredakan Perut Kembung

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap orang mungkin pernah mengalami perut kembung yang menyebabkan tidak nyaman saat beraktivitas bahkan saat diam pun akan merasa terganggu.

Perut kembung terjadi karena gas di perut terlalu banyak sehingga menimbulkan kram atau rasa tidak nyaman di perut. 

Melansir dari Tempo.co, ketika seseorang makan atau minum, ada udara atau gas yang ikut tertelan dan masuk ke kerongkongan dan menuju perut.

Baca Juga :

Gas tersebut dapat naik kembali ke kerongkongan dan dikeluarkan melalui sendawa atau perut dan dikeluarkan melalui kentut atau buang angin. Dilansir dari Webmd, berikut 10 bahan alami untuk meredakan perut kembung.

photo(Ilustrasi) Buah dan Sayuran - (Pexels)</span

1. Seledri 

Makanlah seledri untuk meningkatkan hidrasi agar pencernaan Anda bergerak. Sebagai bonus, seledri juga menyediakan flavonoid tertentu (molekul tumbuhan kecil) yang mengurangi peradangan di tubuh, termasuk di usus. 

2. Kunyit 

Bumbu yang memberi warna kuning pada masakan ini mengandung sedikit senyawa kurkumin. Studi menunjukkan kurkumin dapat menjinakkan gejala sindrom pencernaan, mengurangi ketidaknyamanan, mengatur sistem pencernaan, dan mengurangi kembung. 

3. Peppermint 

Studi menunjukkan kapsul peppermint dapat membantu mengendurkan otot-otot dalam sistem pencernaan, membantu mendorong gas untuk meredakan perut kembung. Teh peppermint dapat memiliki efek menenangkan yang sama.

4. Buah Alpukat 

Buah ini kaya potasium. Tubuh membutuhkan potasium untuk mengatur kadar natrium, yang pada gilirannya mengontrol jumlah air yang ditampung. Semakin baik sistem itu bekerja, semakin sedikit rasa kembung.


Dede Imran
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini