10 Rempah-rempah dari Indonesia, Bukti Kekayaan Alam Nusantara

Senin 07 Agustus 2023, 15:45 WIB
Inilah beberapa rempah-rempah dari Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara (Sumber : Freepik)

Inilah beberapa rempah-rempah dari Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak sekali rempah-rempah asli Indonesia yang tersebar dan tumbuh subur di berbagai wilayah Nusantara. Rempah-rempah merupakan bahan-bahan yang kerap dijadikan bumbu masakan atau hal lain yang menyangkut pengobatan tradisional.

Rempah-rempah telah dikenal dan digunakan secara luas di dalam masakan tradisional Indonesia dan juga telah diekspor ke berbagai negara di dunia.

Hingga saat ini Indonesia masih memiliki kekayaan rempah-rempah yang melimpah. Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa rempah-rempah dari Indonesia yang terkenal;

Baca Juga: 7 Manfaat Pala, Rempah-rempah Asli Indonesia yang Memiliki Aroma Khas

1. Cengkeh

Cengkeh yang dalam bahasa Inggris disebut Clove, adalah salah satu rempah-rempah paling terkenal dari Indonesia. Rempah ini merupakan tanaman endemik Maluku Utara.

Cengkeh digunakan dalam bentuk pala cengkeh atau serbuk cengkeh, digunakan dalam berbagai hidangan untuk memberikan aroma dan rasa khas.

2. Kunyit

Kunyit adalah rempah yang berasal; dari Asia Tenggara yang kemudian menyebar termasuk ke Indonesia. Kunyit yang digunakan untuk memberikan warna kuning khas pada masakan, serta rasa dan manfaat kesehatan.

Baca Juga: 6 Manfaat Kayu Manis Rempah Asal Indonesia, Terkenal Sebagai Obat Tradisional

3. Kemiri

Kemiri digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai bumbu dan saus khas Indonesia. Tanaman ini banyak tumbuh di wilayah Maluku Utara dan telah sejak lama menjadi kekayaan alam Indonesia.

4. Daun salam

Daun salam adalah rempah-rempah yang biasa digunakan dalam masakan Indonesia untuk memberikan aroma khas. Tanaman ini berasal dari semenanjung Malaya, Sumatera, Kalimantan dan Jawa.

Baca Juga: Bingung Menyiapkan Menu Buka Puasa? Coba Resep Ayam Goreng Rempah Ini!

5. Kayu Manis

Kayu manis (Cinnamon) adalah rempah-rempah yang digunakan untuk memberikan rasa manis dan aroma khas dalam berbagai hidangan. Tanaman ini telah dikenal sejak zaman kuno dan kini banyak tumbuh di berbagai wilayah di Indonesia.

6. Asam jawa

Asam jawa adalah rempah-rempah asam yang sering digunakan dalam hidangan seperti asam pedas dan sayur asem. Tanaman ini sebenarnya berasal dari savana Afrika. Namun telah sejak zaman dulu menyebar ke berbagai wilayah tropis termasuk Indonesia.

Baca Juga: Rempah-rempah Kadaluarsa? Inilah 6 Cara Memanfaatkannya

7. Pala

Pala adalah rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu dan pengharum dalam masakan tradisional. Buah asal Maluku ini menjadi salah satu rempah yang sangat berharga di masa lalu.
Biji dari buah ini kerap dimanfaatkan untuk bumbu masakan sedangkan daging buah sering dijadikan makanan seperti manisan.

8. Kayu Secang

Kayu secang (Sappan Wood) digunakan untuk memberikan warna merah alami pada makanan dan minuman, serta digunakan dalam tradisi jamu sebagai bahan herbal.

Baca Juga: Ketahui 6 Khasiat Kapulaga, Lebih dari Sekedar Rempah

9. Kecombrang

Kecombrang (Torch Ginger Flower) adalah bunga yang digunakan dalam masakan untuk memberikan rasa segar dan pedas. Tanaman semak ini bisa ditemukan hampir di seluruh wilayah di Indonesia dengan nama yang beragam.

10. Andaliman

Andaliman adalah rempah yang serupa dengan lada dan digunakan dalam masakan tradisional Batak, terutama di Sumatera Utara. Rempah dengan nama lain Sichuan Pepper ini tumbuh liar di wilayah Kabupaten Toba Samosir dan Tapanuli Utara pada ketinggian 1.200 hingga 1.500 mdpl.

Rempah-rempah ini memiliki peran penting dalam menciptakan beragam masakan tradisional Indonesia dan memberikan keunikan serta cita rasa khas pada hidangan.

Selain itu, rempah-rempah Indonesia telah menjadi bagian penting dari perdagangan dan sejarah global, yang menghubungkan Indonesia dengan dunia internasional sejak berabad-abad yang lalu.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat17 Mei 2024, 11:00 WIB

8 Minuman Sehat untuk Meredakan Nyeri Asam Urat, Enak dan Segar!

Inilah Sederet Minuman Sehat untuk Meredakan Nyeri Asam Urat, Enak dan Segar!
Ilustrasi. Minuman Segar dan Sehat untuk Meredakan Nyeri Asam Urat (Sumber : Pexels/EnginAkyurt)
Sukabumi17 Mei 2024, 10:51 WIB

Sudah Dihapus, Ini Postingan Soal Studi Tour yang Bikin PGRI Sukabumi Lapor polisi

Seluruh postingan akun facebook Atep Romli sudah menghilang sebelum pelaporan PGRI Kabupaten Sukabumi ke pihak kepolisian.
Ilustrasi dihapus. (Sumber: freepik)
Life17 Mei 2024, 10:30 WIB

6 Adab Kesopanan yang Wajib Diajarkan Orang Tua Kepada Anak Sejak Kecil

Adab kesopanan juga harus diajarkan kepada anak sejak kecil oleh orang tua. Ini sangat penting mengingat semuanya bergantung didikan dari masa mereka kanak-kanak dan menjadi pribadi baik saat dewasa.
Ilustrasi ketika orang mengajarkan adab kesopanan kepada anak (Sumber : Pexels.com/@Kampusproduction)
Life17 Mei 2024, 10:15 WIB

6 Kesalahan Orang Tua yang Jadi Penyebab Anak Kecanduan Main HP Sejak Kecil

Penyebab anak kecanduan main HP sejak kecil pada umumnya dipengaruhi oleh pola asuh orang tua sendiri di rumah. Maka dari itu, ini kesalahan orang tua saat masa mendidiknya yang harus segera diperbaiki
Ilustrasi kesalahan orang tua yang menjadi penyebab anak kecanduan main HP (Sumber : Pexels.com/@YanKrukau)
Life17 Mei 2024, 10:00 WIB

15 Karakter Dasar yang Harus Dimiliki Seorang Anak, Bunda Yuk Ajarkan

Ciri-ciri karakter akan membantu anak menjadi sukses dalam setiap aspek kehidupannya.
Ilustrasi Ciri-ciri karakter akan membantu anak menjadi sukses dalam setiap aspek kehidupannya. | Foto: Pexels.com/@Romina Ordenez
Sukabumi17 Mei 2024, 09:57 WIB

Nyaris Sambar Bocah, Aksi Berani Pelajar Sukabumi Ringkus Ular Piton di Jalanan

Dengan sigap, Rangga Ramadani, pelajar SMK mengejar ular dengan panjang kurang lebih 3 meter tersebut.
Aksi berani pelajar SMK di Sukabumi, Galang Ramadani meringkus ular piton di jalan karamat Kota Sukabumi (Sumber: akun youtube SUTV Sukabumi)
Sehat17 Mei 2024, 09:32 WIB

Diet Asam Urat, Pilihan Makanan dan Apa Saja yang Harus Dihindari

Dengan mengikuti panduan untuk Diet Asam Urat ini, penderita asam urat dapat mengelola kondisinya dengan lebih baik dan mengurangi risiko serangan gout.
Diet Asam Urat, Pilihan Makanan dan Apa Saja yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat. Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi17 Mei 2024, 09:24 WIB

DPRD Sukabumi Soroti Perawatan Tugu Jangilus Ikon Palabuhanratu, Jangan Saling Mengandalkan

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Demokrat, Badri Suhendi, menyerukan kepada seluruh pihak agar menjaga dan merawat Tugu Jangilus, yang menjadi ikon Ibukota Palabuhanratu.
Badri Suhendi, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi (Fraksi Demokrat) | Foto : Ilyas Supendi
Sehat17 Mei 2024, 09:00 WIB

Hidup dengan Asam Urat: Makanan yang Aman Dikonsumsi dan Harus Dihindari

Memiliki asam urat mesti menjaga pola makan dan asupan yang masuk kedalam tubuh.
Ilustrasi - Memiliki asam urat mesti menjaga pola makan dan asupan yang masuk kedalam tubuh. (Sumber : pexels.com/@Andrey Castillejos)
Sukabumi17 Mei 2024, 08:52 WIB

Sengkarut UHC di Sukabumi, Bupati Keluhkan Tunggakan Rp40 M dan Ungkit Data Fiktif

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami angkat bicara terkait polemik pencabutan status Universal Healt Coberage (UHC) Non-Cut Off oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Sukabumi.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami | Foto : Ist