Spesifikasi HP iPhone 15 Pro, Gunakan USB C dan Zoom Periskop di 15 Pro Max

Rabu 13 September 2023, 16:30 WIB
Spesifikasi HP iPhone 15 Pro, Gunakan USB C dan Zoom Periskop di 15 Pro Max | Foto: Apple.com

Spesifikasi HP iPhone 15 Pro, Gunakan USB C dan Zoom Periskop di 15 Pro Max | Foto: Apple.com

SUKABUMIUPDATE.com - Apple akhirnya telah meluncurkan seri terbaru dari HP iPhone yakni iPhone 15 Series pada 12 September 2023. Jajaran yang diperkenalkan adalah iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Pada peluncuran tersebut, varian iPhone 15 Pro dan Pro Max terlihat mendapatkan peningkatan terbesar pada jajarannya sejak Pro Max pertama yang hadir di tahun 2019.

Salah satu perubahan besar adalah pada konektor USB-C dengan kelebihan mendapatkan USB 3.0 yang memiliki kecepatan hingga 10 Gbps.

Pengguna dapat memakai pengisi daya dan kabel dari iPad Pro, MacBook Pro, atau Galaxy untuk mengisi daya iPhone baru.

Baca Juga: Deretan iPhone 15 Series Terbaru yang Akan Launching Oktober 2023

Spesifikasi iPhone 15 Pro dan Pro Max

Melansir dari Tempo.co. dimulai dari desain, ‘Varian Pro memiliki tepi berkontur dan bezel tertipis yang pernah ada di iPhone,” demikian dikutip dari GSM Arena, 12 September 2023.

Apple juga pada smartphone ini telah berhasil memperkecil dimensi keseluruhan ponselnya. Namun, tetap mempertahankan ukuran layar yang sama seperti tahun lalu.

Baja tahan karat diganti dengan titanium untuk rangkanya sehingga menghasilkan apa yang diklaim Apple sebagai model Pro paling ringan yang pernah diperkenalkan. Apple menyebut menggunakan titanium kelas lima, yang juga digunakan pada penjelajah Mars.

Apple telah membungkus aluminium dalam substruktur titanium menggunakan proses termomekanis baru. Aluminium yang terbungkus membantu pembuangan panas. iPhone 15 Pro hadir dalam empat warna, yaitu Hitam, Putih, Biru, dan Titanium alami.

Lanjut ke tombol mute yang kini menjadi tombol tindakan. Hanya dengan menekan dan menahan sekali lagi akan menempatkan ponsel dalam mode senyap secara default. Tetapi, pengguna dapat menetapkan salah satu dari serangkaian tindakan saat menekan dua kali, yang dapat dengan cepat membuka kamera di iPhone dengan sebuah tombol.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga HP Vivo V29 YANG Resmi Hadir di Indonesia

Bagian depan iPhone 15 Pro baru dilapisi kaca Ceramic Shield, sama seperti model 14 Pro. Ukuran layar tidak berubah - iPhone 15 Pro memiliki Super Retina XDR OLED 6,1 inci dengan kecepatan refresh adaptif 120Hz (ProMotion), HDR10, Dolby Vision, dan kecerahan puncak 2.000 nits.

iPhone 15 Pro Max meningkatkan ukurannya menjadi 6,7 inci. Tampilan selalu aktif telah diperluas hingga mencakup Stand-by, mode lanskap selalu aktif saat mengisi daya.

Kamera

Sistem kamera pada iPhone 15 Pro baru benar-benar baru. Dimulai dengan kamera utama 48 MP, yang memiliki sensor lebih besar dengan piksel pra-binned 1,22 µm dan stabilisasi pergeseran sensor generasi kedua. Lensanya setara dengan 24 mm f/1.78.

Kamera utama membuka beberapa kemungkinan pencitraan untuk iPhone 15 Pro. Pengguna sekarang dapat mengambil gambar HEIF 48 MP bersama ProRAW 48 MP.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi HP Android Sering Ngelag Agar Lancar Kembali

Sensor baru yang lebih besar juga memungkinkan mode zoom digital 28 mm, 35 mm, dan 48 mm. Selain itu, iPhone memungkinkan pengguna memilih salah satu dari panjang fokus ini sebagai pengaturan default.

iPhone 15 Pro Max meluncurkan kamera periskop pertama di iPhone. Berkat desain optik terlipat, Pro Max akhirnya melakukan zoom melewati 3x dan hingga 5x, atau 120 mm dalam istilah setara 35 mm.

Apple menyebut desain optik yang unik dengan tetraprisma. Susunan optik disebutkan dapat memantulkan cahaya empat kali dari bukaan pupil lensa ke sensor terlipat. Lensanya sendiri adalah f/2.8, yang paling terang pada kamera 120 mm di ponsel, yang memang cukup spesifik. Ada juga stabilisasi optik, yang menurut Apple menjalankan 10.000 penyesuaian mikro per detik untuk menetralisir kekaburan.

iPhone 15 Pro dilengkapi kamera 77 mm dengan 3x zoom dengan piksel 1 µm dan lensa f/2.8, tidak seperti yang ada di ponsel tahun lalu. Kedua model berbagi ultrawide 13 mm f/2.2 1.4 µm baru dengan piksel fokus 100 persen dan kemampuan pemfokusan makro.

Performa

Apple menanamkan chip A17 Pro yang memberi daya pada iPhone 15 Pro dan Pro Max. Ini adalah chip industri pertama yang dibuat dengan proses 3 nm. Di dalamnya terdapat prosesor 6 inti dengan 2 inti kinerja, yang menurut Apple 10 persen lebih cepat dibandingkan di A16 Bionic, dan 4 inti efisiensi.

Baca Juga: Salah Satu Ponsel Tercanggih, Baterai iPhone 14 dan 14 Pro Dikeluhkan Cepat Habis

GPU-nya adalah unit 6-inti, yang diklaim Apple 20 persen lebih cepat dari pendahulunya pada performa puncak. GPU ini memungkinkan Ray Tracing yang dipercepat perangkat keras, yang seharusnya 4 kali lebih cepat dibandingkan Ray Tracing berbasis perangkat lunak pada chip tahun lalu.

Apple menunjukkan game konsol seperti Resident Evil Village dan Assassin's Creed Mirage yang berjalan di iPhone 15 Pro baru - kedua judul tersebut akan diluncurkan pada model iPhone Pro baru tahun depan.

Neural Engine adalah unit 16 inti yang menurut Apple dua kali lebih cepat dari chip tahun lalu untuk model pembelajaran mesin. Chip A17 Pro dilengkapi Display Engine dengan codec AV1 khusus dan codec ProRes. Chip ini memungkinkan model iPhone 15 Pro baru menangkap 4k 60 fps dalam ProRes RAW, bersama dengan dukungan untuk profil warna ACES standar industri.

Harga dan Ketersediaan

iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max siap dipesan di muka pada hari Jumat, 15 September 2023. Harga untuk iPhone 15 Pro mulai dari US$ 999 untuk model dasar 128 GB, sedangkan 15 Pro Max mulai dari US$ 1.199, dengan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Jika dihitung dalam rupiah berkisar Rp 15,8 juta hingga Rp 19 juta. Kedua model tersebut akan mulai dikirimkan Jumat depan, 22 September 2023.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Internasional16 Mei 2024, 09:43 WIB

Kontroversi Senator AS, Sarankan Israel Serang Gaza dengan Bom Nuklir

Pernyataannya muncul setelah AS menghentikan pengiriman senjata dalam jumlah besar ke Israel.
(Foto Ilustrasi) Senator AS Lindsey Graham melontarkan pernyataan kontroversial terkait agresi Israel di Gaza. | Foto: Istimewa
Inspirasi16 Mei 2024, 09:30 WIB

Info Loker MT 2024: Management Trainee untuk Fresh Graduate

Loker Management Trainee di Jabodetabek ini dibuka hingga 16 Juli 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker MT 2024: Management Trainee untuk Fresh Graduate (Sumber : Pexels/Pixabay)
Sehat16 Mei 2024, 09:00 WIB

Bebas dari Serangan Asam Urat, 8 Obat Alami untuk Cegah Kambuh Lagi

Beberapa obat alami ini dipercaya mampu mencegah dan mengobati asam urat.
Ilustrasi - Beberapa obat alami ini dipercaya mampu mencegah dan mengobati asam urat. (Sumber : Freepik.com/@8photo).
Sukabumi16 Mei 2024, 08:34 WIB

BPP Parungkuda Sukabumi Dorong Cibugis Jadi Desa Wisata Hortikultura

Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi melalui BPP Parungkuda dorong Cibugis jadi desa wisata hortikultura. Ini alasannya
Koordinator Penyuluh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Parungkuda, Sih Harsini di depan kantor BPP, Rabu (15/5/2024) (Sumber : SU/Ibnu)
Life16 Mei 2024, 08:30 WIB

7 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Anak Merasa Tidak Berharga

Memberikan kritik secara berlebihan atau terus-menerus tanpa memberikan pujian atau dukungan juga dapat membuat anak merasa tidak berharga.
Ilustrasi. Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Anak Merasa Tidak Berharga. (Sumber : Pexels.com/ErikMclean)
Nasional16 Mei 2024, 08:00 WIB

Proyek di Kalimantan Libatkan Cina, Slamet Soroti Buruknya Pengelolaan Pertanian RI

Pengelolaan pertanian saat ini semakin tidak jelas arah dan tujuannya.
Anggota Komisi IV DPR RI F-PKS drh Slamet saat interupsi di Rapat Paripurna DPR RI ke-16 Masa Persidangan V Tahun Sidang 2023-2024 di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa, 14 Mei 2024. | Foto: dpr.go.id
Sehat16 Mei 2024, 07:30 WIB

8 Daging Olahan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi

Mengganti daging olahan dengan sumber protein lain yang lebih sehat, seperti ikan, kacang-kacangan, atau tahu, dapat membantu mengurangi risiko kolesterol tinggi dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.
Ilustrasi. Sosis. Daging Olahan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol (Sumber : Pexels/pixabay)
Life16 Mei 2024, 07:00 WIB

Orang Tua Jangan Lakukan! 10 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Membuat Anak Stres

Kurangnya waktu yang dihabiskan orang tua bersama anak, baik untuk bermain, berbicara, atau berbagi momen bersama, dapat membuat anak merasa diabaikan atau tidak dicintai. Kebiasaan orang tua ini akhirnya bisa membuat anak stres di kemudian hari.
Ilustrasi. Orang Tua Jangan Lakukan Kebiasaan Sepele Ini Karena Bisa Membuat Anak Stres. (Sumber : Pexels/JuanPhotoAndVideo)
Food & Travel16 Mei 2024, 06:00 WIB

7 Langkah Simpel, Cara Membuat Air Rebusan Daun Mint untuk Menurunkan Kolesterol LDL

Tak Hanya Menurunkan Kolesterol LDL, Minyak atsiri mentol dalam daun mint memiliki efek pendingin dan melegakan. Konsumsi air daun mint atau mengompres area yang sakit dengan air daun mint dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan nyeri.
Ilustrasi. Air daun mint memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, terutama karena daun mint mengandung berbagai senyawa aktif yang bermanfaat. (Sumber : Freepik/ArthurHidden)
Science16 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 16 Mei 2024, Termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor dan Sekitarnya

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 16 Mei 2024 termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 16 Mei 2024 termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay