Pantai Hingga Kebun Binatang, 7 Spot Wisata Keluarga Tak Jauh Dari Jakarta

Jumat 05 Mei 2023, 13:00 WIB
Bingung liburan kemana? Cobain nih beberapa tempat wisata yang cocok untuk liburan keluarga di akhir pekan | (Sumber : Istimewa)

Bingung liburan kemana? Cobain nih beberapa tempat wisata yang cocok untuk liburan keluarga di akhir pekan | (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Libur akhir pekan menjadi waktu yang pas untuk menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta, apalagi di musim libur sekolah seperti sekarang merupakan waktu yang pas mengajak serta anak-anak untuk liburan.

Mungkin warga Sukabumi merasa bosan dengan destinasi wisata Sukabumi karena sudah sering mengunjunginya atau karena alasan ingin mengajak keluarga liburan ke luar kota tapi bingung mau pergi kemana.

Nah, berikut ada beberapa rekomendasi tempat wisata di luar Sukabumi yang bisa menjadi pilihan untuk berlibur bersama keluarga di akhir pekan ini. Apa saja? berikut ulasannya seperti dikutip dari Tempo.co.

Baca Juga: Dikelola Dispar, Melihat Geliat Kunjungan Wisatawan Curug Saat Libur Lebaran

1. The Ranch Puncak

The Ranch Puncak bisa menjadi tujuan wisata keluarga. Destinasi wisata ini beralamat di Jalan Raya Puncak KM 77,5 Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Untuk menuju ke tempat ini, tinggal mengikuti petunjuk jalan hingga menemukan Cimory Riverside, lalu teruskan perjalanan sekitar satu kilometer menuju The Ranch Puncak ini.

Destinasi wisata ini buka setiap hari yakni Senin hingga Jumat pukul 09.00-21.00, Sabtu hingga Minggu pukul 08.00-21.00 dengan harga tiket masuk sekitar Rp20 ribu per orang. Sedangkan, biaya parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Di sini juga pengunjung bisa menunggangi kuda dengan harga sekitar Rp25 ribu untuk sekali jalan keliling kawasan The Ranch. Kemudian bisa juga menyewa kostum dengan harga sekitar Rp75 ribu.

Baca Juga: Daftar 3 Keraton di Cirebon, Rekomendasi Tempat Wisata Sejarah Jawa Barat

2. Taman Kelinci Ciwidey

Taman Kelinci Ciwidey di Desa Cikembang. Wisata Bandung ini mengusung konsep taman yang dibekali aneka kuliner khas Bandung, pasar kelinci, ratusan kelinci, hingga berbelanja aneka kerajinan tangan masyarakat lokal.

Berdasarkan tujuannya, Taman Kelinci Ciwidey dijadikan sebagai taman edukasi anak-anak yang juga cocok menjadi taman liburan keluarga saat akhir pekan.

Semua kelinci di sini pun berkeliaran bebas dan ketat terkontrol kesehatannya. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir jika anak-anak berinteraksi langsung dengan para kelinci lucu. Ada jenis kelinci khas luar negeri seperti Dutch, Rex, dan New Zealand.

Kunjungan Anda dan keluarga ke Taman Kelinci Ciwidey Bandung tidak sampai membuat kantong kering hanya untuk membayar tiket masuk saja. Namun, hanya cukup membayar Rp 15.000 per orang, Anda bisa menikmati semua alam taman ditambah mendapatkan 2 wortel besar untuk memberi makan kelinci-kelinci wisata taman Bandung ini.

Baca Juga: 5 Tempat Ngopi di Sukabumi, Cocok Buat Kumpul Santai Pas Weekend

3. Pantai Anyer

Salah satu wisata favorit lebaran 2023 adalah Pantai Anyer. Lokasinya terletak di Jalan Raya Karang Bolong, Bandulu, Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, Provinsi Banten 42166. Untuk harga tiket masuknya sebesar Rp10.000, belum termasuk tiket masuk kendaraan.

Pantai ini buka selama 24 jam setiap harinya, namun selama libur Lebaran seperti saat ini, pengunjung diminta untuk meninggalkan pantai sebelum pukul 17.00.

Bahkan saat musim liburan seperti ini jalan menuju kawasan Pantai Anyer dipadati oleh kendaraan baik roda empat maupun roda dua dan sempat diberlakukan rekayasa lalu lintas one way untuk mengurangi kepadatan arus balik wisatawan dari arah Pantai Anyer ke jalur-jalur alternatif. Pengunjung mencapai 400 ribu orang yang memadati pantai-pantai di Banten salah satunya Pantai Anyer.

Baca Juga: 8 Wisata Pemandian Air Panas di Jawa Barat, Cocok Untuk Berendam di Akhir Pekan

4. Pantai Pangandaran

Rekomendasi tempat wisata favorit lebaran selanjutnya adalah Pantai Pangandaran. Pantai Pangandaran letaknya berada paling selatan Jawa Barat dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Untuk harga tiket masuknya adalah Rp10.000/orang. Dengan biaya tambahan untuk motor Rp 20.000 dan mobil sedan/Jeep Rp60.000.


Di Pantai Pangandaran Anda bisa menikmati berbagai aktivitas seru seperti bermain wahana air, menyaksikan sunset, atau sekedar bersantai-santai dengan pemandangan air biru yang luas.

Saat momen libur lebaran, Pantai Pangandaran dipadati oleh banyak pengunjung yang tidak melakukan mudik lebaran. Pengunjung Pangandaran tembus hingga 15.384 dengan didominasi minibus kecil.

Baca Juga: Wisata Puncak Robin Palabuhanratu Sukabumi: Alamat, Tiket Hingga Fasilitas

5. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan destinasi wisata favorit saat libur lebaran. Tempat wisata ini berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122 yang buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Harga tiket masuknya Rp16.500 setiap hari Senin hingga Jumat dan Sabtu Minggu serta hari libur Nasional sebesar Rp26.500.

Anda bisa melakukan aktivitas seru seperti berkeliling Kebun Raya Bogor menggunakan sepeda atau piknik dan duduk santai menikmati angin sepoy-sepoy. Saat libur lebaran 2023, pengunjung Kebun Raya Bogor tembus di angka 15 ribu orang setelah H+3 lebaran.

Baca Juga: 10 Curug di Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Wisata Air Terjun Sukabumi

6. Kebun Binatang Ragunan

Bagi Anda yang memiliki anak kecil mungkin Kebun Binatang Ragunan menjadi pilihan yang cocok sebagai wisata lebaran bersama keluarga. Kebun Binatang Ragunan berlokasi di Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550. Buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 16.00 WIB.

Di sini Anda bisa liburan sembari mengenalkan hewan kepada anak-anak Anda atau juga bisa menyewa sepeda untuk berkeliling sekitar area Ragunan. Hingga H+4 lebaran pun wisatawan masih memadati tempat wisata ini, diperkirakan wisatawan tembus hingga 32 ribu orang.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Tempat Wisata di Bandung, Cocok untuk Liburan Keluarga

7. Ancol

Beranjak ke daerah Jakarta Utara terdapat tempat wisata yang turut didatangi oleh pengunjung yang tidak melakukan mudik ke kampung halaman yaitu Ancol.

Ancol berlokasi tepatnya di Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta. Ancol beroperasional dari pukul 06.00 hingga 21.00 WIB. Dengan harga tiket reguler untuk Ancol adalah Rp25.000/orang.

Di Ancol Anda bisa menikmati berbagai hiburan wisata yang terdapat di dalamnya seperti Ocean Dream Samudra, Dufan, SeaWorld, hingga Anda juga bisa menikmati Pantai Ancolnya.

Untuk tempat wisata di dalam Ancolnya sendiri Anda dikenakan biaya tersendiri. Pengujung Ancol tembus hingga 100.000 ribu orang dan bahkan penjualan tiket sempat ditutup selama 1,5 jam.

Nah, itulah tempat wisata yang cocok untuk dijadikan destinasi liburan bersama keluarga di akhir pekan.

Sumber: Tempo.co/Dwi Lucy Susetiowati | Berbagai sumber

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life30 April 2024, 16:30 WIB

9 Sikap Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari yang Membuatmu Semakin Dihormati

Sikap-sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat seseorang semakin dihormati oleh orang lain.
Sikap-sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat seseorang semakin dihormati oleh orang lain. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi30 April 2024, 16:09 WIB

Gadis di Kalibunder Sukabumi Hilang Usai Dijemput 2 Pria Tak Dikenal, Keluarga Lapor Polisi

Kasus Ela Nopianti gadis di Kalibunder Sukabumi yang hilang diduga dibawa kabur dua pria tak dikenal itu tengah diselidiki kepolisian.
Foto Ela Nopianti (16 tahun), gadis putus sekolah asal Kalibunder Sukabumi yang hilang usai dijemput dua laki-laki tak dikenal. (Sumber : Istimewa)
Sehat30 April 2024, 16:00 WIB

7 Makanan Rendah Protein Purin untuk Penderita Asam Urat

Yuk, Ketahui Rekomendasi Makanan Rendah Protein Purin untuk Penderita Asam Urat Berikut!
Ilustrasi. Buah apel. | Makanan Rendah Protein Purin untuk Penderita Asam Urat. Foto: Freepik/@drobotdean
Inspirasi30 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Maintenance Officer Minimal SMA/SMK, Penempatan Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi lowongan kerja - Lowongan Kerja Maintenance Officer Minimal SMA/SMK, Penempatan Kota Sukabumi. | (Sumber : Istimewa)
Life30 April 2024, 14:42 WIB

Jangan Bingung, Terapkan 10 Cara Berikut Agar Anak Sampai ke Sekolah Tepat Waktu

Pergi ke sekolah merupakan kewajiban anak-anak, dan mereka harus datang ke sana tepat waktu. Jika sulit, ada beberapa tips agar anak sampai ke sekolah tepat waktu.
Ilustrasi anak pergi ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStock Project
Bola30 April 2024, 14:30 WIB

Link Live Streaming PSS Sleman vs Persib Bandung: Menang Atau Terdegradasi!

Laga pamungkas reguler series ini menjadi penentuan bagi tim PSS Sleman yang akan menghadapi Persib Bandung.
Laga pamungkas reguler series ini menjadi penentuan bagi tim PSS Sleman yang akan menghadapi Persib Bandung. (Sumber : Instagram/@manahan.solo/Ist).
Inspirasi30 April 2024, 14:00 WIB

7 Mindset Bisnis ala Orang Jepang yang Bikin Cepat Kaya, Ini Rahasianya!

Orang Jepang memiliki mindset bisnis yang ampuh dalam membangun usahanya. Tak ayal mereka tergolong bangsa yang luar biasa dalam hal bisnis.
Ilustrasi. Mindset bisnis orang Jepang. Sumber Foto : Pexels/ cottonbro studio
Life30 April 2024, 13:30 WIB

Ketahui 6 Penyebab Kenapa Anak Sering Melawan pada Orang Tua, Yuk Evaluasi Diri!

Anak yang sering melawan kepada orang tua tentu lantaran beberapa penyebab di masa lalunya. Ini harus dipahami oleh orang tua dalam mendidik.
Ilustrasi. Penyebab anak sering melawan orang tua. Sumber foto : Pexels/Mikhail Nilov
Life30 April 2024, 13:26 WIB

Lakukan Setiap Hari, 7 Cara Mengembangkan Keterampilan Bahasa Anak Sebelum Sekolah

Anda berharap anak Anda percaya diri, bahagia dan tenang di sekolah. Anda ingin mereka berteman, bergaul dengan guru, dan bersenang-senang sambil belajar.
Ilustrasi mengembangkan keterampilan anak. | Foto: Pexels.com/@Artem Podrez
Bola30 April 2024, 13:00 WIB

Tersingkir dari Piala Asia U-23, Timnas Indonesia Masih Ada Asa Lolos ke Olimpiade 2024

Indonesia masih ada peluang untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024.
Indonesia masih ada peluang untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024. (Sumber : pssi.org).