Novel Karya Siswi SMAN 1 Cibadak Ini Sudah Terjual 1.000 Eksemplar, Simak Kisahnya!

Kamis 17 September 2020, 12:12 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ini cerita Zahra Vita (16 tahun) siswi kelas XI IPA 5, SMA Negeri 1 Cibadak yang berhasil menjual 1000 eksemplar novel karyanya. Geovano adalah judul dari novel karya Zahra, yang sudah beredar di pasaran dengan harga Rp 99.000 per eksemplarnya.

Zahra merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Awalnya ia mulai menulis novel hanya untuk menuangkan hobinya menulis di aplikasi Wattpadd, dan ia tak pernah menduga tulisnya yang diunggah di aplikasi itu dibaca orang banyak. 

"Awalnya nulis biasa, ternyata dalam waktu beberapa bulan bisa mencapai 500.000 pembaca sampai ada lima penerbit menawarkan untuk mencetak untuk bisa dijual di toko buku," ujarnya saat diwawancarai sukabumiupdate.com, di SMAN 1 Cibadak, Kamis (17/9/2020).

BACA JUGA: Bahagianya Latifa, Paskibraka Pembawa Baki Bendera Merah Putih Asal SMAN 1 Cibadak

Perempuan penyuka warna pink ini sempat menolak beberapa tawaran dari penerbit itu, karena ia merasa belum mampu dengan penawaran yang diberikan.

Namun setelah pembaca novel Geovano menginjak 10 juta pembaca, ia mengaku baru mendapatkan tawaran dari salah satu perusahaan penerbit yang berada di daerah Bekasi. 

"Baru saya tanda tangan kontrak dan saat ini sudah lebih 1.000 buku terjual. Dan sekarang pembacanya di Wattpadd ada di angka 20 juta," katanya lagi.

Kepala SMAN 1 Cibadak, Mumuh yang menerima buku berjudul Genovano dari penulisnya, Zahra Vita. | Foto: Syahrul Himawan

Zahra menjelaskan, karyanya itu bercerita tentang kisah persahabatan dan percintaan di masa SMA. Di aplikasi tersebut novelnya selalu berada pada posisi rating tertinggi. Saat ini ia tengah menyelesaikan novel kedua yang berjudul Sun dan sudah dibaca 400 orang di aplikasi itu. "Jadi ketika nulis itu harus dalam mood yang baik, karena kalo enggak bakal gagal, feel-nya juga kurang," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Cibadak, Mumuh mengaku sangat bangga dengan prestasi yang ditonjolkan muridnya ketika masa pandemi ini. Dengan terbitnya buku tersebut membuktikan bahwa siswa tetap berkreativitas meski belajar dari rumah.

"Semoga timbul Zahra-zahra yang lain. Kami juga akan fasilitasi siswa yang hobi menulis seperti menyediakan laptop dan ruangannya," singkat Mumuh.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 19:45 WIB

Daftar ke PPP, Deden Deni Berpeluang Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin secara resmi mendaftarkan diri ke Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC PPP) untuk maju di Pilkada Kabupaten Sukabumi, Senin (20/5/2024).
Deden Deni Wahyudin (Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi mendaftar calon bupati / wakil bupati di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sehat20 Mei 2024, 19:30 WIB

Cegah Penyakit Gula Darah, 7 Manfaat Luar Biasa Jambu Biji yang Jarang Diketahui

Jambu Biji adalah buah yang kaya nutrisi dan menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh.
Ilustrasi - Jambu Biji adalah buah yang kaya nutrisi dan menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. (Sumber : pexels.com/@Margo White)
Life20 Mei 2024, 19:00 WIB

8 Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, Apa Kamu Memilikinya?

Mengubah pola pikir dan kebiasaan yang telah terbentuk selama bertahun-tahun membutuhkan usaha yang besar. Ilmu tenang ini termasuk belajar untuk berpikir positif, mengatasi pikiran negatif, dan membangun rutinitas yang menenangkan.
Ilustrasi. Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, (Sumber : Pexels.com/WouterdeJong)
Sehat20 Mei 2024, 18:45 WIB

7 Buah dan Sayuran Kuning Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol, Kaya Vitamin B12

Buah dan Sayuran yang berwarna kuning ternya bsia membantu menurunkan kolesterol tinggi. Karena kaya akan vitamin B12 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh
Ilustrasi buah dan sayur kuning kaya akan vitamin B12 yang mampu turunkan kolesterol (Sumber : Freepik.com)
Arena20 Mei 2024, 18:31 WIB

Wabup Iyos Lepas 151 Kontingen Sukabumi di Popwilda Jabar 2024

Lepas 151 kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024, ini pesan Wabup Iyos Somantri.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat melepas kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sehat20 Mei 2024, 18:30 WIB

3 Ciri Kolesterol Tinggi yang Terlihat di Mata, Segera Periksa Jika Mengetahuinya

Seseorang yang menderita kolesterol tinggi bisa terlihat dari perubahan warna atau sesuatu di dalam matanya. Setelah mengetahui ciri tersebut alangkah baiknya segera menemui dokter untuk diperiksa lebih lanjut
Ilustrasi ciri kolesterol tinggi ini pada mata yang perlu diketahui dan segera diperiksa ke dokter (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sehat20 Mei 2024, 18:15 WIB

5 Makanan Ini Ramah Untuk Diabetes, Bantu Kontrol Gula Darah Secara Alami

Bagi penderita diabetes pasti ketakutan untuk mengkonsumsi gula. Tapi tidak perlu khawatir, karena da beberapa makana yang ramah untuk diabetes dan bantu mengontrol gula darah secara alami
Ilustrasi makanan ramah untuk penderita diabetes bisa kontrol gula darah secara alami (Sumber : Freepik.com)
Life20 Mei 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Selamat dalam Perjalanan, Amalkan Saat Hendak Pergi Keluar Rumah

Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas.
Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas. (Sumber : Freepik.com /@fanjianhua)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 17:50 WIB

Poros Dwikora Usung Fikri Abdul Aziz Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi: Paket Komplit

Secara terang-terangan poros dwikora mengusung Fikri Abdul Azis di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, mereka berharap Fikri Abdul Aziz bisa bersanding menjadi wakil bupati mendampingi Asep Japar sebagai calon bupati.
Vega Sukma Yuda selaku juru bicara poros Dwikora saat diwawancarai awak media. Senin (20/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
DPRD Kab. Sukabumi20 Mei 2024, 17:49 WIB

Kaji Raperda Rencana Pembangunan Industri, DPRD Sukabumi Konsultasi ke Biro Hukum Pemprov Jabar

Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi kunjungan kerja ke Biro Hukum Pemprov Jabar. Konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri 2024-2044.
Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi saat konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri ke Biro Hukum Pemprov Jabar. (Sumber : Istimewa)