8 Wisata Populer di Cirebon, Ada Goa Berusia 400 Tahun

Selasa 26 Desember 2023, 17:15 WIB
Berikut ini wisata di Cirebon yang bisa dikunjungi saat menikmati libur akhir tahun bersama keluarga (Sumber : Instagram/curugcigetruk)

Berikut ini wisata di Cirebon yang bisa dikunjungi saat menikmati libur akhir tahun bersama keluarga (Sumber : Instagram/curugcigetruk)

SUKABUMIUPDATE.com - Jawa Barat memang tak pernah kehabisan destinasi wisata menarik salah satunya daerah Cirebon. Daerah yang berada di Utara Jawa Barat ini memiliki beragam destinasi wisata baik alam maupun buatan yang menarik.

Mulai dari air terjun, pantai, goa hingga waterpark bisa jadi tempat berlibur menyenangkan bersama keluarga saat musim libur tiba seperti libur akhir tahun seperti sekarang.

Nah, penasaran destinasi wisata apa saja yang ada di Cirebon? Berikut daftarnya seperti dikutip dari channel YouTube Republik Wisata.

Baca Juga: Wisata Baru Sukabumi, Ngopi Santai dengan View Sunset dan Laut Lepas

1. Curug Cigetruk

Curug Cigetruk merupakan wisata air terjun tertinggi yang ada di Kabupaten Cirebon, Air terjun ini sangat indah apalagi dikelilingi oleh hamparan sawah dan diselimuti oleh alam yang masih asri.

Curug Cigetruk memiliki ketinggian sekitar 27 meter, debit airnya pun cukup deras dan relatif stabil sepanjang tahun. Sumber aliran air curug ini berasal dari sungai yang ada di atas tebing dan tertampung dalam sebuah kolam.

2. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan merupakan salah satu pantai favorit masyarakat Cirebon yang memiliki pasir hitam dengan garis pantai panjang dan luas.

Baca Juga: Agar Tak Kejebak Macet Puncak, Cobain 5 Tempat Wisata Sekitar Bogor Ini

Deburan ombak di pantai ini cukup tenang dan tidak terlalu tinggi, maka jangan heran jika aktivitas bermain pasir dan berenang di bibir pantai hingga jauh ke arah laut menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan.

Bahkan pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling menjelajah lautan sambil menikmati panorama matahari terbenam saat sore hari.

3. Bukit Cinta dan Talaga langit Anti Galau

Bukit Cinta dan Talaga langit Anti Galau merupakan destinasi wisata yang memiliki luas mencapai satu hektar. Tempat isata ini memiliki banyak spot foto Instagramable dan pilihan aktivitas wisata yang sangat beragam.

Di sini terdapat terapi ikan danau Siliwangi dan museum santet dengan boneka-boneka hantunya, serta masih banyak lagi hal menarik lain yang bisa dieksplore di lokasi ini.

Baca Juga: 8 Wisata Subang Yang Hits, Ada Pemandian Air Panas Terbesar di Jabar

4. Kampung Sabin

Kampung Sabin merupakan cafe dan restoran bernuansa Bali dengan konsep tegal lalang, cafe ini memanfaatkan lahan persawahan cukup luas yang menawarkan pemandangan alam indah.

Pengunjung di sini bisa menikmati aneka hidangan lezat yang disajikan dan spot foto ciamik di berbagai titik. Hal tersebut turut membuat tempat ini menjadi lebih romantis apalagi saat senja datang.

5. Gua Sunyaragi

Gua Sunyaragi merupakan salah satu situs wisata cagar budaya yang berusia sekitar 400 tahun. Tempat ini merupakan komplek bangunan yang memiliki luas mencapai 15 hektar dan terbagi menjadi dua bagian yaitu Pesanggrahan dan bangunan gua.

Baca Juga: 8 Alamat Wisata Taman Air di Bogor, Cocok Buat Liburan Keluarga

Gua yang didirikan oleh pangeran kararangan bertujuan sebagai tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya. Gua ini memiliki bentuk unik dengan rongga-rongga dan lorong-lorong.

Gaya arsitekturnya merupakan hasil dari perpaduan Hindu, Tiongkok, Islam dan Eropa. Bangunan gua terdiri dari 12 bagian dengan fungsinya masing-masing seperti gua petang, gua kelangan, gua arga jumut.

6. Batu Lawang

Batu Lawang merupakan wisata Cirebon yang menyuguhkan keindahan alam yang dikemas dengan spot foto Instagramable. Tempat isata ini berdiri di tanah seluas dua setengah hektar.

Di sini terdapat satu bukit batu yang kokoh dan merupakan jenis batuan andesit. Salah satu tempat foto favorit di sini adalah spot gardu pandang, selain unik juga menyajikan panorama hamparan tebing berbatu yang eksotis.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Bogor Cocok untuk Ajak Anak Liburan

7. Museum Pusaka Keraton Kasepuhan

Museum Pusaka Keraton Kasepuhan merupakan media dan tempat mempelajari sejarah dan budaya masa lampau terutama mengenai nilai-nilai kepahlawanan dan perjuangan para tokoh dan leluhur, mulai dari masa Pajajaran, Fatahillah, Sunan Gunung Jati hingga Sultan Cirebon

Kompleks Keraton Kasepuhan ini setidaknya memiliki lebih 2000 pusaka koleksi yang dapat dinikmati dan dipelajari. Beberapa koleksi diantaranya seperti keris sempana, keris brojol dan keris Bima kurda yang merupakan warisan pusaka masa Galuh Pajajaran.

8. Waterland Ade Irma Suryani

Ini merupakan objek wisata terpadu dimana Cirebon Waterland Ade Irma Suryani adalah tempat rekreasi keluarga yang recommended untuk dikunjungi. Memiliki area yang cukup luas dengan beragam wahana air seru seperti ember tumpah, kolam arus, seluncuran besar dan air mancur.

Baca Juga: Tempat Camping Baru di Puncak, Cuma Rp 30 Ribuan View Luar Biasa

Pengunjung bisa mencoba bermain di dalamnya. Bagi yang tak berminat basah-basahan bisa mencoba berkeliling menggunakan perahu bebek, ATV hingga area permainan anak.

Yang tak kalah menarik di sini yaitu adanya museum Sarwa jalan yang menyimpan cerita tentang sejarah perkembangan Pelabuhan Cirebon dari masa ke masa serta terdapat miniatur kapal dari zaman VOC hingga saat ini.

Itulah destinasi wisata di Cirebon yang bisa dikunjungi saat menikmati libur akhir tahun bersama keluarga.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi14 Mei 2024, 01:21 WIB

Berbisa Mematikan, Mengenal Ular Welang yang Gigit Balita Sukabumi hingga Meninggal

Balita perempuan di Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, meninggal dunia akibat gigitan ular yang diduga jenis ular welang (Bungarus fasciatus).
Ular Welang (Bungarus fasciatus) | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi14 Mei 2024, 00:05 WIB

Resahkan Warga, Polisi Amankan 30 Preman dan Jukir Liar di Kota Sukabumi

Sebanyak 30 juru parkir liar dan preman di beberapa ruas Jalan maupun minimarket di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota, Senin (13/5/2024) siang.
Juru Parkir dan Preman di Kota Sukabumi diamankan ke Mapolres Sukabumi Kota | Foto : Ist
Sukabumi13 Mei 2024, 23:37 WIB

Optimalisasi Layanan, Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi Pasang Alat Antisipasi Water Hammer

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumdam TJM) Kabupaten Sukabumi cabang Parakansalak melakukan optimalisasi pelayanan air yang akan didistribuikan ke wilayahnya.
Pemasangan pentil untuk optimalisasi pelayanan air di Perumdam TJM Parakansalak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi13 Mei 2024, 22:49 WIB

Belasan Murid SD di Sukaraja Sukabumi Diduga Keracunan Jajanan, Ini Kronologinya

Polisi ungkap kronologi belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi diduga keracunan makanan usai santap jajanan asal China.
Belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi yang diduga keracunan jajanan saat dibawa ke Puskesmas oleh pihak sekolah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih13 Mei 2024, 22:23 WIB

Waktu Persiapan Mepet, Fahmi Gagal Melaju di Pilkada Kota Sukabumi dari Perseorangan

Seorang anak muda yang peduli terhadap kemajuan Kota Sukabumi, Fahmi Dzikri gagal meneruskan perjuangannya untuk maju dalam Pilkada Kota Sukabumi melalui jalur perseorangan (calon independen).
Fahmi Dzkri, Bakal Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi dari jalur perseorangan | Foto : SU
Sukabumi13 Mei 2024, 21:55 WIB

Buka Bimtek Strategi Pemasaran Pariwisata Lewat Medsos, Ini Harapan Plt Kadispar Sukabumi

Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni membuka kegiatan Bimbingan Teknis Strategi Komunikasi Pengembangan Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Melalui Media Sosial.
Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni saat membuka bimtek strategi pemasaran pariwisata dan Ekraf melalui medsos. (Sumber : Istimewa)
Sehat13 Mei 2024, 21:15 WIB

11 Jenis Ikan Laut dengan Kandungan Tinggi Purin yang Tidak Aman untuk Asam Urat

Ikan laut tinggi purin sangat dilarang dikonsumsi untuk penderita asam urat.
Ilustrasi - Ikan laut tinggi purin sangat dilarang dikonsumsi untuk penderita asam urat. (Sumber : pexels.com/@energepic.com).
Sukabumi13 Mei 2024, 21:14 WIB

Menderita Hidrosefalus, Bayi Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan

Siti Syazia Almaira (1 tahun) asal Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi menderita penyakit Hidrosefalus dan membutuhkan biaya untuk pengobatan.
Siti Syazia Almaira (1 tahun) asal Ciracap Sukabumi menderita penyakit  Hidrosefalus dan membutuhkan biaya untuk berobat | Foto : Ist
Sukabumi13 Mei 2024, 21:12 WIB

Tindaklanjuti SE Pj Gubernur Jabar, Disdik Sukabumi Perketat Izin Study Tour Sekolah

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi resmi terbitkan surat himbauan terkait study tour. Berikut isinya
Ilustrasi study tour naik bus. | Sumber Foto: Pixabay
Sehat13 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Herbal untuk Mengatasi Nyeri Sendi, Kurkumin hingga Kulit Jeruk

Inilah Jenis-jenis Herbal untuk Mengatasi Nyeri Sendi, Mulai Dari Kurkumin hingga Kulit Jeruk.
Ilustrasi. Radang Sendi | Ketahui Sederet Herbal untuk Mengatasi Nyeri Sendi (Sumber : Freepik/@freepik)