Laptop atau PC Kamu Terasa Lemot? Coba Ganti Harddisk dengan SSD

Rabu 18 Oktober 2023, 09:00 WIB
SSD jauh lebih cepat daripada HDD (Sumber : Freepik/freepik)

SSD jauh lebih cepat daripada HDD (Sumber : Freepik/freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi kamu punya laptop atau PC lemot, pasti kesel banget kan? Ternyata laptop atau PC lemot tidak hanya disebabkan oleh virus, tapi kemungkinan besar berasal dari hard disk drive (HDD) yang sudah ketinggalan zaman.

Bahkan kebanyakan laptop atau PC rakitan yang beredar di pasaran saat ini, jarang ditemukan dijual dengan HDD, pasti minimal menggunakan SSD 2.5 inch.

Ada baiknya kita tau apa sih SSD itu? Dikutip dari acerid.com, solid state drive (SSD) merupakan perangkat keras untuk menyimpan data pada laptop atau komputer. Dengan bobot yang lebih ringan dan memiliki kecepatan baca tulis hampir 10 kali lebih cepat daripada HDD, SSD jauh lebih populer.

Baca Juga: 5 Alasan Lebih Baik Pilih Linux Daripada Windows Bajakan, Nomor 3 Bikin Tenang

Cara kerja SSD yaitu menggunakan memori non-volatile berbasi flash, menjadikan tidak ada komponen yang bergerak di dalamnya dan tahan goncangan.

Berbeda dengan HDD yang memiliki semacam lengan mekanik yang bergerak pada piringan ketika sedang melakukan proses baca ataupun tulis, sehingga sangat rentan rusak ketika ada guncangan serta memiliki suhu yang cepat panas.

Tidak hanya terkait proses baca tulis data, SSD juga mempercepat proses booting yang jauh lebih cepat daripada menggunakan HDD. Lebih gampangnya, booting adalah proses dari menyalakan laptop atau PC hingga masuk ke layar utama windows.

SSD memiliki beragam jenis dilansir dari carisinyal.com, berikut di antaranya:

Baca Juga: 4 Bahaya Menggunakan Windows Bajakan, Bukan Hal Sepele!

1. SSD 2.5 Inch

Tidak dapat dipungkiri SSD 2,5 Inch merupakan SSD yang paling umum ditemukan sekarang. Bentuk dari SSD ini mirip dengan HDD, jadi cocok digunakan untuk menggantikan HDD laptop lama yang sudah terasa lemot.Terdapat berbagai ketebalan drive pada SSD 2,5 Inch ini.

2. SSD mSATA

SSD ini memiliki bentuk yang lebih kecil dari SSD standar serta hanya dirancang untuk perangkat portabel yang memiliki daya terbatas, di antaranya seperti netbook, tablet, dan laptop. Tidak hanya itu, mSATA juga digunakan untuk printer multifungsi, penanda digital, hingga perangkat point-of-sale.

3. SSD M.2 SATA

Jenis ini biasanya memiliki ukuran lebih kecil dari tipe mSATA, dan dirancang untuk menghadirkan media penyimpanan yang berkinerja tinggi dalam perangkat yang tipis dan memiliki daya terbatas, seperti laptop ultrabook dan tablet. Untuk lebih gampangnya, M.2 itu form factor atau tipe ukuran fisik dari SSD.
SSD M.2 SATA memiliki dua jenis:

Baca Juga: 9 Penyebab Mengapa HP Tiba-Tiba Nge-Freeze, Sering Mengalaminya?

  • M.2 dua sisi atau double-sided yang memiliki ukuran 22 mm x 60 mm
  • Kedua adalah M.2 satu sisi atau single-sided yang berukuran 22 mm x 80 mm

Perbedaannya terletak pada kapasitas, M.2 dua sisi memiliki kapasitas lebih besar.

SSD M.2 NVMe

Non-Volatile Memory Express atau NVMe merupakan standar komunikasi yang dikembangkan khusus untuk SSD oleh vendor-vendor seperti Intel, Samsung, Sandisk, Dell, dan Seagate.

Dasarnya, jenis ini memungkinkan memori flash untuk beroperasi sebagai SSD secara langsung melalui antarmuka PCIe daripada melalui SATA dan dibatasi oleh kecepatan SATA yang lebih lambat.

Seperti disebutkan di poin sebelumnya, M.2 hanyalah sebuah form factor. Tipe ini bisa terdapat dalam versi SATA dan versi NVMe. Sistem ini beroperasi di seluruh bus PCIe yang memungkinkan drive untuk bekerja lebih cepat. Kesimpulannya, SSD NVMe ini jauh lebih cepat jika dibandingkan tipe SSD lain.

Baca Juga: Spesifikasi HP Spectre Fold, Perangkat 3-in-1 Gabungan Tablet, Laptop dan Desktop

SSD PCIe

Terakhir ada ada SSD PCIe yang menggunakan antarmuka PCIe. PCIe adalah salah satu dari empat faktor bentuk SSD. Secara umum, SSD berbasis PCIe memiliki kinerja yang lebih baik daripada Serial ATA (SATA) berbasis server. Spesifikasi format untuk perangkat berbasis PCIe dikembangkan dan di-maintain oleh PCI Special Interest Group (PCI-SIG).

Selain bentuk ini, ternyata Intel juga memiliki tipe produk khusus yang cara kerjanya mirip dengan SSD dan memiliki form factor M.2, yakni Intel Optane Memory. Intel Optane Memory bekerja sebagai cache yang tugasnya mempercepat kinerja HDD.

Itulah tipe-tipe SSD yang perlu diketahui sebelum membelinya, agar tidak terjadi salah beli dan repot kemudian. Namun, terlepas dari populernya SSD, ternyata hardware ini memiliki beberapa kelemahan, salah satunya yaitu harga yang jauh lebih mahal daripada HDD, bisa dua hingga tiga kali lipat lebih mahal dengan kapasitas penyimpanan yang sama.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat17 Mei 2024, 13:00 WIB

Solusi Taklukan Serangan Asam Urat: 8 Cara Mengobatinya di Rumah dengan Bahan Alami

Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang menyebabkan nyeri dan bengkak pada persendian.
Ilustrasi - Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang menyebabkan nyeri dan bengkak pada persendian. (Sumber : Freepik.com).
Sehat17 Mei 2024, 12:45 WIB

7 Minuman Herbal Ini Mampu Obati Asam Urat, Minum Tiap Pagi Hari!

Asam urat adalah penyakit yang menyerang bagian sendi dan sering menimbulkan rasa nyeri yang begitu menyakitkan, sampai tidak beraktivitas. Terntaya ada beberapa minuman herbal yang bisa mengobati asam urat
Ilustrasi teh jah yang merupakan salah satu dari tujuh minuman herbal yang dapat mengobati asam urat (Sumber : Freepik.com)
Life17 Mei 2024, 12:30 WIB

10 Cara Meredakan Nyeri Asam Urat dengan Pengobatan Alami dan Perubahan Gaya Hidup

Meredakan Nyeri Asam Urat. Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu menjaga kesehatan sendi dan mengurangi risiko serangan gout.
Ilustrasi. Cara Meredakan Nyeri Asam Urat dengan Pengobatan Alami dan Perubahan Gaya Hidup (Sumber : Pexels/EllaColsson)
Life17 Mei 2024, 12:15 WIB

6 Dampak Buruk Sering Menuruti Kemauan Anak, Orang Tua Jangan Menyesal!

Selalu menuruti kemauan anak rupanya memiliki dampak buruk yang mesti diperhatikan oleh orang tua ketika mendidiknya. Semua ini perlu diperhatikan demi kebaikan anak ketika dewasa
Ilustrasi dampak buruk selalu menuruti kemauan anak (Sumber : Pexels.com/@RDNEStockproject)
Bola17 Mei 2024, 12:00 WIB

Bojan Sebut Motivasi Pemain Persib Berlipat Jelang Leg 2 Semifinal Championship Series

Pemain Persib motivasinya kian berlipat jelan menghadapi Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series.
Pemain Persib motivasinya kian berlipat jelan menghadapi Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series. (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi17 Mei 2024, 11:58 WIB

Merinding! Ulat Bulu Warna-warni Serbu di Alun-alun Masjid Agung Kota Sukabumi

Binatang yang bisa bikin gatal ini turun dari sejumlah pohon ketapang kencana dan tanaman pelindung di kawasan tersebut.
Pohon pelindung ketapang kencang di alun-alun masjid agung Kota Sukabumi dipenuhi ulat bulu (Sumber: warganet/akun medsos @abcdadan)
Life17 Mei 2024, 11:45 WIB

Patut Ditiru! 6 Ajaran Hidup Para Perantau Agar Bisa Sukses di Tanah Orang

Kaum perantau tentu bukan tanpa prinsip dan ajaran hidup di tanah rantauan. Mereka tentu membawa modal ajaran hidup yang dipegangnya erat demi bisa meraih sukses di sana
Ilustrasi Ajaran hidup perantau agar cepat sukses di tanah rantau (Sumber : Pexels.com/@cottonbrostudio)
Sehat17 Mei 2024, 11:30 WIB

6 Golongan Obat-obatan untuk Meredakan Nyeri Asam Urat dan Efek Sampingnya

Meredakan nyeri akibat asam urat (gout) sering memerlukan kombinasi obat-obatan untuk mengurangi peradangan, nyeri, dan kadar asam urat dalam tubuh.
Ilustrasi. Meredakan nyeri akibat asam urat (gout) sering memerlukan kombinasi obat-obatan untuk mengurangi peradangan, nyeri, dan kadar asam urat dalam tubuh. (Sumber : Freepik/fabrikasimf)
Jawa Barat17 Mei 2024, 11:21 WIB

Audiensi LW Doa Bangsa-BJB Syariah, Kolaborasi Majukan Perwakafan di Daerah

Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa melakukan audiensi di kantor BJB Syariah Pusat, di Bandung, Kamis, (16/5/2024).
Audiensi Lembaga Wakaf Doa Bangsa dan BJB Syariah di Bandung | Foto : Dok. LW Doa Bangsa
Life17 Mei 2024, 11:15 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menghancurkan Kreatifitas Hidup, Hindari Yuk!

kebiasaan buruk yang sering dilakukan akan membunuh kreatifitas hidup. Setiap orang harus menghindarinya agar tidak merusak masa depan dan kehidupannya
Beberapa kebiasaan buruk yang membuat kreatifitas menghilang (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)