12 Tempat Wisata Purwakarta Paling Hits yang Bikin Betah, Yuk Agendakan!

Selasa 19 Desember 2023, 13:45 WIB
12 Tempat Wisata Purwakarta Paling Hits yang Bikin Betah, Yuk Agendakan! (Sumber : Istimewa)

12 Tempat Wisata Purwakarta Paling Hits yang Bikin Betah, Yuk Agendakan! (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Purwakarta menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang menyimpan banyak destinasi wisata keren. Daerah yang didominasi area perbukitan menjadikan Purwakarta menjadi salah satu destinasi liburan yang memiliki udara sejuk dan bersih.

Ada berbagai jenis tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi mulai dari bukit, danau, kolam renang hingga air mancur yang terkenal.

Penasaran destinasi wisata mana saja yang ada di Purwakarta? Berikut daftarnya seperti dikutip dari channel YouTube Wisata Times.

Baca Juga: HTM Cuma Rp 30 Ribu, Wisata di Cianjur Ini Punya Mini Zoo dan Sky Bridge

1. Gunung Parang

Tempat ini merupakan sebuah gunung yang memiliki ketinggian mencapai 963 mdpl. Untuk menaklukkannya pengunjung bisa mencoba dengan berbagai cara mulai dari rock climbing hingga melalui jalur via ferrata yakni jalur yang dilengkapi dengan tangga besi.

Selain itu, Gunung Parang memiliki daya tarik tersendiri yaitu adanya hotel gantung yang bernama Hotel Skylodge Pajajaran Anyar, yang berada di dinding tebing. Ini merupakan hotel gantung pertama di Indonesia dan kedua di dunia dengan desain yang unik dan megah.

2. Gazelle Cafe

Gazelle Cafe kini viral di media sosial mengusung konsep istana megah khas Eropa. Gazelle Cafe jadi tempat yang asyik untuk dikunjungi. Di tempat ini pengunjung bisa mengisi perut sambil melepas penat, karena Gazelle Cafe memiliki suasana yang nyaman dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Baca Juga: 16 Tempat Wisata Edukasi di Bandung, Liburan Jadi Pintar

3. Cikao Park

Cikao Park merupakan tempat wisata yang terbagi menjadi beberapa bagian yaitu waterpark, taman satwa, lampion garden hingga rainbow slide. Tak heran jika wisata serba ada yang seru ini kerap dipadati oleh pengunjung. Meskipun menawarkan wahana dan aktivitas yang lengkap, taman rekreasi ini mematok biaya yang terjangkau yakni mulai Rp 20.000.

4. Parang Gombong

Parang Gombong merupakan tempat wisata berupa danau dengan pemandangan alam di sekitarnya. Objek wisata ini dapat menjadi tempat liburan bersama keluarga maupun orang tersayang.

Parang Gombong merupakan area lahan luas dengan rumput hijau dan pemandangan danau. Tempat tersebut sangat sejuk dan alami sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat menghabiskan waktu liburan.

Baca Juga: Viewnya Bukan Main! 7 Wisata Alam Mojokerto Ini Harus Masuk List Liburanmu

5. Hidden Valley Hills

Hidden Valley Hills adalah tempat wisata berupa hotel megah yang dilengkapi dengan beragam spot foto yang instagramable serta dikelilingi oleh view alam yang cantik.

Hidden Valley Hills sangat pas sebagai tujuan wisata di akhir pekan selain Karena tempatnya megah nyaman jauh dari keramaian kota, tempat ini juga dilengkapi dengan kolam renang yang dikelilingi oleh beragam arsitektur megah ala Eropa.

6. Bukit Kemiri

Ini adalah tempat wisata alam baru di Purwakarta yang menawarkan pemandangan menakjubkan lengkap dengan suasana yang tenang dan damai.

Baca Juga: Tempat Goyang Lidah, 13 Wisata Kuliner Malam Jakarta yang Wajib Dicoba

Bukit Kemiri juga menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan. Selain itu, Bukit Kemiri juga menjadi tempat camping yang bagus di Purwakarta karena kita bisa menyaksikan landscape pegunungan yang mempesona.

7. Waduk Jatiluhur

Selain menjadi tempat untuk penampungan air, Waduk Jatiluhur juga menjadi salah satu tempat wisata favorit khususnya masyarakat Purwakarta. Yang menjadi daya tarik dari danau buatan ini ialah panorama alamnya yang indah berupa perbukitan hijau di sekelilingnya.

Danau ini juga terletak tidak jauh dari pegunungan menjadikan suasana di tempat ini terasa sejuk, jadi akan sangat cocok dijadikan tempat menghabiskan waktu liburan.

Baca Juga: 8 Destinasi Wisata Hits di Garut, Istimewanya Swiss Van Java

8. Kahuripan Tirta Wanayasa

Kahuripan Tirta Wanayasa merupakan wahana rekreasi air yang dibangun dengan konsep natural modern dengan nuansa keindahan dari tempat ini menonjolkan segi kemurnian alam baik dari struktur maupun tata letak.

Rekreasi air ini lokasinya persis di samping selatan situ Wanayasa sehingga bagi kalian yang ingin rekreasi ke daerah Wanayasa bisa sekaligus mengunjungi wahana rekreasi air Kahuripan Tirta Wanayasa ini.

9. Taman Batu Purwakarta

Taman Batu Purwakarta adalah kolam renang alami dengan bebatuan besar yang bervariasi menghiasi area destinasi wisata ini.

Taman Batu Purwakarta terletak di lereng perbukitan kaki Gunung Burangrang sehingga menambah kemurnian dari tempat ini. apalagi letaknya di antara persawahan, perbukitan dan sungai.

Baca Juga: Tempat Camping Baru di Puncak, Cuma Rp 30 Ribuan View Luar Biasa

Karena itu, tempat wisata yang satu ini mampu memberi suasana kesejukan yang asri sehingga sangat disayangkan jika sedang berada di Purwakarta tidak mengunjungi wisata yang satu ini.

10. Anugerah Waterpark Bunder

Anugerah Waterpark Bunder adalah destinasi wisata liburan yang sempurna bagi keluarga dan teman-teman yang mencari kesenangan dan hiburan yang menyegarkan.

Ada berbagai wahana seru dan fasilitas lengkap di Anugerah Waterpark Bunder ini. Slein itu, tempat ini juga menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi pengunjungnya.

11. Sasak Panyawangan

Destinasi wisata Purwakarta ini bukan wisata biasa. Di sini pengunjung bisa menikmati keindahan alam khas Indonesia yang tak ditemukan di tempat lain.

Baca Juga: Camping di Bukit Gunder Bogor: Nikmati Tahun Baruan dengan View Luar Biasa

Apabila kondisi cuaca sedang bagus maka akan terlihat dengan jelas pemandangan Waduk Jatiluhur. Tidak hanya itu saja, di sana juga terdapat kolam renang yang menjadi tempat wisata favorit bagi masyarakat lokal.

12. Gunung Bongkok

Gunung Bongkok menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati indahnya sunrise di Purwakarta, Jawa Barat. Gunung Bongkok juga menjadi tempat pendakian favorit khususnya bagi para pendaki pemula.

Dari atas sini kalian akan dimanjakan oleh pemandangan gunung Parang, gunung Lembu dan keindahan kota Purwakarta.

Itulah 12 tempat wisata di Purwakarta yang bisa dijadikan lokasi berlibur bersama orang tersayang saat hari libur tiba.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)