Jelang Tahun Baru 2023, Enam Pantai di Selatan Sukabumi Diserbu Wisatawan

Senin 26 Desember 2022, 10:25 WIB
Suasana di Pantai RTH Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 25 Desember 2022. | Foto: Istimewa

Suasana di Pantai RTH Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 25 Desember 2022. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Pada libur Natal 2022, kunjungan wisatawan ke sejumlah wisata pantai di kawasan Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) Kabupaten Sukabumi meningkat hingga 30 persen dari hari libur biasa.

"Kunjungan wisatawan libur Natal 2022 meningkat sekitar 25 sampai 30 persen untuk wilayah timur dan barat, didominasi wisatawan lokal," ujar Koordinator Wilayah Barat Balawista Kabupaten Sukabumi Dani Supirman, Minggu, 25 Desember 2022.

Berdasarkan laporan dari petugas Balawista Kabupaten Sukabumi yang berjaga di 27 pos pengamanan pantai, kata Dani, peningkatan tersebut sudah terjadi sejak H-1 Natal pada Sabtu, 24 Desember 2022.

Baca Juga: Mancing Mania di Pantai Cibuaya Sukabumi, Spot Berburu Ikan saat Libur Nataru

Dani mengatakan objek wisata pantai yang mengalami kenaikan jumlah pengunjung signifikan atau tembus hingga 200 orang lebih dalam satu hari adalah Pantai Palangpang, Ujunggenteng, Cibuaya, RTH Citepus, Istiqomah, dan Karanghawu.

Dani menyebut peningkatan wisatawan diprediksi masih akan terjadi hingga menjelang malam tahun baru 2023. "Belajar dari pengalaman, biasanya kalau tahun baru puncak peningkatan jumlah pengunjung di H-1 sebelum tahun baru," kata dia.

Adapun upaya meminimalisir kecelakaan laut, kata Dani, Balawista bersama Satpol Airud Polres Sukabumi dan Dinas Pariwisata, sudah menyebar ratusan spanduk imbauan agar wisatawan tak berenang di laut, juga bendera penanda kerawanan ombak di pesisir pantai.

Baca Juga: Selain Pantai, Ini 3 Rekomendasi Tempat Berburu Sunset di Sukabumi!

Menurut Dani, imbauan kepada wisatawan berkaitan juga dengan kondisi cuaca saat ini yang memang sedang kurang bersahabat.

"Air pasang cukup besar, peringatan dari BMKG gelombang tinggi. Kami sudah imbau untuk tidak berenang atau beraktivitas di air, termasuk dari Polair Polres Sukabumi dan Dinas Pariwisata sudah memberikan spanduk larangan berenang di setiap titik, setiap pos sudah terpasang, termasuk di kantor Balawista," ujarnya.

"Bendera alhamdulillah baru sampai dari Dinas (Pariwisata), didistribusikannya mulai 26 Desember 2022. Kami distribusikan di lapangan di setiap pos," imbuh Dani.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi23 April 2024, 18:38 WIB

Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengatakan akan membantu mengkomunikasikan kondisi kedua siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi yang punya inisiatif membantu orangtuanya keliling berjualan gorengan.
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang
Sehat23 April 2024, 18:30 WIB

Atasi Asam Urat dengan Pengobatan Rumahan, 7 Cara Ini Bisa Anda Coba Lakukan

Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat.
Ilustrasi minum air putih - Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi23 April 2024, 18:18 WIB

Drainase Tersumbat, Banjir Cileuncang Sempat Rendam Jalan Raya Sukaraja Sukabumi

Kapolsek Sukaraja Sukabumi Kompol Dedi Suryadi mengatakan bahwa peristiwa banjir cileuncang ini sepengetahuannya baru pertama kali terjadi.
Kondisi ruas jalan raya Sukaraja Sukabumi tepatnya di depan RSU Hermina pada  Selasa (23/4/2024) siang. (Sumber : Istimewa)
Life23 April 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan: Ujian, Rezeki, Pekerjaan Insya Allah Lancar

Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan.
Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan. | Foto : Pixabay
Sukabumi23 April 2024, 17:56 WIB

Bahas Persepsi Indikator Korupsi dengan KPK, Wabup Sukabumi: Kejar MCP 2024

Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2023 dengan KPK RI secara Virtual di Pendopo SUkabumi, Selasa 24 April 2024
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengikuti acara Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Wilayah II, Diseminasi Pedoman Monitoring Centre for Prevention (MCP) Tahun 2024 (Sumber: dokpim kabupaten sukabumi)
Keuangan23 April 2024, 17:56 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Terus Dorong Perusahaan Tingkatkan Kualitas Pelayanan

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi terus mendorong perusahaan meningkatkan kualitas pelayanannya. Salah satunya dengan mengingatkan perusahaan mengenai pentingnya mematuhi tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi saat melakukan kegiatan sosialisasi kepatuhan tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan | Foto : Ist
Life23 April 2024, 17:30 WIB

Tidak Menghormati Batasan! 10 Sikap yang Membuatmu Tidak Disukai Orang Lain

Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah.
Ilustrasi - Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah. (Sumber : Freepik.com/@ user15285612)
Musik23 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu The Tortured Poets Department Taylor Swift

Lagu The Tortured Poets Department Taylor Swift bercerita tentang kisah sudut pandang seseorang tentang hubungan percintaannya dengan pasangannya meski mereka kerap sekali membuat masalah hingga bertengkar.
Cover Klip Lagu The Tortured Poets Departement Taylor Swift. Sumber: Youtube.com/@Taylor Swift
Sukabumi23 April 2024, 16:56 WIB

Rumah Jebol Terkena Luapan Drainase, Sekeluarga di Nagrak Sukabumi Mengungsi

Peristiwa rumah warga Nagrak Sukabumi jebol akibat terkena luapan drainase ini terjadi pada Senin 22 April 2024 malam.
Kondisi rumah warga Nagrak Sukabumi yang jebol akibat luapan drainase. (Sumber : P2BK Nagrak)
Life23 April 2024, 16:30 WIB

7 Cara Komunikasi yang Baik dengan Pasangan Agar Tidak Mudah Salah Paham

Artikel ini akan membahas beberapa tips praktis untuk meningkatkan komunikasi dengan pasangan. Dengan menerapkan strategi ini, Anda dapat menciptakan hubungan yang lebih erat dan saling mendukung dengan pasangan.
Ilustrasi. Pasangan sedang mengobrol sambil traveling. Sumber Foto : Pixabay/justmrd77