TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Walkman Hingga Wartel, 5 Peranti Teknologi yang Populer Era 90-an Bikin Nostalgia

Walkman hingga wartel merupakan alat teknologi yang sangat populer di era 90-an, namun kini alat-alat tersebut telah tergantikan.

Penulis
Selasa 29 Nov 2022, 07:01 WIB

Walkman, jadi salah satu barang yang populer di era 90-an | Foto: Sony via nationalgeographic.grid.id

SUKABUMIUPDATE.com - Mungkin anak-anak sekarang tidak mengenal wartel, walkman maupun pager. Padahal di era 90-an barang-barang itu hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu mengingat harganya yang mahal dan tergolong canggih.

Namun, seiring berkembangnya teknologi, barang yang sebelumnya eksis dan memiliki banyak manfaat kini hilang dan tergantikan oleh barang yang lebih baru serta canggih.

Bahkan benda-benda yang dulunya dianggap canggih itu kini biasa disebut sebagai barang antik.
Melansir dari Tempo.co, berikut peranti atau alat-alat yang sempat populer di era 90-an.

Baca Juga: 4 Rekomendasi HP dengan Kamera Terbaik, Bisa untuk Fotografi

1. Pager

Melansir techtarget, pager merupakan perangkat telekomunikasi nirkabel yang memungkinkan menerima dan menampilkan pesan numerik atau teks serta pesan suara.

Pager menjadi barang yang sangat mewah pada era 90-an, pasalnya alat ini tergolong sangat canggih. Memiliki bentuk yang kecil, ringan, dan mudah dibawa kemana-mana.

Namun masa kejayaan pager hanya berlangsung sebentar setelah teknologi komunikasi lebih modern dan berkembang cepat dan muncul ponsel.

Baca Juga: Diburu Kolektor! 5 Motor Jadul Ini Harganya Sangat Tinggi di Bursa Motor Bekas

2. Faksimile

Faksimile (mesin faks) merupakan peralatan komunikasi yang digunakan untuk mengirim sebuah dokumen. Alat ini beroperasi melalui jaringan telepon dengan hasil serupa dengan aslinya.

Dahulu, alat ini dapat membantu pengiriman dokumen ke tempat yang jauh dalam waktu singkat melebihi kinerja pengiriman surat melalui pos.


Editor
Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x