bankbjb

Hati-hati Gunakan Wi-Fi Publik, Berikut Tips Lindungi Diri dari Kejahatan Siber

Dede Imran
Penulis
Selasa 14 Jun 2022, 21:00 WIB
Hati-hati Gunakan Wi-Fi Publik, Berikut Tips Lindungi Diri dari Kejahatan Siber

SUKABUMIUPDATE.com - Perkembangan teknologi dimanfaatkan oleh segelintir orang untuk melakukan kejahatan, salah satunya kejahatan siber. Untuk itu kita wajib selalu waspada agar tidak menjadi korban kejahatan seperti itu.

Mengutip dari Suara.com, Territory Manager Kaspersky Indonesia Dony Koesmandarin memberikan beberapa tips untuk melindungi diri dari kejahatan siber, termasuk sniffing dan phising.

Agar tak menjadi korban sniffing, hindari melakukan transaksi atau membuka aplikasi layanan keuangan seperti mobile banking menggunakan jaringan Wi-Fi publik.

Sniffing sendiri merupakan tindak penyadapan menggunakan jaringan internet untuk mengambil data dan informasi pribadi orang lain.

Baca Juga :

"Wi-Fi publik ini adalah salah satu celah keamanan. Misalnya kalau saya siapkan server atau handphone, saya tunggu, saya sniffing. Apapun yang diketik di keyboard, saya bisa dapatkan. Jadi, hati-hati dengan Wi-Fi publik kalau ada menggunakan transaksi online," kata Dony saat bertemu media di Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Sementara itu, phishing merupakan upaya para pelaku kejahatan siber yang berusaha mencuri kata sandi, nomor kartu kredit, detail rekening bank, dan informasi rahasia lainnya, dengan mengaku-ngaku sebagai institusi resmi.

Untuk melindungi diri dari serangan phishing dapat dilakukan dengan tidak menanggapi permintaan atau membalas pesan seperti SMS yang berisi "UNSUBSCRIBE", "STOP", atau bahkan pemberitahuan bahwa Anda memenangkan undian tertentu.

"Mereka memang berusaha melibatkan perasaan manusia seperti panik, emosi, bahkan senang," ujar Dony.

photo(Ilustrasi) Sebuah sistem telah mendapatkan serangan siber. - (iStock)</span


Dede Imran
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini