Sinopsis Film Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji, Pesugihan dalam Mitos Jawa

Selasa 04 April 2023, 12:45 WIB
Poster Film | Sinopsis Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji, Pesugihan dalam Mitos Jawa (Sumber : Istimewa)

Poster Film | Sinopsis Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji, Pesugihan dalam Mitos Jawa (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Alur cerita film horor biasanya melibatkan tema-tema kematian, supranatural atau penyakit mental. Ini karena sifat genre film horor yang berusaha memancing emosi penontonnya berupa ketakutan, kengerian, histeris hingga rasa jijik.

Salah satu film horor Indonesia yang sukses menarik perhatian publik adalah Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji. Bagaimana tidak, sorotan Mitos Jawa dalam film horor satu ini menyajikan cerita pesugihan menyembah Iblis Kajiman.

Sukses membuat penonton penasaran, poster teaser Film Kajiman berhasil menarik rasa ingin tahu lebih dalam tentang Sinopsisnya. Poster Film Kajiman sendiri menghadirkan sosok menyeramkan berambut panjang dan berlidah panjang.

Baca Juga: 3 Kesaktian Abah Anom vs Kapten Congkak, Sakti Mandraguna Bak Mukjizat!

Maka dari itu, yuk simak Sinopsis Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji tentang Pesugihan dalam Mitos Jawa, dikutip via Suara.com!

Sinopsis Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji, Cerita pesugihan dalam Mitos Jawa

Film Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji berkisah tentang perawat bernama Asha yang baru kehilangan sang ibunda. Ibu Asha meninggal dunia karena sakit.

Kehilangan satu-satunya orang yang dimiliki membuat Asha sulit menerima takdirnya itu. Sembari berusaha menerima kenyataan, Asha bekerja di home care untuk pasien lanjut usia.

Pasien Asha bernama Ismail yang dikatakan menderita penyakit misterius. Sejak merawat Ismail, Asha mulai dihantui teror hingga kerap mendengar bisikan suara mendiang sang ibunda.

Asha lantas meminta bantuan temannya yang bernama Rama. Namun seiring berjalannya waktu, Asha dan Rama justru terjebak ritual sesat pengikut Kajiman.

Sebagai informasi, Kajiman merupakan iblis yang disembah untuk pesugihan. Mantra berbahasa Jawa digunakan untuk menjalani pesugihan dengan menyembah Kajiman.

Konon, hanya weton istimewa yang dapat mengalahkan Kajiman. Lantas bagaimana Asha dan Rama menyelamatkan diri dari Kajiman dan ritual sesat tersebut?

Daftar Pemain Film Kajiman

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Aghniny Haque dan Jourdy Pranata akan menjadi pemeran utama dalam Film Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji. Aghniny Haque berperan sebagai Asha, sedangkan Rama dibintangi Jourdy Pranata.

Baca Juga: Penjelasan Ustadz Abdul Somad Tentang Pahala Membaca Alquran Pakai HP

Selain Aghniny Haque dan Jourdy Pranata, Film Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji juga akan dibintangi Tio Pakusodewo sebagai Ismail. Ada pula aktor asal Malaysia, Iedil Putra yang perannya dalam Film Kajiman belum diungkap.

Fakta Menarik Film Kajiman

Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji menghadirkan Adriyanto Dewo sebagai sutradara. Adriyanto Dewo sendiri diketahui pernah mengarahkan film-film keren seperti Tabula Rasa (2014) dan Mudik (2019).

Sedangkan posisi produser diduduki Perlita Desiani bersama Visionari Capital dan Relate Films sebagai rumah produksi. Film Kajiman menjadi menarik karena mengangkat makhluk gaib dari mitologi tanah Jawa.

Unsur tradisi dalam kebudayaan Jawa seperti primbon dan weton akan dihadirkan selain kengerian yang sudah menjanjikan dari teaser poster Film Kajiman sebelumnya.

Baca Juga: Link Nonton Sajadah Panjang: Sujud dalam Doa, Ceritakan Masalah Keluarga

Seperti diketahui, film horor kini semakin menggeliat dan menjadi genre favorit penonton. Meskipun dahulu cerita mistis yang dikemas oleh akting pemain film horor selalu dipandang sebelah mata.

Bahkan salah satu sutradara tersohor tanah air, Joko Anwar, menyebut bahwa film horor Indonesia memiliki banyak kelebihan yang bisa dieksplorasi oleh para sineas. Indonesia dengan ragam jenis hantunya bisa dikembangkan dalam cerita film dan berpotensi mendunia!

Film Kajiman rencananya akan rilis pada 18 Mei 2023 di Bioskop. Film Kajiman: Iblis Terkejam Penagih Janji akan disajikan dengan menggandeng Aghniny Haque dan Jourdy Pranata sebagai bintangnya.

Sumber: Suara.com/Neressa Prahastiwi

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich
Life02 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Yuk Lakukan Sederet Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah Berikut Agar Bisa Nyenyak di Malam Hari.
Ilustrasi. Tidak Nyenyak. Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/IvanOboleninov)
Sukabumi02 Mei 2024, 19:59 WIB

Polisi Ungkap Alasan Tak Autopsi Mayat Wanita yang Ditemukan di Sungai Cicatih Sukabumi

Mayat wanita setengah telanjang, berinisal EKS (25 tahun), warga Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, yang ditemukan meninggal dunia di Sungai Cicatih tidak dilakukan autopsi
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi02 Mei 2024, 19:44 WIB

Mimpi Ketua DPRD, Kabupaten Sukabumi Jadi Pertahanan Pangan hingga Tujuan Wisata

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara mengatakan dirinya punya mimpi bahwa Kabupaten Sukabumi kedepan harus menjadi (lokasi) pertahanan pangan nasional.
Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara | Foto: Dok. SU
Sehat02 Mei 2024, 19:30 WIB

3 Penyebab Utama Asam Urat yang Sering Dianggap Sepele, Tiba-tiba Sakit!

Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah.
Ilustrasi - Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi02 Mei 2024, 19:18 WIB

Hardiknas 2024, Bupati Bicara Pendidikan Karakter dan Kewajiban Ikuti Pramuka di Sukabumi

Pembina upacara Hardiknas 2024, Bupati Sukabumi Marwan Hamami soroti soal pentingnya pendidikan karakter dan kewajiban mengikuti gerakan pramuka.
Bupati Sukabumi saat menjadi pembina upacara dalam peringatan Hardiknas tahun 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)