Fabrikasi Chipset Terus Mengecil, Apa yang Terjadi Setelah Mencapai 1 nm?

Jumat 28 Januari 2022, 10:02 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Chipset atau kita kenal juga CPU merupakan bagian penting dalam proses operasi di dalam smartphone atau PC.

Sama seperti kedua perangkat di atas, chipset terus mengalami perkembangan. Beberapa tahun yang lalu, chipset memiliki ukuran transistor yang besar. Namun, terkini ukuran transistor chipset semakin mengecil. 

Saat ini transistor chipset terkecil diketahui berukuran 5 nm, lalu bagaimana jika ukurannya mencapai 1 nm? apakah tidak ada perkembangan lebih lanjut? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga :

Mengenal satuan nm

photoProses pembuatan chipset. - (via extremetech.com)

Kita sering melihat ada tulisan angka dengan satuan nm ketika membaca spesifikasi chipset atau CPU pada smartphone dan PC/Laptop.

Angka tersebut merujuk pada ukuran fabrikasi atau transistor di dalam chipset dengan satuan nm, apa itu? nm adalah singkatan dari nanometer, satuan ini adalah tingkatan yang lebih rendah daripada milimeter dan mikrometer.

Bisa kamu bayangkan milimeter saja sudah sangat kecil apalagi nanometer. Maka dari itu jika ada tulisan CPU 8 nm, berarti chipset tersebut di dalamnya terdapat transistor berukuran 8 nanometer.

1 milimeter setara dengan 1.000 mikrometer, sedangkan 1 mikrometer setara 1.000 nanometer. Maka 1 milimeter sama dengan 1 juta nanometer. Sedangkan ukuran CPU kita anggap 8 nanometer, luar biasa kecil bukan?

Untuk ukuran transistor 14 nanometer saja setara dengan 1/1000 satu helai rambut manusia. Mungkin untuk melihatnya saja sudah sangat sulit dan membutuhkan mikroskop, begitu pula dengan pembuatannya.

Hingga saat ini, industri semikonduktor terus berkembang dan ukuran transistor di dalam chipset pun terus mengalami pengecilan. Semakin kecil transistor akan lebih banyak transistor yang tertanam di dalam chipset, imbasnya performa smartphone dan PC akan semakin meningkat.

Terkini fabrikasi chipset yang ada di smartphone dan PC mencapai ukuran 5 nanometer. Bahkan IBM mengklaim jika mereka berhasil membuat chipset dengan fabrikasi transistor berukuran 2 nanometer.

Yang menjadi pertanyaan, apakah perkembangan chipset akan terhenti ketika mencapai ukuran transistor 1 nanometer?

Chipset akan terus mengalami perkembangan

Meskipun transistor chipset mencapai 1 nanometer, nyatanya perkembangan chipset akan terus berkembang.

Saat ini, chipset di dunia menggunakan bahan baku silikon. untuk proses kerja transistor di dalam chipset mengandalkan atom silikon.

Silikon sendiri memiliki ukuran atom sebesar 0,2 nanometer. Maka bila ukuran transistor adalah 4 nanometer, di dalamnya terdapat sekitar 20 atom silikon.

Di dalam atom silikon sendiri terdapat elektron yang berfungsi untuk menghantarkan daya listrik. Jika ukuran transistor semakin kecil maka jumlah atom silikon semakin sedikit, akibatnya listrik tidak dapat dihantarkan dengan baik.

Oleh karenanya jika ingin membuat transistor dengan ukuran mendekati 1 nanometer diperlukan bahan baku selain silikon yang memiliki ukuran atom lebih kecil agar dapat membuat jumlah atom yang banyak.

Sejumlah pihak mengatakan bahwa perkembangan chipset akan terhenti hingga beberapa waktu kedepan sampai mendapatkan bahan baku yang lebih cocok ketimbang Silicon.

Salah satu produsen chipset pernah melakukan penelitian untuk menemukan bahan baku pengganti Silikon. Hasil penelitian tersebut mengacu pada bahan baku bernama Bismut. Namun bismut memiliki kelimpahan yang lebih sedikit ketimbang Silikon di dunia.

Ada pula solusi lain untuk menangani masalah ini yakni dengan penggunaan teknologi photonic atau pemanfaatan cahaya sebagai pengganti elektron.

Teknologi ini diketahui memiliki kecepatan dan tingkat fleksibilitas yang lebih tinggi ketimbang elektron pada chipset saat ini.

Meski begitu, teknologi ini masih dalam tahap pengembangan dan diharapkan di masa depan bisa menjadi pengganti silicon.

Koleksi Video Lainnya:

Masyarakat Sunda Sukabumi Minta Arteria Dahlan Dipecat dari DPR RI

Warga Pengguna Sungai Cikaso Sukabumi Protes Limbah Pabrik Aci

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Sehat02 Mei 2024, 19:30 WIB

3 Penyebab Utama Asam Urat yang Sering Dianggap Sepele, Tiba-tiba Sakit!

Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah.
Ilustrasi - Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi02 Mei 2024, 19:18 WIB

Hardiknas 2024, Bupati Bicara Pendidikan Karakter dan Kewajiban Ikuti Pramuka di Sukabumi

Pembina upacara Hardiknas 2024, Bupati Sukabumi Marwan Hamami soroti soal pentingnya pendidikan karakter dan kewajiban mengikuti gerakan pramuka.
Bupati Sukabumi saat menjadi pembina upacara dalam peringatan Hardiknas tahun 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life02 Mei 2024, 19:00 WIB

10 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Diri Sendiri Bahagia Meski Banyak Masalah

Jangan Ragu untuk Melakukan Kebiasaan Sederhana Ini Agar Diri Sendiri Bahagia Meski Banyak Masalah Hidup.
Ilustrasi. Kebahagiaan. Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Diri Sendiri Bahagia. (Sumber : Pexels/BrettSayles)
Life02 Mei 2024, 18:38 WIB

Ketahui 6 Tanda Orang Tua yang Gagal dalam Mendidik Anak, Ini Buktinya

Tidak semua orang tua berhasil dalam mendidik anak. Sebagian di antara mereka justru gagal mendidik anak oleh sebab kesalahan pola asuhnya
Orang tua yang gagal dalam mendidik anak | Foto : Pexels/ Kampus Production
Life02 Mei 2024, 18:30 WIB

10 Cara Membahagiakan Diri Sendiri Tanpa Harus Bergantung Pada Orang Lain

Membahagiakan diri sendiri tanpa bergantung pada orang lain adalah sebuah konsep yang penting dalam pengembangan kesejahteraan dan kebahagiaan pribadi.
Ilustrasi -  Membahagiakan diri sendiri tanpa bergantung pada orang lain adalah sebuah konsep yang penting dalam pengembangan kesejahteraan dan kebahagiaan pribadi. (Sumber : pexels.com/@Matheus Bertelli).
Sukabumi02 Mei 2024, 18:23 WIB

Status UHC Non-Cut Off Dicabut, Dinkes Sukabumi Jelaskan Layanan Kesehatan Warga Miskin

BPJS Kesehatan cabut status UHC Non-Cut Off Kabupaten Sukabumi, ini kata Dinkes soal layanan kesehatan warga miskin.
Sekretaris Dinkes Kabupaten Sukabumi Andi Rahman saat menjelaskan soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Istimewa)
Life02 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Meminta Rezeki dari Segala Penjuru: Halal, Berkah dan Berlimpah

Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit.
Ilustrasi. Berdoa.  Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit. Sumber Foto : Pexels/Alena Darmel
Jawa Barat02 Mei 2024, 17:52 WIB

Sukseskan WHO24, LP3H EWI Bogor Gelar Temu Rembug dan Sosialisasi Wakaf Uang

Untuk sukseskan program Wajib Halal Oktober 2024 (WHO24), formatur pengurus Lembaga Pendamping Proses Produk Halal Edukasi Wakaf Indonesia (LP3H EWI) Kabupaten Bogor menginisiasi temu rembug dengan pengurus LP3H EWI Jabar
LP3H EWI Bogor Gelar Temu Rembug dan Sosialisasi Wakaf Uang | Foto : Ist
Sukabumi02 Mei 2024, 17:28 WIB

Setuju Duel Terkapar 1, Polisi Tetapkan 2 Tersangka Tawuran Pelajar di Palabuhanratu Sukabumi

Polisi ungkap kronologi aksi tawuran yang viral di media sosial antara dua kelompok pelajar sekolah menengah atas (SMA) di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi yang menelan korban luka parah.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Musik02 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Eks Personil CJR

Inilah Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Ex Personil Coboy Junior (CJR) yang Viral di Medsos.
Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan. Foto: YouTube/IqbaalRamadhan