TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

4 Cara Mengelola Keuangan Agar Tidak Boros

Jumat 20 Mei 2022, 10:30 WIB
4 Cara Mengelola Keuangan Agar Tidak Boros

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki penghasilan sendiri merupakan salah satu hal yang membanggakan. Namun, jika tidak mengelola keuangan yang kamu miliki dengan bijak dapat mempengaruhi kondisi keuangan dalam jangka panjang.

Sebuah survei terkait perilaku keuangan yang dikeluarkan oleh Zigi dan Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan bahwa mayoritas generasi Z dan Y memiliki proporsi pengeluaran bulanan yang cenderung lebih besar dari pendapatan.

Perencana keuangan Prita Ghozie mengatakan kalau para profesional muda sudah seharusnya memulai perencanaan keuangan sedini mungkin.

photoIlustrasi Mengatur Keuangan - (Freepik)</span

“Ada beberapa kendala yang kerap dihadapi oleh para profesional muda, termasuk bagi yang baru mulai bekerja atau first jobber. Mulai dari perilaku konsumtif, tidak adanya tujuan keuangan jangka panjang, hingga terjebak pada persepsi bahwa merencanakan keuangan merupakan suatu hal yang rumit," kata Prita dalam siaran pers ShopeePay kepada suara.com, Kamis 19 Mei 2022.

Prita menyampaikan bahwa memiliki perencanaan keuangan yang jelas dan terukur justru dapat mempermudah dalam meraih tujuan jangka panjang yang tidak terbatas pada urusan finansial saja.

"Dengan kata lain, kita jadi bisa memetakan strategi keuangan yang efektif untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, tanpa harus mengorbankan kebahagiaan kita," ujarnya.

Bersama ShopeePay, Prita membagikan empat tips finansial yang mudah diterapkan oleh profesional muda, khususnya first jobber agar bisa memulai perencanaan keuangan.

Baca Juga :

1. Memisahkan Tiga Kategori Utama Alokasi Rekening

photoIlustrasi Memisahkan Tiga Kategori Utama Alokasi Rekening - (Freepik)</span


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini