Tempat Niis Para Sepuh, Cerita Pantai Pulau Keris di Geopark Ciletuh Sukabumi

Jumat 15 Juli 2022, 20:16 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pantai Pulau Keris yang berada perbatasan Desa Sidamulya, Kecamatan Ciemas dan Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi menyimpan banyak cerita dan keindahan. Kekinian situs batuan purba di pantai ini masuk dalam zona inti dari kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi.

Sejak dulu warga setempat menyebutnya pantai pulau keris walaupun tidak berada di pulau khusus, hanya tanjung  atau daratan karang bebatuan yang menjorok ke laut. Kawasan ini memang punya bebatuan purba yang unik serta bentangan pantai pasir putih yang menyejukkan mata. 

Suasana pantainya masih sangat rindang, masuk kawasan pesisir taman margasatwa Cikepuh. Banyak pepohonan rindang untuk menikmati deburan ombak selatan Indonesia saat menghantam deretan karang batu keris.

Akses memang menjadi tantangan untuk menuju pantai yang satu ini. hanya bisa dilalui lewat darat dengan susur pantai, atau lewat laut menggunakan perahu. 

Jalur darat melalui Kampung Cigelang, Desa Gunungbatu, menyusuri hutan dan sungai diluar kawasan TM Cikepuh. Atau jalan kaki dari Pantai Pasir Putih Pangumbahan, terus menyusuri pantai. 

Paling mudah tentu menyewa perahu nelayan yaitu dari Pantai  Ujunggenteng, Desa Ujunggenteng, atau dari Pantai Palangpang, serta Pantai Cikadal, Kecamatan Ciemas.

photoPantai pulau keris di perbatasan Ciracap dan Ciemas, zona inti kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi. - (istimewa)</span

"Saya berjalan kaki dari Pasir Putih Pantai Pangumbahan, sama  seorang tamu dari Jakarta, alumni UI yang ingin tahu lokasi kawasan Pantai Cikepuh, yang satu hamparan dengan Pulau Keris," ucap Ustad Solehudin warga Pangumbahan menceritakan pengalamannya soal pantai pulau keris kepada sukabumiupdate.com, Kamis 14 Juli 2022.

Ia berangkat Kamis 14 Juli 2022, sekitar pukul 10.00 WIB, dan sampai di lokasi sekitar pukul 16.30 WIB. "Kami sengaja berangkat siang, dengan tujuan untuk menginap semalam di pantai Pulau Keris."

Solehudin yang merupakan pimpinan Yayasan Sri Manggala Nusantara, (pendidikan sosial dan budaya) tak henti-hentinya menyebut kebesaran allah yang telah menciptakan bebatuan di kawasan pantai tersebut. "Ada sebuah karang timbul menyerupai keris dengan luk sembilan yang memanjang ke arah laut kurang lebih sekitar 2500 meter. Itu luar biasa kekuasaan allah," ungkapnya.

Sembilan dalam luk Pulau Keris memiliki filosofi tersendiri lanjut Solehudin, yakni orang terdahulu atau para sesepuh datang untuk niis atau menenangkan batin sembari meneguhkan kekuasaan allah. 

Baca Juga :

"Alumni Universitas Indonesia dengan jurusan Metalurgi dan Material yang tertarik berlibur menikmati kondisi alam di wilayah tersebut. Saya mengantarnya saat itu," lanjut Solehudin.

"Bagi saya perjalanan ini napak tilas, orang tua dan sesepuh sering niis di lokasi ini," pungkas Solehudin yang menyempatkan membawa peralatan mancing saat ke lokasi pantai pulau keris, karena memang jadi salah spot mancing daratan oleh warga setempat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Keuangan06 Mei 2024, 13:32 WIB

Terbaru Sepatu Bata! Pabrik-pabrik Bangkrut, Tumbang Dihantam Kerugian

Setelah banyak pabrik bangkrut termasuk di Sukabumi, terbaru produsen alas kaki, PT Sepatu Bata Tbk industri, menutup pabriknya yang berada di Purwakarta Jawa Barat.
Ragam produk sepatu BATA (Sumber: istimewa/akun ig BATA)
Life06 Mei 2024, 13:30 WIB

Beri Ruang Untuk Emosi Mereka, 7 Cara Mendisiplinkan Anak di Depan Umum

Mendisiplinkan anak di luar rumah bisa membuat stres. Namun kuncinya adalah tetap berpegang pada teknik disiplin yang biasa dilakukan dan tetap memperhatikan tujuan jangka panjang.
Ilustrasi. Mendisiplinkan anak di depan umum dengan memberikan ruang emosi. Sumber : pexels.com/@Scott Webb
Life06 Mei 2024, 13:13 WIB

Ini 7 Strategi Disiplin untuk Anak Penderita ADHD yang Bisa Diterapkan

Anak dengan penderita ADHD memerlukan perhatian khusus, bahkan dalam hal disiplin sekalipun.
Ilustrasi strategi disiplin anak ADHD. | Foto: Pexels.com/@RDNE Stock Project
Sehat06 Mei 2024, 13:00 WIB

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Bagi Asam Lambung (GERD), Bikin Gejala Memburuk!

Beberapa makanan dan minuman dilarang dan sebaiknya dihindari bagi penderita asam lambung.
Ilsutrasi Makanan Pedas - Beberapa makanan dan minuman dilarang dan sebaiknya dihindari bagi penderita asam lambung. | Foto: Freepik (Sumber : Freepik)
Life06 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Sikap Orang Tua yang Bisa Membuat Anak Berperilaku Buruk

Ada beberapa hal yang jarang orang tua sadari bahwa anak-anak peniru yang ulung, baik itu perilaku baik maupun perilaku buruk.
Ilustrasi. Hindari perilaku buruk agar anak tidak meniru. Sumber : pexels.com/@Gustavo Fring
Keuangan06 Mei 2024, 12:25 WIB

Harga Beras Bulog Naik! Cek Harga Eceran Terbaru per Wilayah, Termasuk Sukabumi

Per 1 Mei 2024 pemerintah menaikan harga eceran beras bulog.
Beras SPHP Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan untuk operasi pasar (Sumber: perum bulog)
Bola06 Mei 2024, 12:00 WIB

Persib Belum Pernah Menang Lawan Bali United Sejak 2017, Alberto: Fakta yang Aneh!

Alberto Rodriguez yakin catatan Persib akan berubah positif kala bertemu Bali United di Championship Series.
Alberto Rodriguez yakin catatan Persib akan berubah positif kala bertemu Bali United di Championship Series. (Sumber : Instagram/@albertorguezmartin)
Jawa Barat06 Mei 2024, 11:46 WIB

Membahas Peran Perda 5/2021 Jabar, M Jaenudin Bicara Perlindungan Masyarakat

Ketua Fraksi PDIP DPRD Jabar ini meminta pemerintah harus menjamin warganya untuk merasa tentram, tertib dan terlindungi berdasarkan norma-norma yang berlaku di masyarakat.
Anggota DPRD Jawa Barat, Muhammad Jaenudin, S.Ag., MH. melaksanakan Kegiatan Penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) Tahun Anggaran 2023/2024 di Aula Resto King Raos Cibolang Cibatu Cisaat Sukabumi (Sumber: doktim/baim)
Sukabumi06 Mei 2024, 11:45 WIB

Jualan di Jalan Ahmad Yani, Gas LPG PKL Bandel di Kota Sukabumi Disita Petugas

Beberapa PKL dinilai bandel karena menempatkan gerobak di badan jalan.
Petugas Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi saat menyita gas tiga kilogram (LPG) milik PKL yang berjualan di Jalan Ahmad Yani, Jumat, 3 Mei 2024. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Life06 Mei 2024, 11:30 WIB

5 Kesalahan Orang Tua Penyebab Anak Sulit Disiplin Saat Dewasa

5 Kesalahan Orang Tua Penyebab Anak Sulit Disiplin Saat Dewasa
Ilustrasi. Kesalahan orang tua penyebab anak sulit disiplin. Sumber foto : Pexels/Karolina Grabowska