10 Tips Solo Traveling Aman, Cek Tempat Wisata dan Transport!

Minggu 21 Mei 2023, 10:00 WIB
Ilustrasi. Tips Solo Traveling Aman, Cek Tempat Wisata dan Transport! (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. Tips Solo Traveling Aman, Cek Tempat Wisata dan Transport! (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Solo Traveling biasanya cukup identik dengan orang Introvert. Selain menjadi ajang memberanikan diri, Solo Traveling disukai karena bisa terhindar dari keramaian orang-orang.

Solo Traveling juga dipilih karena seseorang bisa leluasa terhadap apa yang dilakukan. Mereka yang Solo Traveling nyaman berwisata dan jalan-jalan sendirian tanpa harus memikirkan teman perjalanan.

Ya, Solo Traveling adalah pergi liburan sendirian. Meski nyaman, sebelum berangkat perlu persiapan matang agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Travel di Sukabumi Tujuan Bandung hingga Jakarta, Cek Harganya!

Simak informasi mengenai 10 tips solo traveling yang aman, seperti dikutip via Tempo.co:

Tips Solo Traveling Aman

1. Riset Mengenai Tempat Wisata Tujuan

Tips Solo Traveling Aman pertama adalah riset mengenai tempat tujuan. Pastikan sudah mengetahui tempat apa saja yang akan dikunjungi, akomodasi apa yang dipilih, di mana tempat menginap, hingga berbagai informasi lain mengenai tempat tujuan untuk berlibur. 

2. Cadangkan Identitas dan Dokumen Penting

Sebelum berangkat untuk berlibur, sebaiknya cadangkan atau gandakan dokumen identitas yang penting, seperti paspor atau visa. Selain itu, pastikan juga untuk memberikan dokumen tersebut kepada keluargamu. 

Hal ini dilakukan agar jika dokumen tersebut hilang saat dalam perjalanan liburan, kamu masih memiliki cadangannya. Perlu juga memberitahukan rencana perjalanan selama liburan kepada teman atau keluarga agar mereka mengetahui kamu baik-baik saja.

3. Buat Rencana Perjalanan

Bepergian atau berlibur sendirian, bukan berarti dapat bebas pergi kemanapun tanpa adanya persiapan. Persiapan ini perlu dilakukan agar dapat mengetahui apa yang akan dilakukan dan destinasi wisata apa saja yang akan dikunjungi. 

Jangan sampai terlihat bingung di tempat baru, karena akan berisiko meningkatkan tindakan kriminal.

4. Cek Akomodasi

Sebagai solo traveller, akomodasi adalah hal utama yang harus mempersiapkan. Oleh karena itu, kamu harus memastikan agar tempat penginapan yang digunakan selama liburan tersebut aman dan nyaman. 

Pastikan juga agar penginapan yang akan dipakai memiliki lokasi dan keadaan yang kondusif atau ramah untuk solo traveler. Hal ini karena bepergian sendiri membutuhkan keamanan yang ekstra.

5. Akses Transportasi

Saat berlibur, kamu pasti akan mengunjungi beberapa destinasi wisata. Oleh karena itu berpindah dari satu tempat ke tempat lain membutuhkan moda transportasi yang efektif dan efisien. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Makan di Gang Ajid, Wisata Kuliner Murah Sukabumi!

Selain itu, kamu juga perlu mencari tahu akses transportasi yang mudah dijangkau saat akan mengunjungi suatu tempat wisata. Apabila menggunakan transportasi umum, seperti bus atau MRT, pastikan jadwal keberangkatan agar tidak tertinggal atau terlewat bus.

6. Bawa Obat-Obatan Pribadi dan Uang Lebih

Tips Solo Traveling Aman selanjutnya adalah membawa obat-obatan pribadi dan uang lebih. Bepergian sendirian tentu berbeda ketika berlibur bersama keluarga atau teman-teman. 

Kamu perlu mempersiapkan mental dan fisik agar selalu sehat selama berlibur. Oleh karena itu, penting untuk membawa obat-obatan pribadi dan uang lebih guna berjaga-jaga.

7. Gabung Komunitas Solo Traveller

Jika belum begitu yakin untuk melakukan Solo Traveling, kamu dapat meminta pendapat pada orang atau teman terdekat yang sudah pernah melakukan kegiatan ini sebelumnya. 

Kamu juga dapat bergabung dengan komunitas solo traveler untuk mendapatkan pandangan, masukkan, dan kekuatan agar yakin berlibur sendirian.

8. Catat Nomor Darurat dan Nomor Polisi Setempat

Karena pergi berlibur sendirian, catatlah nomor darurat yang dapat dihubungi dalam keadaan terdesak. Baik itu pasangan, sahabat, ataupun keluarga. 

Pastikan juga orang tersebut mudah dihubungi sehingga akan segera merespon saat dihubungi sewaktu-waktu. Selain itu, catatlah nomor polisi setempat agar dapat dihubungi saat sedang dalam keadaan bahaya.

9. Bawa Alat Pelindung Diri 

Agar liburan menjadi lebih aman, bawalah alat perlindungan diri yang sederhana namun tetap berguna, seperti semprotan merica. 

Baca Juga: 7 Cara Mengecilkan Lemak Paha, Rutin Olahraga Kardio?

Alat ini bisa digunakan saat kamu berada dalam situasi yang berbahaya atau diganggu oleh orang yang tidak dikenal. Dengan begitu, kamu dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

10. Maksimalkan Ponsel dengan Memanfaatkan Kemajuan Teknologi

Tips Solo Traveling Aman selanjutnya adalah memaksimalkan ponsel dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Melalui ponsel, kamu dapat mencari informasi mengenai berbagai hal. Mulai dari mencari tempat makan terdekat, transportasi yang dapat diakses, destinasi yang dapat dikunjungi, hingga informasi lalu lintas dan lain sebagainya. 

Hal ini akan membantu dan memudahkan kegiatan saat berlibur sendirian.

SUMBER: TEMPO.CO | VIVIA AGARTHA F | RADEN PUTRI

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi20 April 2024, 12:05 WIB

Buruh di Sukabumi Ngaku Kaki Terlindas Ban Forklift saat Kerja, Kini Gaji Belum Dibayar

Nurrohman mengaku kecelakaan kerja ini sempat membuatnya tidak dapat berjalan.
Nurrohman (45 tahun) memperlihatkan kakinya yang pernah terlindas ban forklift saat bekerja di PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life20 April 2024, 12:00 WIB

6 Cara Ampuh Menghadapi Catcalling, Wanita Wajib Tahu!

Catcalling dapat berupa seruan, lirikan, isyarat tubuh yang tidak pantas, atau komentar yang merendahkan dan merendahkan martabat seseorang.
Ilustrasi. Cara Mencegah Catcalling. Sumber : pixabay/fkpsiclgy12
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)
Keuangan20 April 2024, 10:46 WIB

Buruh di Sukabumi: Kami Berjuang Sendirian! Mediasi Tunggakan Upah Kembali Buntu

proses mediasi turut dihadiri oleh para petinggi perusahaan yakni HRD, Personalia, PPIC, kepala produksi, direktur utama hingga penasehat perusahaan serta dihadiri sekurangnya 60 eks buruh.
Puluhan eks-buruh PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) kembali melakukan mediasi bersama Pihak Perusahaan untuk memperjuangkan haknya datangi Disnakertrans (Sumber: istimewa)
Life20 April 2024, 10:00 WIB

7 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Hidup Tenang, Yuk Lakukan!

Ingin Hidup Tenang dan Bahagia? Yuk Lakukan Kebiasaan Sederhana Ini!
Ilustrasi. Kebiasaan Sederhana yang Membuat Hidup Tenang (Sumber : Pexels/Kaushal Moradiya)
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun kencana ungu dapat membantu menurunkan kadar gula darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes atau orang yang memiliki masalah kontrol gula (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)