Awas Gagal Diet! Ini 20 Wisata Kuliner Jogja yang Wajib Dikunjungi

Rabu 20 Desember 2023, 16:15 WIB
Awas Gagal Diet! Ini 20 Wisata Kuliner Jogja yang Wajib Dikunjungi (Sumber : Istimewa)

Awas Gagal Diet! Ini 20 Wisata Kuliner Jogja yang Wajib Dikunjungi (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Jogja (Yogyakarta) masih menjadi tujuan wisata saat musim libur seperti Natal dan Tahun Baru. Banyak wisatawan yang memilih berkunjung ke Jogja karena daerah ini memiliki banyak sekali destinasi wisata, mulai dari wisata alam, budaya hingga kuliner.

Maka, tak mengherankan jika daerah istimewa ini selalu dikunjungi banyak wisatawan saat musim libur tiba. Belum lagi akses transportasi dari dan menuju Yogyakarta sangat beragam.

Nah, berbicara kuliner, di Kota Pelajar ini ada banyak sekali kuliner unik dan nikmat yang ajib dicoba saat berlibur.

Baca Juga: Viewnya Gak Ada Lawan, 4 Hidden Gem di Yogyakarta Untuk Melepas Stres

Selain itu, wisata kuliner di Jogja juga terkenal memiliki harga yang terjangkau jadi tak perlu khawatir menguras kantong.
Penasaran makanan atau minuman a

pa saja yang bisa dicicipi saat berkunjung ke daerah istimewa ini? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Suara.com.

1. Kopi Klotok

Kopi Klotok yang berada di Jalan Kaliurang (Jakal) Km.16 Pakem ini menyuguhkan masakan khas Jawa dengan cita rasa yang lezat enak.

Baca Juga: Hanya Untuk yang Bernyali! Hotel di Purwakarta Ini Tergantung di Tebing Bukit

2. Tengkleng Gajah

Tengkleng Gajah yang berada Jl Gantalan Km. 9,3 Ngaglik ini merupakan rumah makan yang menyuguhkan beragam olahan kambing dengan rasanya enak seperti tengkleng, sate, gulai dan tongseng.

3. Sate Ratu

Bagi pecinta sate, kamu bisa berkunjung ke Sate Ratu yang berada di Jogja Paradise, Jl Magelang Km. 6 Sleman. Sate Ratu ini menyuguhkan sate ayam merah yang dipadu dengan bumbu rahasia yang kelezatannya tiada tara.

4. Mangut Lele Mbah Marto

Wisata kuliner di Jogja berikutnya yaitu Mangut lele Mbah Marto yang berada di Jl. Sewon Indah, Panggungharjo. Mangut lele ini menawarkan tekstur empuk dan cita rasa yang tiada duanya.

Baca Juga: 12 Tempat Wisata Purwakarta Paling Hits yang Bikin Betah, Yuk Agendakan!

5. Soto Kadipiro

Berkunjung ke Jogja, jangan lupa mencicipi Soto Kadipiro yang lokasinya berada di di Jl Wates No. 33. Soto Kadipiro ini cocok untuk sarapan maupun hidangan makan siang atau makan malam.

6. Soto Bathok

Selain Soto Kadipiro, ada juga Soto Bathok yang memiliki tampilan unik karena disajikan di dalam batok kepala. Adapun lokasi Soto Bathok ini berada di Jalan Sambisari, Purwomartani. Untuk rasanya, tak perlu diragukan lagi, pastinya enak dan lezat.

7. Ayam Tojoyo

Ayam Tojoyo yang berada di Jln Urip Sumoharjo No.133 ini menyuguhkan ayam kampung dengan cita rasa manis, gurih, dan tekstur lembut. Selain daging Ayam, tempat makan ini juga menyajikan jeroan sapi.

Baca Juga: HTM Cuma Rp 30 Ribu, Wisata di Cianjur Ini Punya Mini Zoo dan Sky Bridge

8. Bakmi Pele

Bagi pecinta bakmi, pastikan untuk berkunjung ke bakmi Pele saat berada di Jogja. Bakmi Pele menyuguhkan menu bakmi Jawa godog, goreng, nyemek, nasi goreng dan magelangan. Lokasinya ada Jl Alun-alun Utara, Panembahan.

9. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon salah satu kuliner Jogja yang rekomended untuk kamu icip karena menawarkan cita rasa gudeg yang khas. Adapun lokasi Gudeg Pawon di Jalan Janturan, Warungboto. Pastikan untuk berkunjung kesini saat ke Jogja.

10. Mie Ayam Tumini

Bagi pecinta Mie Ayam, jangan lewatkan untuk mencoba mie ayam Tumini saat berkunjung ke Jogja. Mie ayam satu ini sangat populer di Jogja. Adapun lokasi Mie Ayam Tumini ini berada di Jalan Imogiri Timur, Giwangan.

Baca Juga: 16 Tempat Wisata Edukasi di Bandung, Liburan Jadi Pintar

11. Jejamuran

Bagi pecinta jamur, jangan lupa juga untuk icip-icip jejamuran jika berkunjung ke Jogja. Restoran yang berada di jl Pendowoharjo Niron Sleman ini menyuguhkan berbagai olahan jamur mulai dari sate, jamur goreng hingga tongseng jamur.

12. Kandang Ingkung

Kandang Ingkung ini menyuguhkan ayam kampung utuh yang pengolahannya dilakukan secara tradisional dan menawarkan cita rasa yang enak. Adapun Kandang Ingkung ini berada di Jitengan, Balecatur, Gamping.

13. Ayam Geprek Bu Rum

Bagi yang suka ayam geprek, pastikan untuk tidak melewatkan ayam geprek Bu Rum. Di Jogja, ayam Geprek Bu Rum ini sangat populer. Untuk lokasinya tersedia beberapa cabang di Jogja, salah satunya di Jalan Wulung, Papringan.

Baca Juga: Viewnya Bukan Main! 7 Wisata Alam Mojokerto Ini Harus Masuk List Liburanmu

14. Lotek dan gado-gado Bu Bagyo

Untuk pecinta Lotek dan gado-gado, pastikan untuk mencicipi Lotek dan gado-gado Bu Bagyo saat liburan ke Jogja. Lotek dan gado-gado Bu Bagyo tersedia beberapa cabang, salah satunya
di Jl. Prof. Yohanes 1, Colombo.

15. Bakso Klenger

Bagi pecinta bakso, bakso Klenger bisa jadi pilihan tepat saat liburan ke Jogja. Bakso yang menawarkan porsi jumbo dengan berat mencapai 25kg ini berada di Jalan Wahid Hasyim No.296, Caturtunggal.

16. Bebek Cak Koting

Untuk pecinta bebek, kamu bisa mengunjungi rumah makan Bebek Cak Koting. Rumah makan yang menawarkan daging bebek ini selalu ramai dan memiliki beberapa cabang. Adapun salah satu lokasinya berada di Jalan Dr. Sutomo, Bausasran.

Baca Juga: 10 Alamat Wisata Kuliner Resto di Bogor Cocok Buat Keluarga dan Enak

17. Sate Klathak Pak Pong

Kalau berkunjung ke Jogja, pastikan juga untuk tidak melewatkan berburu kuliner legendarisnya yakni Sate klathak. Sate Klahtak ini merupakan sate kambing dibakar pakai jeruji besi. Lokasinya ada beberapa cabang, salah satunya di Jalan Sultan Agung No.18, Bantul.

18. Oseng Mercon Bu Narti

Bagi yang suka makanan pedas, maka patut coba oseng mercon Bu Narti jika berkunjung ke Jogja. Adapun oseng mercon ini merupakan olahan daging sapi, tetelan dan koyor yang dicampur cabe rawit. Lokasinya ada di Jl. KH. Ahmad Dahlan No.107, Notoprajan, Ngampilan, Kota Jogja.

19. Nasi Goreng Padmanaba

Nasi goreng Padmanaba ini salah satu nasi goreng terkenal di Jogja dan selalu ramai pengunjung. Bagi pecinta nasi goreng, pastikan untuk makan disini saat berkunjung ke Jogja. Lokasinya ada di Jl. Yos Sudarso Kotabaru, dekat SMAN 3 Yogyakarta.

Baca Juga: 8 Destinasi Wisata Hits di Garut, Istimewanya Swiss Van Java

20. SGPC Bu Wiryo

Bagi pecinta sego pecel, maka patut mencoba SGPC Bu Wiryo yang berada di Jl Agro Nomor 10, Kocoran, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Rumah makan yang telah berdiri tahun 1959 ini juga langganannya Bapak Presiden Jokowi.

Sumber: Suara.com/Ulil Azmi

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi17 Mei 2024, 18:44 WIB

Dikeluhkan Warga, TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi Ditutup Sementara

DLH Kabupaten Sukabumi dan pihak kelurahan Palabuhanratu sepakat tutup sementara TPS Pangsor Lio.
TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi ditutup sementara usai dikeluhkan warga karena sampah menumpuk. (Sumber : SU/Ilyas)
Life17 Mei 2024, 18:30 WIB

Menebak Kepribadian Seseorang Berdasarkan Bahasa Cinta yang Diungkapkan

Kepribadian seseorang dapat diketahui melalui bahasa cinta sekalipun.
Ilustrasi - Kepribadian seseorang dapat diketahui melalui bahasa cinta sekalipun. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa untuk Kedua Orang Tua, Sebagai Bentuk Kasih Sayang dari Seorang Anak

Berdoa untuk orang tua merupakan bentuk bakti dan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan, termasuk nikmat memiliki orang tua yang baik.
Ilustrasi doa untuk kedua orangtua - Berdoa untuk orang tua merupakan bentuk bakti dan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan, termasuk nikmat memiliki orang tua yang baik. | (Sumber : Pixabay.com)
DPRD Kab. Sukabumi17 Mei 2024, 17:34 WIB

DPRD Sukabumi Harap PPK Pilkada 2024 Dapat Bekerja dengan Sukses Tanpa Ekses

Usep menjelaskan bahwa kesuksesan PPK adalah kunci dalam menjalankan demokrasi yang baik dan adil untuk memilih pemimpin Kabupaten Sukabumi dan Jawa Barat
Anggota DPRD Usep Wawan berfoto bersama Bupati Sukabumi, Ketua KPU, Forkopimda dan PPK Pilkada 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Musik17 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Saturn Sza yang Viral di TikTok

Lagu Saturn dari Sza banyak diputar sebagai backsound video galau yang  viral di TikTok hingga Instagram.
SZA, penyanyi yang mempopulerkan lagu Kill Bill | Foto: Instagram/@sza
Sehat17 Mei 2024, 16:00 WIB

5 Kunci Sukses Mencegah Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh di Masa Depan

Penderita asam urat dapat memperbaiki gejalanya dan mengurangi frekuensi serangan akut dengan mengikuti langkah-langkah tertentu dalam hal perubahan pola makan dan gaya hidup.
Ilustrasi - Penderita asam urat dapat memperbaiki gejalanya dan mengurangi frekuensi serangan akut dengan mengikuti langkah-langkah tertentu dalam hal perubahan pola makan dan gaya hidup. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Mei 2024, 15:45 WIB

5 Manfaat Bermain Pura-pura yang Dapat Mengembangkan Imajinasi Anak-anak

Dari memupuk kreativitas hingga mendorong pertumbuhan sosial dan emosional anak, bermain pura-pura atau permainan imajinatif bermanfaat karena berbagai alasan.
Ilustrasi anak-anak yang sedang memainkan permainan pura-pura (Sumber : Pexels.com/@cottonbrostudio)
Life17 Mei 2024, 15:15 WIB

9 Manfaat Kesehatan Menyusui Bayi Bagi Ibu, Salah Satunya Menurunkan Resiko Kanker

ASI memiliki berbagai manfaat bagi si kecil. Tetapi, menyusui juga berdampak baik pada Ibunya
manfaat kesehatan memberikan ASI pada Bayi bagi seorang Ibu (Sumber : Pexels.com/@AnnaShvets)
Nasional17 Mei 2024, 15:01 WIB

Ini Harta Kekayaan Ketua KPU Hasyim Asy'ari yang Disindir Hidup Bermewah-mewahan

Ketua KPU Hasyim As'yari disindir anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Golkar Riswan Tony soal gaya hidup para anggota KPU yang terlihat bermewah-mewahan.
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari | Foto : Istimewa
Inspirasi17 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket, Penempatan di Cikembar, Cisaat dan Pelabuhan Ratu

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket, Penempatan di Cikembar, Cisaat dan Pelabuhan Ratu. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)