10 Tips Solo Traveling Aman, Cek Tempat Wisata dan Transport!

Minggu 21 Mei 2023, 10:00 WIB
Ilustrasi. Tips Solo Traveling Aman, Cek Tempat Wisata dan Transport! (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. Tips Solo Traveling Aman, Cek Tempat Wisata dan Transport! (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Solo Traveling biasanya cukup identik dengan orang Introvert. Selain menjadi ajang memberanikan diri, Solo Traveling disukai karena bisa terhindar dari keramaian orang-orang.

Solo Traveling juga dipilih karena seseorang bisa leluasa terhadap apa yang dilakukan. Mereka yang Solo Traveling nyaman berwisata dan jalan-jalan sendirian tanpa harus memikirkan teman perjalanan.

Ya, Solo Traveling adalah pergi liburan sendirian. Meski nyaman, sebelum berangkat perlu persiapan matang agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Travel di Sukabumi Tujuan Bandung hingga Jakarta, Cek Harganya!

Simak informasi mengenai 10 tips solo traveling yang aman, seperti dikutip via Tempo.co:

Tips Solo Traveling Aman

1. Riset Mengenai Tempat Wisata Tujuan

Tips Solo Traveling Aman pertama adalah riset mengenai tempat tujuan. Pastikan sudah mengetahui tempat apa saja yang akan dikunjungi, akomodasi apa yang dipilih, di mana tempat menginap, hingga berbagai informasi lain mengenai tempat tujuan untuk berlibur. 

2. Cadangkan Identitas dan Dokumen Penting

Sebelum berangkat untuk berlibur, sebaiknya cadangkan atau gandakan dokumen identitas yang penting, seperti paspor atau visa. Selain itu, pastikan juga untuk memberikan dokumen tersebut kepada keluargamu. 

Hal ini dilakukan agar jika dokumen tersebut hilang saat dalam perjalanan liburan, kamu masih memiliki cadangannya. Perlu juga memberitahukan rencana perjalanan selama liburan kepada teman atau keluarga agar mereka mengetahui kamu baik-baik saja.

3. Buat Rencana Perjalanan

Bepergian atau berlibur sendirian, bukan berarti dapat bebas pergi kemanapun tanpa adanya persiapan. Persiapan ini perlu dilakukan agar dapat mengetahui apa yang akan dilakukan dan destinasi wisata apa saja yang akan dikunjungi. 

Jangan sampai terlihat bingung di tempat baru, karena akan berisiko meningkatkan tindakan kriminal.

4. Cek Akomodasi

Sebagai solo traveller, akomodasi adalah hal utama yang harus mempersiapkan. Oleh karena itu, kamu harus memastikan agar tempat penginapan yang digunakan selama liburan tersebut aman dan nyaman. 

Pastikan juga agar penginapan yang akan dipakai memiliki lokasi dan keadaan yang kondusif atau ramah untuk solo traveler. Hal ini karena bepergian sendiri membutuhkan keamanan yang ekstra.

5. Akses Transportasi

Saat berlibur, kamu pasti akan mengunjungi beberapa destinasi wisata. Oleh karena itu berpindah dari satu tempat ke tempat lain membutuhkan moda transportasi yang efektif dan efisien. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Makan di Gang Ajid, Wisata Kuliner Murah Sukabumi!

Selain itu, kamu juga perlu mencari tahu akses transportasi yang mudah dijangkau saat akan mengunjungi suatu tempat wisata. Apabila menggunakan transportasi umum, seperti bus atau MRT, pastikan jadwal keberangkatan agar tidak tertinggal atau terlewat bus.

6. Bawa Obat-Obatan Pribadi dan Uang Lebih

Tips Solo Traveling Aman selanjutnya adalah membawa obat-obatan pribadi dan uang lebih. Bepergian sendirian tentu berbeda ketika berlibur bersama keluarga atau teman-teman. 

Kamu perlu mempersiapkan mental dan fisik agar selalu sehat selama berlibur. Oleh karena itu, penting untuk membawa obat-obatan pribadi dan uang lebih guna berjaga-jaga.

7. Gabung Komunitas Solo Traveller

Jika belum begitu yakin untuk melakukan Solo Traveling, kamu dapat meminta pendapat pada orang atau teman terdekat yang sudah pernah melakukan kegiatan ini sebelumnya. 

Kamu juga dapat bergabung dengan komunitas solo traveler untuk mendapatkan pandangan, masukkan, dan kekuatan agar yakin berlibur sendirian.

8. Catat Nomor Darurat dan Nomor Polisi Setempat

Karena pergi berlibur sendirian, catatlah nomor darurat yang dapat dihubungi dalam keadaan terdesak. Baik itu pasangan, sahabat, ataupun keluarga. 

Pastikan juga orang tersebut mudah dihubungi sehingga akan segera merespon saat dihubungi sewaktu-waktu. Selain itu, catatlah nomor polisi setempat agar dapat dihubungi saat sedang dalam keadaan bahaya.

9. Bawa Alat Pelindung Diri 

Agar liburan menjadi lebih aman, bawalah alat perlindungan diri yang sederhana namun tetap berguna, seperti semprotan merica. 

Baca Juga: 7 Cara Mengecilkan Lemak Paha, Rutin Olahraga Kardio?

Alat ini bisa digunakan saat kamu berada dalam situasi yang berbahaya atau diganggu oleh orang yang tidak dikenal. Dengan begitu, kamu dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

10. Maksimalkan Ponsel dengan Memanfaatkan Kemajuan Teknologi

Tips Solo Traveling Aman selanjutnya adalah memaksimalkan ponsel dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Melalui ponsel, kamu dapat mencari informasi mengenai berbagai hal. Mulai dari mencari tempat makan terdekat, transportasi yang dapat diakses, destinasi yang dapat dikunjungi, hingga informasi lalu lintas dan lain sebagainya. 

Hal ini akan membantu dan memudahkan kegiatan saat berlibur sendirian.

SUMBER: TEMPO.CO | VIVIA AGARTHA F | RADEN PUTRI

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 18:00 WIB

Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Ketika Susah Tidur atau Insomnia

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur.
Ilustrasi - Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)
Life27 April 2024, 17:30 WIB

Perhatikan Bahasa Tubuhnya! 6 Cara Mengetahui Gerak-Gerik Orang Berbohong saat Berbicara

Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya.
Ilustrasi - Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya. (Sumber : Pexels/Alena Darmel).
Sukabumi27 April 2024, 17:02 WIB

Lomba Cerdas Cermat hingga MHQ, Daftar Juara Pentas PAI di Cidolog Sukabumi

Ada beberapa perlombaan dalam Pentas PAI di Kecamatan Cidolog.
(Foto Ilustrasi) Ratusan SD mengikuti Pentas PAI se-Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Pixabay
Keuangan27 April 2024, 17:00 WIB

Selain Pandai Menabung, Ini 6 Ciri Orang yang Bijak dalam Mengelola Uang

Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya.
Ilustrasi - Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya. (Sumber : Pexels/ Karolina Grabowska).
Sukabumi27 April 2024, 16:43 WIB

Bikin Resah Tengah Malam, Jalan Lingkar Selatan Sukabumi Jadi Arena Balap Liar

Arena atau trek balap liar di jalan raya lingkar selatan ini biasanya berlangsung di sekitar babakan mangkalaya, Gunungguruh Kabupaten Sukabumi.
Balap liar tengah malam di jalan raya lingkar selatan mangkalaya Sukabumi (Sumber: istimewa)