7 Tempat Glamping di Ciwidey Bandung, Ide Staycation untuk Liburan

Jumat 10 Maret 2023, 14:15 WIB
Maribaya Glamping Tent Lembang | Tempat Glamping di Bandung, Ide Staycation Dekat Sukabumi (Sumber : Instagram/@maribayaglampingtent)

Maribaya Glamping Tent Lembang | Tempat Glamping di Bandung, Ide Staycation Dekat Sukabumi (Sumber : Instagram/@maribayaglampingtent)

SUKABUMIUPDATE.com - Glamping adalah tipe liburan masa kini yang kerap menjadi favorit anak muda. Glamping dan Camping seringkali tertukar mengingat keduanya hampir sama secara konsep.

Glamping adalah singkatan dari glamour camping, yaitu opsi liburan keluarga yang berusaha menggabungkan pengalaman camping yang nyaman. Para holiday lovers, tidak perlu repot membawa peralatan camping seperti tenda, alat masak, hingga alat tidur. Tapi tetap membawa uang sewa untuk penyedia layanan.

Fasilitas glamping biasanya sudah tersedia bak layanan hotel di lokasi tertentu, sehingga bisa menikmati suasana alam dengan nyaman.

Ciwidey, Bandung terkenal dengan aneka Destinasi Wisata yang indah. Banyak pengunjung dari luar Bandung berdatangan kesini untuk berwisata, termasuk Masyarakat Sukabumi.

Dilihat dari Google Maps, Jarak dari Kota Sukabumi ke Ciwidey Bandung adalah sekitar 112km, dapat ditempuh kurang lebih 3 jam 30 menit menggunakan motor, dan sekitar empat jam jika menggunakan mobil. Ini artinya, Updaters dari Sukabumi yang ingin berwisata ke Ciwidey Bandung bisa Pulang-Pergi (PP) tanpa harus menginap.

Baca Juga: Sejarah Kerajaan Sukapura, Raden Wirawangsa dan Wangsadikusuma: Pemberontakan Dipati Ukur

Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk menghabiskan akhir pekan dengan pergi ke tempat wisata dekat Sukabumi yaitu Glamping ke Ciwidey Bandung, Updaters bisa lebih dulu menyimak artikel berikut ini!

Sebelumnya perlu diketahui, salah satu kawasan yang banyak menawarkan tempat glamping adalah Ciwidey, Bandung dengan sejumlah kawasan glamping yang memiliki fasilitas lengkap plus pemandangan alam yang indah, seperti perkebunan teh dan pegunungan.

Pengunjung wisata dapat menikmati suasana camping namun dengan fasilitas mewah seperti tempat tidur yang nyaman, kamar mandi dalam, AC dan TV. Berikut 7 rekomendasi tempat Glamping Ciwidey Bandung, dikutip via Tempo.co!

1. Glamping Lakeside Rancabali

Rekomendasi pertama Glamping Ciwidey adalah Glamping Lakeside Rancabali. Glamping Lakeside Rancabali berlokasi di Jalan Raya Ciwidey No.Km, RW.39, Situ, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung. Tempat ini buka setiap hari selama 24 jam.

Glamping Lakeside Rancabali termasuk salah satu lokasi glamping yang paling banyak dicari oleh wisatawan. Anda akan menemukan view yang cantik dan menyejukkan seperti kebun strawberry, perkebunan teh dan Danau Situ Patenggang.

Ada beberapa pilihan tipe tenda dari Glamping Lakeside Rancabali, yaitu Lakeside Tent dengan kapasitas 2 pax yang bisa diupgrade menjadi 5 pax. Dengan tambahan extra bed 3 pax (extra bed Rp 206 ribu/pax). Untuk harga Lakeside Tent dibanderol dengan Rp 1.590.000 pada weekday dan pada weekend Rp 1.830.000 serta high season di Rp 1.910.000.

Ada juga tipe tenda New Lakeside Tent yang bisa menampung 4 pax dan bisa dimaksimalkan hingga 5 pax dengan catatan menambah 1 extra bed (Rp 206.000/pax). Untuk harganya, weekday Rp 2.040.000, weekend Rp 2.350.000 dan high season Rp 2.450.000.

Selanjutnya ada tipe family tent dengan kapasitas awal 4 pax, bisa dimaksimalkan menjadi 10 pax dengan tambahan extra bed 6 pax ( Rp 206.000/pax). Tipe ini cocok untuk Anda yang ingin berkemah dengan keluarga. Harga family tent di weekday Rp 2.040.000, weekend Rp 2.350.000 dan high season Rp 2.450.000.

Keong tent juga dapat menjadi pilihan Anda dan mampu menampung dengan kapasitas 4 pax dan bisa dimaksimalkan menjadi 5 pax dengan tambahan extra bed 1 pax Rp 206.000/pax). Untuk harganya, weekday Rp 1.140.000, weekend Rp1.310.000 dan high season Rp 1.360.000.

Adapun beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Ciwidey Glamping, yaitu rafting, offroad, paintball dan lain-lainnya. Anda akan dimanjakan dengan Fasilitas Glamping Lakeside Rancabali yang mewah, salah satunya pinisi resto.

2. Glamping Ciwidey Argapuri

Tempat Glamping Ciwidey Bandung selanjutnya ada Glamping Ciwidey Argapuri. Glamping Ciwidey Argapuri yang berlokasi di Jl. Raya Gambung, Km. 6 Mekarsari, Pasirjambu, Mekarsari, Kec. Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Glamping Ciwidey Argapuri menawarkan pemandangan yang membuat hati tentram dan mata segar dengan pemandangan Kawah Putih dan Situ Cileunca.

Adapun beberapa tipe kamar dari Glamping Ciwidey Argapuri, yaitu Kabin Panorama yang bisa menampung hingga tiga orang yang terdiri dari satu kamar tidur. Tipe kamar ini pun dilengkapi dengan peralatan dapur, peralatan kamar mandi hingga balkon dengan harga mulai dari Rp 240.000.

Kamar tradisional juga bisa menjadi pilihan Anda. Dengan tipe kamar ini Anda akan mendapatkan fasilitas seperti 2 twin bed dan 1 futon twin, kamar mandi, peralatan dapur hingga air minum kemasan gelasan. Anda akan mendapatkan view pemandangan gunung yang indah dari kamar dengan harga mulai dari Rp 343.000-an.

Kabin klasik merupakan tipe kamar selanjutnya dari Ciwidey Glamping ini. Kamar ini menyediakan fasilitas 2 twin bed dan 1 futon twin, kamar mandi dalam, peralatan masak dan peralatan kebersihan.

Harganya mulai dari Rp 343.000-an. Glamping Ciwidey Argapuri memberikan fasilitas tambahan berupa Wifi di seluruh area dan area parkir yang luas.

Baca Juga: Wisata Curug di Sukabumi, Cikaso Jadi Tempat Bersemayam Prabu Siliwangi?

3. Glamping Ciwidey Legok Kondang

Glamping di Bandung lainnya yang bisa dipertimbangkan adalah Glamping Ciwidey Legok Kondang. Glamping Ciwidey Legok Kondang berlokasi di Jalan Kurunangan Lebak Muncang, Lebakmuncang, Kec. Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Glamping Ciwidey Legok Kondang menawarkan fasilitas glamping yang tidak biasa, di mana di sana tersedia swimming pool. Uniknya lagi, glamping ini membawa konsep ala Bali sehingga ketika berada di Glamping ini Anda merasa berada di Pulau Dewata.

Glamping Ciwidey Legok Kondang menyediakan beberapa jenis tipe kamar yaitu ada New Standard Tent yang dilengkapi dengan kasur ukuran king and 2 single bed, free breakfast, kopi dan teh, kamar mandi dalam dengan fasilitas kamar mandi dalam yang lengkap.

Harganya Rp 1.100.000 dan harga weekend atau libur nasional Rp 1.200.000.

New Deluxe Tent juga merupakan tipe kamar yang tersedia di sini. Fasilitas yang disediakan adalah free sarapan, kopi dan teh. Kamar ini bisa digunakan oleh 4 orang serta mendapatkan bed ekstra king dan dua single bed. Harga kamar ini adalah Rp 1.600.000-an.

Luxury Storm dapat menjadi kamar pilihan Anda juga. Sesuai dengan namanya, kamar ini menawarkan kemewahan fasilitasnya seperti tersedia jacuzzi dan fasilitas floating breakfast. Kamar ini bisa digunakan untuk 4 orang dengan harga Rp 2.700.000-an.

4. Ciwidey Valley Resort

Pilihan lainnya ada Ciwidey Valley Resort yang berlokasi di Jl. Barutunggul KM. 17 Ciwidey, Alamendah, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang tenang seperti perbukitan dan pepohonan hijau yang asri. Uniknya, Glamping Valley Resort dibuat seperti konsep ala-ala suku Indian yang khas.

Di dalam Ciwidey Valley Resort terdapat berbagai jenis tipe kamar. Jika Anda ingin menikmati sensasi menginap seperti camping, ada fasilitas Camping Ground Ciwidey. Tipe ini tersedia untuk kapasitas dua dan empat orang dengan masing-masing disediakan fasilitas free breakfast, spa dan WiFi.

5. The Lodge Maribaya

Tempat glamping satu ini kerap menjadi pilihan. Lokasinya berada di Jalan Maribaya No. 149/252 RT. 03 / RW. 15 Babakan, Gentong, Cibodas, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

The Lodge Maribaya terletak di ketinggian dari 2.000 mdpl sehingga pengunjung bisa merasakan udara sejuk. The Lodge Maribaya memiliki beberapa jenis tipe kamar, mulai dari experience tent, standard camp, fun camp dan joglo.

Tipe tenda fun camp menyediakan dua single bed queen size, peralatan mandi yang lengkap, mini bar dengan perapian serta kamar mandi yang terletak di luar. Harga tendanya Rp 800.000.

Tipe tenda joglo adalah tipe yang mirip seperti rumah serta terdapat pula kamar mandi di dalamnya. Ada juga fasilitas jacuzzi, mini bar dan teras. Untuk harga per malam mulai dari Rp 1.600.000.

Lalu ada juga dengan tipe standar camp. Tipe ini termasuk dengan tipe yang paling murah, yakni hanya berkisar Rp 800.000-san. Anda akan mendapatkan single bed dan toilet bersama.

Baca Juga: 20 Destinasi Wisata di Lembang Bandung: Dekat dari Sukabumi, Bisa PP!

6. Bubu Jungle Resort

Pilihan lain untuk glamping bersama keluarga adalah Bubu Jungle Resort. Tempat ini berlokasi di Jalan Raya Ciwidey - Rancabali Patenggang No.KM, RW.39, Lebakmuncang, Kecamatan Ciwidey, Bandung.

Glamping ini memiliki bentuk tempat yang unik. Jika ditelaah, bentuk glamping ini mirip tangkap ikan yang dibalut warna coklat bata.

Bubu Jungle Resort memiliki 4 jenis kamar, yakni camping pod 1-4, sayang manuk, bubu lauk 1-5 dan villa family. Untuk camping pod disediakan fasilitas 1 floor camping pod suitable untuk 2 orang, mini bathroom, breakfast dan meja makan engan harga sewa per malam, yaitu weekday Rp 1.500.000 dan weekend Rp 1.500.000.

Kamar tipe sayang manuk menyediakan fasilitas 1 floor cottage suitable untuk 2 orang dilengkapi dengan 1 kasur ukuran king, mini bar, meja dining dan breakfast. Harga mulai dari Rp 3.000.000 untuk hari biasa dan Rp 3.500.000 untuk hari libur.

Bubuk Lauk Jacuzzi juga menyediakan fasilitas yang mewah seperti 2 kamar mandi, 1 kasur ukuran king 2 floor cottage suitable untuk 2 orang, mini bar, free breakfast dan lainnya. Harganya Rp 3.000.000 untuk hari biasa dan Rp 3.500.000 untuk hari libur.

7. Glamping di Gunung Bangku

Rekomendasi Glamping di Bandung selanjutnya adalah Glamping di Gunung Bangku. Glamping Gunung Bangku berlokasi di Jl. Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung yang buka setiap hari.

Pemandanan yang ditawarkan oleh Glamping di Gunung Bangku adalah hamparan perkebunan teh yang asri dan luas. Uniknya, semua tempat Glamping ini didominasi oleh bahan kayu.

Rekomendasi tempat Glamping terakhir ini menawarkan jenis kamar tenda yang bisa menampung enam orang yang dilengkapi dengan 2 kasur besar, balkon, teras dan view pegunungan yang indah. Fasilitas glamping ini adalah parkir, ruang tamu dan fasilitas anak. Harga per malam mulai Rp 1.377.500.

SUMBER: TEMPO.CO | DWI LUCY SUSETIOWATI

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo