13 Fakta Film Oppenheimer: Kisah Penemu Bom Atom Senjata Penghancur Massal

Kamis 20 Juli 2023, 09:00 WIB
13 Fakta Film Oppenheimer: Kisah Penemu Bom Atom Senjata Penghancur Massal (Sumber : Istimewa)

13 Fakta Film Oppenheimer: Kisah Penemu Bom Atom Senjata Penghancur Massal (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Film Oppenheimer menjadi salah satu film yang banyak dibicarakan di media sosial sebelum penayangan resminya di di bioskop pada 19 Juli 2023 kemarin.

Film yang mengangkat cerita tentang penemu bom atom ini disutradarai oleh Christopher Nolan. Yang mana diketahui bahwa  dirinya merupakan salah satu sutradara dengan karya yang luar biasa, seperti The Dark Knight Trilogy, Interstellar, Inception, dan Memento.

Selain itu, film Oppenheimer juga dibintangi oleh sederet aktor dan aktris papan atas Hollywood yang bahkan lima diantaranya pemenang piala Oscar.

Baca Juga: Terjemahan Lagu Car’s Outside - James Arthur, yang Lagi Viral di TikTok

Nah, penasaran kan sebenarnya seseru apa sih film Oppenheimer ini? Untuk mengetahuinya lebih baik kamu simak beberapa faktanya di bawah ini, seperti menghimpun dari Suara.com.

Sinopsis Film Oppenheimer, Dibintangi Robert Downey Segera Tayang di Bioskop!

1. Sinopsis Film Oppenhaimer

Film ini mengisahkan tentang seorang ilmuwan fisika teoretis bernama J. Robert Oppenheimer

Dia adalah seorang ahli fisika yang berasal dari New York, Amerika Serikat. Oppenheimer lahir pada 22 April 1904, dan merupakan mahasiswa lulusan Harvard, Cambridge, dan Goettingen. 

Baca Juga: Terjemahan Lagu Anaheim Niki Zefanya yang Lagi Populer di TikTok, Bikin Galau

Di dalam film ini, Oppenheimer akan disibukkan dengan penyusunan sebuah proyek Manhattan bersama dengan manajer Laboratorium Los Alamos. 

Proyek yang tengah mereka susun itu berguna untuk menciptakan bom atom yang bisa digunakan sebagai sebuah senjata penghancur massal. 

2. Film Pertama Christopher Nolan dan Universal Pictures

Oppenheimer menjadi film pertama Christopher Nolan usai dikabarkan keluar dari Warner Bros. Christopher sendiri telah dikenal dengan sederet karyanya, seperti Memento, The Dark Knight Trilogy, Inception, hingga Interstellar.

3. Dibintangi Lima Pemenang Piala Oscar

Selain memilih Cillian Murphy sebagai pemeran utama, Christopher Nolan juga menggaet para bintang peraih Piala Oscar. 

Mereka adalah Matt Damon, Casey Affleck, Rami Malek, Kenneth Branagh, dan Gary Oldman. Bertabur bintang, film ini juga menampilkan Robert Downey Jr, Florence Pugh, dan Emily Blunt.

4. Cillian Murphy Tertekan selama Syuting

Pemeran Oppenheimer, Cillian Murphy juga mengaku sempat tertekan saat memerankan tokoh tersebut. Ia bahkan sempat mengasingkan diri hingga disebut dingin oleh aktor lawan mainnya.

5. Habiskan Dana Produksi Fantastis

Jika dilihat dari sederet pemainnya, tidak heran jika film Oppenheimer menghabiskan dana yang tidak sedikit. Biaya produksi film ini diperkirakan mencapai 100 Juta USD atau setara dengan Rp1,4 triliun.

6. Diadaptasi dari Buku

Cerita film Oppenheimer ini diangkat dari sebuah buku karya Martin Sherwin dan Kai Bird. pemenang Pulitzer Price berjudul American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer.

7. Kolaborasi Kesekian Cillian Murphy dengan Christopher Nolan

Cillian Murphy diketahui sudah beberapa kali bekerja sama dengan sutradara Christopher Nolan. Oppenheimer menjadi kolaborasi keenam bagi keduanya.

8. Tayang Bareng Barbie The Movie

Di bulan Juli 2023 ini, para penikmat layar lebar dimanjakan dengan sederet film yang ada. Bahkan Oppenheimer dan Barbie The Movie bakal tayang di waktu bersamaan, lho.

9. Tanpa Efek CGI

Berlatar tahun 90-an, film Oppenheimer sama sekali tidak menggunakan efek CGI. Selain itu, filmnya juga bakal menampilkan latar hitam putih dan berwarna yang memiliki makna tersendiri.

10. Libatkan Istri sebagai Produser

Fakta film Oppenheimer lain yang tak kalah menarik adalah terlibatnya Emma Thomas sebagai produser. Buat yang belum tahu, Emma Thomas sendiri merupakan istri dari Christopher Nolan.

11. Durasi Sangat Panjang

Film ini memiliki durasi yang cukup panjang yakni 3 jam 9 detik. Artinya, film ini menjadi karya Christopher Nolan dengan durasi terpanjang.

Film Christopher Nolan terpanjang sebelumnya dipegang oleh Interstellar, dengan durasi sepanjang 2 jam 49 menit.

12. Bukan Karya Hitam Putih Biasa

Film yang berlatar masa lampau ini membuat Christopher Nolan bereksplorasi. Nolan menggunakan grading hitam putih dan merepresentasikan sesuatu. Gagasan yang diangkat yakni perspektif sejarah yang tidak dipengaruhi opini maupun emosi.

13. Ending yang Kompleks

Adapun fakta menarik lainnya tentang Oppenheimer adalah film ini hadir dengan ending yang mirip dengan film Nolan yang berjudul Inception.

Oppenheimer akan mengangkat pandangan nihilistik. Masyarakat pun menilai ada kaitan antara ending Inception dan Oppenheimer.

Nah, itulah fakta film Oppenheimer yang telah dinantikan para pecinta film Hollywood. Makin penasaran kan sama filmnya? Buruan nonton.

Baca Juga: Terjemahan Lagu Snow On The Beach Taylor Swift ft Lana Del Rey

Sumber: Suara.com (Nur Khasanah) | (Annisa Fianni Sisma)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)
Sukabumi18 Mei 2024, 17:48 WIB

Dijanjikan Kerja ke Malaysia Lewat Facebook, Tujuh Orang Malah Telantar di Sukabumi

Pelaku beralasan akan menyimpan mobil dan meminta korban menunggu di bandara.
Kondisi para korban yang telantar di rumah warga di Kampung Cihaur, Desa Ridogalih, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life18 Mei 2024, 17:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Ala Nabi Muhammad SAW yang Sangat Dianjurkan bagi Orang Tua

Mendidik anak seperti dalam anjuran Nabi Muhammad SAW tentu akan menjadi rekomendasi bagi para orang tua selama mengasuh.
Ilustrasi - Mendidik anak ala Nabi Muhammad SAW yang perlu diketahui semua orang tau. (Sumber : Pexels.com/cottonbro studio).
Life18 Mei 2024, 17:00 WIB

6 Golongan Orang yang Bakal Terjebak Hidup Miskin Selamanya, Apa Kamu Termasuk?

Beberapa golongan orang yang sering melakukan kebiasaan buruk akan berpotensi terjebak hidup miskin seumur hidup.
Ilustrasi - Golongan orang yang berpotensi hidup miskin selamanya. (Sumber : Pexels.com/Yura Forrat).
Life18 Mei 2024, 16:30 WIB

Tidak Mudah Dikenali, Ini 7 Alasan Anak Menangis yang Perlu Orang Tua Ketahui

Air mata seorang anak yang lebih besar bisa jadi lebih sulit untuk diuraikan daripada ratapan yang Anda pelajari dengan cermat pada fase bayi.
Ilustrasi - Ada beberapa alasan anak mengapa menangis. (Sumber : pexels.com/@Yan Krukau).
Sukabumi18 Mei 2024, 16:29 WIB

Kunjungi Cecep, Kusmana Apresiasi Konten Warga Sukabumi Bersihkan Toilet Masjid

Pemerintah Kota Sukabumi mengapresiasi aksi Muhammad Cecep Abdullah.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengunjungi Cecep (26 tahun) di rumahnya di Jalan Tipar Gang Amarta 2 RT 05/06 Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin