Jernihnya Kolam Gandasoli Sukabumi: Sejarah, Mitos Hingga Ditawar Pabrik Air Kemasan

Jumat 20 Januari 2023, 15:40 WIB
pemandian alam kolam gandasoli di Kabandungan Sukabumi penuh cerita dibalik sejuk dan jernihnya (Sumber: istimewa)

pemandian alam kolam gandasoli di Kabandungan Sukabumi penuh cerita dibalik sejuk dan jernihnya (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Mata air kolam gandasoli cukup terkenal di Kabandungan dan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Kolam pemandian alam ini punya air yang super jernih, segar bahkan sempat ditawar tinggi oleh pabrik air minum kemasan.

Lokasinya memang dekat perbatasan dengan Kecamatan Kalapanunggal, tepatnya di areal persawahan Desa Cianaga Kecamatan Kabandungan. Awalnya alami dengan kolam yang juga seadanya, sejak 2022 pemilik lahan membangun spot yang lebih ramah untuk wisatawan.

Kini ada sejumlah kolam yang bisa digunakan untuk berendam dan berenang, gazebo untuk nongkrong dan sejumlah fasilitas lainnya agar pengunjung nyaman. Tidak sulit mengecek kesejukan kolam mata air gandasoli, karena foto dan videonya sudah tersebar di media sosial oleh para pengunjung yang pernah datang ke lokasi ini.

Baca Juga: Roti Cane Tipar Sukabumi, Resep Warisan dari Kisah Pasar Pelita

Magnetnya tak hanya menarik wisatawan tapi juga para pengusaha. Pemandian alam gandasoli banyak didatangi pengusaha, yang ingin membeli lahan dan sumber airnya.

“Sejak viral 2022 lalu, banyak pengusaha datang mau beli lahan ini. Mereka tertarik dengan mata airnya. Ada pengusaha air kemasan, perkebunan sawit, dan lainnya bahkan perwakilan pemerintah juga ada untuk sumber air PDAM,” jelas Emad (60 tahun) pemilik mata air gandasoli kepada sukabumiupdate.com, Kamis 19 Januari 2023.

Kolam pemandian alam di mata air Gangasoli Kecamatan Kabandungan SukabumiKolam pemandian alam di mata air Gangasoli Kecamatan Kabandungan Sukabumi

Emad tidak tergoda, tetap mempertahankan lahan tersebut demi anak cucunya di masa mendatang. “Airnya sampai sekarang tak pernah kering, dan jernih. Pernah di tes lab, air yang langsung dari mata air gandasoli ini dalam kondisi tertentu bisa langsung diminum, kadar kesehatannya aman,” lanjut Emad.

Baca Juga: Serba-Serbi Tahun Baru Imlek 2023, Sejarah, Tradisi Hingga Hidangan Khas

Selain alasan demi keluarga besar, menurut Emad, gandasoli juga dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai salah satu sumber air bersih kebutuhan sehari-hari. “Ini kenapa saya tidak berniat menjual lahan yang ada mata airnya ini,” bebernya.

Sejarah dan Mitos

Mata air gandasoli yang ada di lahan milik keluarga Emad ini punya nilai sejarah dan kisah-kisah mitos. Di masa lalu, lokasi ini adalah lahan rendah atau rawa yang dikelilingi punggung perbukitan hutan belantara dengan pohon-pohon besar.

Baca Juga: Semarak Lampion dan Lilin Besar, Agenda Imlek 2023 di Vihara Widhi Sakti Sukabumi

Pada sekitar tahun 1974, saat warga membuka lahan pertanian, lokasi ini tetap tak tersentuh. Ada sebuah pohon yang dikeramatkan oleh warga tempo dulu, bahkan lanjut Emad, warga dulu tak berani masuk ke kawasan ini, dikenal angker dan sering terlihat mahluk astral.

Jernih dan segar, mata air gandasoli di Kabandungan SukabumiJernih dan segar, mata air gandasoli di Kabandungan Sukabumi

Cerita Warga lanjut Emad, pernah melihat makhluk gaib disekitar sini, sosok perempuan cantik menari sambil main air. Alhamdulillah dari tahun 1974 sampai sekarang saya belum pernah ketemu sama sosok apapun disini.”

Emad selaku pemilik lahan, awalnya ragu saat berniat membuka lahan ini, untuk pertanian. Ia kemudian memberanikan diri membersihkan lahan tersebut, menebang pohon-pohon besar, hingga akhirnya menemukan sejumlah titik mata air yang cukup deras dan jernih.

Baca Juga: Long Weekend! Ini 8 Rekomendasi Hotel di Sukabumi untuk Liburan Imlek 2023

“Air rawa itu ternyata berasal dari titik-titik mata air di bawah pohon-pohon besar itu,” beber Emad.

Saking derasnya, Emad kemudian membuat kubangan untuk menampung air yang keluar tanah. Kubangan ini kemudian membesar, seiring dengan semakin banyaknya warga setempat yang menggunakan untuk sumber air bersih bagi kebutuhan sehari-hari.

Perlahan kesan angkernya menghilang, seiring dengan lokasi mata air gandasoli makin bersih dan terawat. Pada akhir 2015, Emad dan keluarga mulai menata lokasi ini, dari yang tadinya kubangan, menjadi kolam batu hingga dibeton seperti saat ini.

Baca Juga: Cuti Bersama Imlek 2023: Apakah 23 Januari Jadi Tanggal Merah? Simak Informasinya di Sini

Banyak mitos yang beredar terkait air gandasoli. Pertama air disini disebut tidak pernah kering, bahkan saat kemarau air yang keluar malah bertambah.

Selanjutnya, banyak pengunjung yang datang tak hanya rekreasi tapi juga punya tujuan kesehatan dan lainnya. “Banyak yang sengaja datang untuk berobat, dengan mandi dan berendam air gandasoli, untuk menghilangkan penyakit, sejak dulu banyak yang datang untuk tujuan kecantikan, enteng jodoh dan lain-lain,” lanjut Emad.

“Kalau mitos dan kepercayaan mengenai tempat ini adalah, bagi mereka yang mempercayainya. Ada yang memiliki riwayat penyakit kulit sudah bertahun-tahun, kemudian mandi disini Alhamdulillah sembuh, ada juga yang gagal nikah mandi disini, terus dapat jodoh, ya itu sih kehendak yang maha kuasa,” sambungnya.

Reporter: Khoerul Rohman (Magang)

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 06:00 WIB

6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja!

Berikut ini buah-buahan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - 6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja! (Sumber : pexels.com/Melike A.)
Science29 Maret 2024, 05:30 WIB

Sedia Payung! Prakiraan Cuaca Jabar 29 Maret 2024 Didominasi Hujan Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)