Horor! 10 Tempat Menyeramkan di Dunia Penuh Cerita Mistis, Ada Sukabumi

Senin 13 Maret 2023, 16:00 WIB
Palabuhanratu Sukabumi | Tempat Menyeramkan di Dunia yang Penuh Cerita Mistis (Sumber : Instagram/@tijanatimebomb)

Palabuhanratu Sukabumi | Tempat Menyeramkan di Dunia yang Penuh Cerita Mistis (Sumber : Instagram/@tijanatimebomb)

SUKABUMIUPDATE.com - Gelar "Sukabumi Mendunia" kembali disematkan pada Kota Mochi Jawa Barat ini. Jika sebelumnya media asing menyoroti "Karang Kontol", kali ini nama "Palabuhanratu Sukabumi" yang masuk dibahas media asing.

Lebih lanjut, media asing di laman Listverse.com telah merilis daftar 10 Tempat Menyeramkan di Dunia yang Tidak Ingin Kamu Kunjungi. Artikel ini diterbitkan pada 16 Maret 2018 dengan judul "10 Creepy Places Around The World You Don’t Want To Visit".

Menariknya nama "Palabuhanratu Sukabumi" masuk di deretan 10 tempat tersebut. Namun wilayah Palabuhanratu bagian mana yang disorot media asing ini? Simak penjelasannya berikut ini!

Palabuhanratu Sukabumi | Tempat Menyeramkan di Dunia yang Penuh Cerita MistisPalabuhanratu Sukabumi | Tempat Menyeramkan di Dunia yang Penuh Cerita Mistis (Sumber : Instagram/@tijanatimebomb)

Daftar 10 Tempat Menyeramkan di Dunia yang Penuh Cerita Mistis versi Listverse, dari urutan yang terakhir:

10. Takakanonuma Greenland Amusement Park/Taman Hiburan Takakanonuma Greenland

Jepang terkenal dengan hal-hal keren seperti pedang samurai, festival, makanan yang luar biasa, dan teknologi. Namun, Jepang juga dikenal dengan hal-hal yang mengerikan, seperti pembantaian lumba-lumba dan bencana nuklir Fukushima.

Selain itu, negara ini sering menjadi sasaran bencana alam yang mengerikan, seperti gempa bumi besar dan tsunami.

Jepang turut dikenal dengan banyak kisah menyeramkan, salah satunya adalah taman hiburan Takakanonuma Greenland di Fukushima, yang ditinggalkan pada tahun 1970-an setelah hanya beroperasi selama dua tahun.

Desas-desus mengatakan bahwa beberapa orang kehilangan nyawa di wahana, sementara yang lain menyatakan penjualan tiket sangat rendah karena kurangnya minat.

Taman kemudian dibuka pada tahun 1986, tetapi ditutup kembali pada tahun 1999 hingga saat ini terbengkalai di hutan. Potret berselimut kabut tebal semakin menambah kesan seram di taman ini.

Aan tetapi, hal paling menakutkan tentang tempat di Jepang itu adalah secara resmi, Takakanonuma Greenland Amusement Park justru tidak pernah ada. Taman itu tidak terdaftar di peta sekaligus tidak ada informasi resmi yang dapat ditemukan tentangnya.

9. Cinco Saltos

Hantu yang menghantui kota Cinco Saltos, Rio Negro, Argentina, konon berasal dari ilmu hitam. Salah satu cerita mengatakan bahwa seorang bayi tenggelam di Danau Pellegrini dekat Bajo Negro (tempat konon dilakukan santet).

Diduga, hantu bayi malang itu masih menghantui danau tersebut.

Beberapa pengunjung bahkan telah melaporkan kerap mendengar tangisan seorang anak, tetapi tidak satupun dari mereka dapat melacak sumber suara tersebut.

Kisah sekelompok orang berjubah hitam yang melakukan ritual aneh juga beredar, sementara yang lain melaporkan melihat UFO.

Hingga pada tahun 2009, mayat seorang gadis utuh ditemukan di dalam kuburan. Dia tidak pernah dikuburkan, namun tubuhnya hanya dimasukkan ke dalam kotak dan ditinggalkan di dalam osuarium pada tahun 1930-an.

Horor! Secara alami, setelah penemuan mayat tersebut dipublikasikan, beberapa orang melaporkan melihat hantu melayang-layang di kuburan.

8. Dragsholm Castle/Kastil Dragsholm

Namun kastil lain yang memberi orang heebie-jeebies adalah Kastil Dragsholm di Selandia, Denmark. Dragsholm diperkirakan dihantui sebanyak 100 roh, salah satunya adalah seorang bangsawan bernama James Hepburn.

James Hepburn adalah earl keempat dari Bothwell, yang dipenjara di kastil ini selama lima tahun sampai dia meninggal pada tahun 1576 atau 1578. Sebelum kematiannya, James dilaporkan mengalami gangguan jiwa akibat berada di sel isolasi.

Beralih ke cerita hantu yang terlihat naik ke halaman kastil dengan kudanya. Ini kisah tentang Grey Lady dan White Lady yang menghantui kastil.

Kisah White Lady agak lebih menyeramkan, yang mana dia adalah putri salah satu mantan pemilik kastil. Dirinya jatuh cinta pada seorang petani atau orang biasa yang tidak dapat diterima pada masa itu.

Ayahnya kemudian merasa kesal dengan kisah asmara putrinya sampai tega membunuh dan membenamkan tubuhnya di dalam tembok. Perlakuan sadis ini membuat White Lady menghantui kastil.

Spekulasi beredar soal kemungkinan besar karena White Lady tidak dapat melarikan diri dari penjara abadi. Dikatakan bahwa ketika dinding kastil dirobek pada tahun 1930-an selama pekerjaan pipa ledeng, kerangka dalam gaun putih ditemukan di dalamnya.

7. Palabuhanratu Sukabumi

Nyi Roro Kidul diceritakan sebagai putri Prabu Silwangi dan Putri Kadita. Dia menjadi legenda yang dikenal sebagai Ratu Pantai Selatan (Samudra Hindia) di Indonesia, setelah bunuh diri dengan melompat dari tebing dan mendarat di lautan dan tenggelam.

Kamar 308 Nyi Roro Kidul di Palabuhanratu SukabumiPalabuhanratu Sukabumi | Tempat Menyeramkan di Dunia yang Penuh Cerita Mistis (Sumber : Instagram/@tijanatimebomb)

Versi lain dari cerita mengatakan bahwa dia tidak tenggelam tetapi secara ajaib berubah menjadi dewi lautan. Konon, Ratu penguasa pantai selatan ini menghantui bagian laut tertentu di wilayah tersebut.

Jika seseorang pergi berenang di sini (memakai warna pilihan sang putri: hijau), dia akan menarik mereka ke bawah air dan menenggelamkannya. Mitos Nyi Roro Kidul lain yang kerap dikenal adalah ia datang menghantui Kamar 308 di Hotel Samudra Beach di Palabuhanratu (alias Palabuhanratu).

Kamar 308 Nyi Roro Kidul di Palabuhanratu SukabumiKamar 308 Nyi Roro Kidul di Palabuhanratu Sukabumi (Sumber : Instagram/@tijanatimebomb)

Dikatakan bahwa Sukarno, presiden pertama Indonesia, memberikan instruksi untuk membiarkan kamar hotel khusus ini terbuka untuk arwahnya. Ruangan itu telah diubah menjadi tempat pemujaan Putri Laut Selatan, dengan furnitur hijau sport, lemari pakaian hijau, dan beberapa potret Nyi Roro Kidul.

6. Gunung Everest

Gunung Everest dikenal sebagai tempat peristirahatan Andrew Irvine, seorang pendaki yang meninggal pada tahun 1924 saat mencoba mencapai puncak, bersama banyak orang lain dengan tujuan yang sama.

Jika Updaters pernah memiliki kecenderungan untuk mendaki gunung, mungkin akan bertemu dengan roh Irvine atau salah satu dari sekitar 200 orang lainnya.

Kamu pasti akan menemukan tubuh pendaki yang membeku. Ya, seseorang menggambarkan pengalaman melihat semua mayat di gunung seperti berada di kamar mayat.

Salah satu kisah tragis Gunung Everest adalah mayat tak dikenal yang diyakini sebagai Tsewang Paljor, seorang pendaki India yang kehilangan nyawanya pada tahun 1996. Ia akhirnya dikenal sebagai Sepatu Bot Hijau karena warna sepatu bot yang masih ada di kakinya.

Pendaki yang menggunakan sisi utara gunung untuk ekspedisi, semua bertemu dengan Sepatu Bot Hijau dalam perjalanan ke atas. Green Boots dilaporkan hilang pada tahun 2014 tetapi ditemukan kembali pada tahun 2017.

5. Quinta Da Juncosa

Quinta da Juncosa di Penafiel, Portugal, adalah rumah pertanian tua yang diyakini menjadi tempat bersemayam Baron of Lages. Diceritakan, baron curiga dengan aktivitas istrinya dan menjadi yakin bahwa dia berselingkuh.

Sebagai hukuman, Baron memutuskan untuk mengikatnya ke seekor kuda. Dia kemudian menakuti kuda itu, menyeret istrinya ke seberang tanah dengan lari cepat untuk melarikan diri.

Istri Baron kemudian meninggal dunia akibat luka-lukanya. Namun tragisnya, Baron kemudian mengetahui bahwa istrinya sebenarnya tidak berselingkuh.

Hati Baron Hancur, sehingga memilih untuk membunuh anak-anaknya termasuk memutuskan untuk bunuh diri. Sosok Baron yang tragis dikabarkan sering terlihat di Quinta da Juncosa.

Konon, karena hati nuraninya yang bersalah membuat arwah Baron tidak bisa menyeberang ke sisi lain. Hantu sang istri pun diketahui tidak dapat menemukan ketenangan jiwanya.

4. Akershus Fortress/Benteng Akershus

Akershus Festning, dikenal sebagai Kastil Akershus, adalah benteng abad pertengahan yang dibangun sekitar tahun 1300. Ini terdiri dari ruang bawah tanah, ruang perjamuan, dan kabin dan bahkan termasuk sebuah kapel.

Benteng itu digunakan sebagai penjara di beberapa titik. Adapun Akershus terkenal sebagai tempat paling berhantu di Norwegia, yang mana memiliki tujuh bangsawan yang dimakamkan di tempat itu.

Namun, kisah anjing iblis yang menjaga tempat itulah yang paling sering mendapat perhatian publik. Dikatakan bahwa seekor anjing dikubur hidup-hidup di pintu masuk benteng untuk menjadi anjing iblis yang marah setelah akhirnya mati. Alasannya adalah anjing iblis akan melindungi area tersebut.

Anjing itu menjadi persis seperti itu, menakut-nakuti para prajurit yang menjaga benteng setiap kali kehadirannya diketahui. Beberapa pengunjung benteng di zaman modern juga melaporkan melihat hantu Mantelgeisten, seorang wanita berjubah panjang yang tidak memiliki wajah.

3. Hellingly Hospital/Rumah Sakit Neraka

Suaka Wilayah Sussex Timur dibuka pada tahun 1903 sebagai alternatif dari Rumah Sakit Panas Haywards yang penuh sesak. Itu akhirnya berganti nama menjadi Rumah Sakit Hellingly dan menjadi terkenal karena semua alasan, yaitu perlakuan yang sangat kejam terhadap pasiennya.

Mereka menjadi sasaran perawatan yang menyakitkan sekaligus dilanda wabah beberapa penyakit karena kurangnya aturan kesehatan dan keselamatan dasar. Rumah sakit itu ditinggalkan pada tahun 1994 dan segera menjadi sasaran para pemburu hantu.

Cerita yang beredar salah satunya adalah muncul langkah kaki keras yang terdengar di rumah sakit jiwa yang kosong, perasaan sakit yang tidak dapat dijelaskan, kabut aneh memenuhi kamar hingga suara tangisan dan teriakan.

Hellingly akhirnya dihancurkan sepenuhnya untuk memberi ruang bagi proyek perumahan baru.

2. The Reina Sofia Museum And The University Of Cordova/Museum Reina Sofia dan Universitas Cordova

Museum Reina Sofia di Madrid dimulai sebagai rumah sakit pada abad ke-17. Selama waktu itu, pasien dirawat oleh pengunjung gereja dan pemimpin agama.

Di zaman modern, beberapa turis melaporkan telah melihat hantu biarawati berkeliaran di aula museum, sementara yang lain mengatakan bahwa mereka mendengar suara ketika museum ini kosong.

Terkadang, elevator bergerak sendiri, tanpa ada orang di dekat tombol kontrol.

Akan tetapi, Museum ini bukan satu-satunya tempat menyeramkan di negara Spanyol. Di Universitas Cordova di Andalusia, bagian yang lebih tua dari salah satu bangunan juga dilaporkan selalu dihantui oleh sejumlah mayat hidup.

Hantu tersebut termasuk hantu wanita yang kehilangan nyawa saat melahirkan anak mereka serta guru dan hantu tentara pemarah yang mengancam akan membunuh para pengganggu.

1. Calcasieu Parish Courthouse/Gedung Pengadilan Paroki Calcasieu

Pada 28 November 1942, Toni Jo Henry menjadi satu-satunya wanita yang dieksekusi dengan kursi listrik di Louisiana. Dia telah membebaskan suaminya dari penjara, dan bersama kaki tangan lain, mereka merampok, menyiksa, dan membunuh Joseph P. Calloway.

Mereka menyembunyikan tubuhnya di tumpukan jerami di bagian timur Paroki Calcasieu, meskipun Henry akhirnya menerima hukuman mati setelah tiga persidangan.

Sebelum dieksekusi, Henry berbicara dengan suaminya untuk terakhir kalinya. Di hari terakhirnya, dia tampak periang dan hanya mengeluh ketika rambutnya dipotong.

Pengunjung dan pegawai gedung pengadilan Paroki Calcasieu yakin bahwa arwah Henry menghantui tempat itu. Mereka telah melaporkan kerusakan listrik yang tidak dapat dijelaskan, bau rambut terbakar bercampur dengan parfum murah, peralatan menyala dengan sendirinya, lampu yang berkedip-kedip hingga merasa sedang diawasi oleh seseorang.

Beberapa bahkan melaporkan kerap mendengar suara seorang wanita dari kejauhan, pintu terkunci dengan sendirinya sampai suara jeritan bergema melalui tangga.

Untuk diketahui, perilisan daftar 10 Tempat Menyeramkan di Dunia yang Tidak Ingin Kamu Kunjungi versi Listverse memiliki latar belakang cerita menarik. Yaitu bermula dari Castle of Good Hope di Cape Town yang memenjarakan para budak lebih dari 150 tahun lalu serta kisah-kisah mengerikan tentang penyiksaan dan eksekusi yang muncul.

Kemudian, petugas keamanan di kastil merasa takut untuk melakukan tugas mereka karena terus mendengar jeritan bernada tinggi, suara tanpa tubuh, dan langkah kaki hantu. Kisah-kisah mistis seperti itu membuat para peminat terus berdatangan.

Sumber: listverse.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life26 April 2024, 00:02 WIB

5 Manfaat Penerapan Pola Asuh Paralel Pada Anak, Salah Satunya Kurangi Masalah Emosional

Keberhasilan mengasuh anak secara paralel tergantung pada menjaga interaksi dengan mantan Anda seminimal mungkin. Karena pola asuh ini memiliki manfaat baik untuk anak.
Ilustrasi manfaat penerapan pola asuh paralel / Sumber Foto: Freepik/@tirachardz
Sukabumi25 April 2024, 23:51 WIB

Tersambar Petir, Rumah di Nagrak Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi. Peristiwa terjadi setelah petir menyambar rumah tersebut.
Kondisi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi akibat tersambar petir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi25 April 2024, 23:23 WIB

Hujan Deras, Banjir Rendam Jalan Raya dan Belasan Rumah di Cidahu Sukabumi

Dipicu hujan deras, jalan raya dan belasan rumah terendam banjir di Pasirdoton Cidahu Sukabumi.
Kondisi jalan raya Cidahu Sukabumi dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi