TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Hati-hati! Kejahatan Phising Mengintai saat Ramadan, Ini Tips Menghindarinya

Dede Imran
Penulis
Selasa 29 Mar 2022, 22:00 WIB
Hati-hati! Kejahatan Phising Mengintai saat Ramadan, Ini Tips Menghindarinya

SUKABUMIUPDATE.com - Phising menjadi salah satu Kejahatan Digital yang banyak dilakukan pada zaman modern ini. Terlebih saat ini, hampir semua sektor kehidupan mulai memanfaatkan internet. Jelas hal ini menjadi kesempatan besar bagi peretas untuk melakukan Phising termasuk saat ramadan.

Dilansir dari Suara.com, perayaan hari besar seperti bulan Ramadan, menjadi incaran penjahat siber untuk menyebar jebakan berkedok promosi belanja dalam jaringan, salah satunya lewat phising.

"Belanja online dan pembayaran elektronik adalah bagian penting dari kegiatan perayaan dan liburan," kata manajer umum Kaspersky di Asia Tenggara, Yeo Siang Tiong, dalam siaran pers, dikutip Selasa (29/3/2022).

Banyak keluarga yang menggunakan platform belanja online untuk mempersiapkan keperluan pada bulan Ramadan. Seperti hari-hari besar lainnya, penjahat siber juga menggunakan momen ini untuk menyebarkan serangan phishing, membuat tautan ke situs palsu untuk mengambil informasi korban.

Baca Juga :

Tiong melihat teknik penyebaran phishing belakangan ini bukan lagi secara acak, penjahat siber memperhatikan tren dan hari besar lokal. Email berisi phishing dan situs web palsu juga dipersonalisasi.

Data Kaspersky untuk Indonesia menunjukkan ada penurunan pangsa pasar pengguna yang terkena upaya phishing, yaitu 3,9 persen pada 2021 dibandingkan dengan 11,6 persen pada 2020.

Sayangnya, penurunan jumlah serangan phishing tidak berarti dunia digital lebih aman. Ketika permintaan belanja online tinggi, maka hal yang sama berlaku untuk serangan phishing.

Penelusuran Kaspersky secara umum menunjukkan halaman phising paling sering dirancang untuk meniru toko online (17,61 persen), diikuti dengan portal internet global (17,27 persen), sistem pembayaran (13,11 persen) dan perbankan (11,11 persen).

photoPhising - (IST)</span


Dede Imran
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini