Raynette Gandoeng, Mahasiswi Sukabumi di Tim Paduan Suara HUT RI 74 di Istana Negara

Senin 19 Agustus 2019, 13:26 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Siapa sangka, Raynette Grace Gandoeng, salah seorang mahasiswi asal Sukabumi berhasil lolos menjadi anggota tim paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara 2019. Paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara (GBN) merupakan tim paduan suara dan orkestra yang tampil dalam upacara HUT Kemerdekaan Indonesia di Istana Negara.

BACA JUGA: Bahagianya Latifa, Paskibraka Pembawa Baki Bendera Merah Putih Asal SMAN 1 Cibadak

Perempuan berusia 21 tahun ini berhasil lolos menjadi perwakilan Jawa Barat, setelah sebelumnya mengikuti audisi di wilayah 1 Depok, pertengahan Juni lalu. Sang ibunda, Hera Savira menuturkan, anaknya tersebut menjadi orang kedua yang berhasil lolos menjadi bagian dari tim GBN ini, setelah tahun sebelumnya ada Alvin dari SMAN 3 Kota Sukabumi yang juga masuk menjadi bagian dari GBN 2018.

"Tahapan seleksi awal itu diambil tingkat wilayah. Tahun ini di Jawa Barat ada dua wilayah yang melakukan seleksi, yaitu wilayah 1 di Depok, dan wilayah 2 di Garut. Calon peserta dapat mengikuti di dua wilayah itu, tapi ketika masuk tetap membawa daerahnya masing-masing sesuai domisili. Anak saya ikut yang di Depok. Audisi di Depok kalau tidak salah dilaksanakan 15 Juni, diikuti oleh lebih dari 50 orang," ungkap Hera kepada sukabumiupdate.com, Senin (19/8/2019).

BACA JUGA: Si Cantik Pembawa Baki Bendera Pusaka Upacara HUT ke 73 RI di Kota Sukabumi

Hera melanjutkan, dari 50 peserta yang mengikuti audisi Depok, diambillah 25 orang untuk masuk di tingkat Jawa Barat, digabung dengan 25 orang dari hasil audisi di Garut, sehingga di tingkat Jabar ada 50 orang.

"Pelaksanaan di Jabar pertengahan Juli. Dari 50 orang di Jabar, hanya diambil empat orang untuk masuk, yaitu jenis suara sopran dari Subang, Tenor dari Kuningan, Bass dari Cimahi, dan Alto dari Sukabumi. Total tim nasional 136 orang dari 34 Provinsi," papar Hera.

BACA JUGA: Syahla Putri, Siswi SMAN 2 Kota Sukabumi Pembawa Baki Bendera di Lapang Gasibu

Sementara itu, saat diwawancarai, Raynette menyebut sudah empat kali tampil di acara kenegaraan, yaitu konser perdana di Kemendikbud pada 15 Agustus, Sidang Paripurna MPR RI 16 Agustus, Upacara 17 Agustus di Istana di Negara, dan tampil dalam undangan di Mahkamah Konstitusi pada tanggal 18 Agustus.

"Tentu sangat senang sekali karena saya bisa bergabung di event nasional yang hanya bisa diikuti satu kali seumur hidup. Tapi kalau anggota orkes bisa tiga kali," ungkap Raynette.

Mahasiswa Prodi Kebidanan semester V di Stikesmi ini menuturkan, ia dan timnya menyanyikan 18 lagu pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI 17, dimana pada lagu terakhir ia tak kuasa menahan tangis bahagianya.

BACA JUGA: Hebat, Dua Pelajar SLB Ini Jadi Tamu Kehormatan di Acara HUT RI ke-74 Kota Sukabumi

"Terakhir itu membawakan medley lagu kedaerahan. Tapi karena saya juga kuliah di kebidanan maka cita-cita saya ingin membangun rumah sakit, tapi tidak meninggalkan dunia musik ini. Intinya harus terus punya mimpi," pungkas Raynette.

Raynette merupakan anak pertama dari tiga bersaudara pasangan Hera Savira dan Gandoeng Soegiarno. Ia adalah warga Jalan Bhayangkara Nomor 80 Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Raynette sendiri telah menggeluti dunia musik sejak ia kecil, dimana langsung diajarkan dan dilatih oleh ibunya sendiri.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Keuangan02 Mei 2024, 16:30 WIB

Hindari 5 Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya

Yuk Hindari Sekarang! Inilah Sederet Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya
Ilustrasi. Belanja berlebihan. | Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya. (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Bola02 Mei 2024, 16:28 WIB

Malam Ini, Nobar Pila AFC U-23 Indonesia VS Irak di Halaman Mapolres Kota Sukabumi

Perebutan juara ketiga yang mempertemukan antara Indonesia dengan Irak itu akan digelar hari ini pada Kamis (02/5) sekira pukul 22:30 WIB, malam.
Nonton bareng pertandingan Piala AFC U-23 Indonesia vs Irak di Halaman Maporles Kota Sukabumi | Foto : Ist
Entertainment02 Mei 2024, 16:00 WIB

Rizky Febian dan Mahalini Dikabarkan Bakal Menikah Secara Adat di Bali Pada 5 Mei

Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024.
Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024. (Sumber : Instagram/@rfasmusic)
Life02 Mei 2024, 15:23 WIB

6 Sikap yang Membuat Anda Sulit Dipercaya Orang Lain di Masyarakat

Beberapa sikap dalam hidup rupanya berpengaruh terhadap penilaian orang lain, salah satunya menjadi patokan apakah dipercaya apa tidak di mata orang
Sikap yang membuat orang sulit dipercaya | Foto : Pexels/Liza Summer
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Bejat, Gadis 13 Tahun Digilir 8 Remaja di Kosan Usai Dicekok Miras di Sukabumi

Berawal dari status di media sosial, gadis dibawah umur berinisial R (13 tahun) warga Salabintana, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, menjadi korban pencabulan dan digilir delapan orang.
Ilustrasi, Gadis inisial R (13 tahun) asal Selabintana menjadi korban pencabulan 8 remaja di kosan di Cicantayan Kabupaten Sukabumi | Foto: : Freepik/raybon
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Pernah Jadi Korban, Pengakuan Pembunuh dan Pelaku Sodomi Bocah SD di Sukabumi

Polisi akan memeriksa secara medis kejiwaan S dan wilayah lubang anusnya.
(Foto Ilustrasi) Terduga pelaku pembunuhan dan sodomi di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, berinisial S (14 tahun), mengaku pernah menjadi korban. | Foto: Pixabay
Inspirasi02 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Barista, Minimal Lulusan SMA/SMK

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Barista, Minimal Lulusan SMA/SMK (Sumber : pexels.com/Wendy Wei)
Sukabumi02 Mei 2024, 14:50 WIB

Lewat E-Lapor, Empat Aduan Diterima Pemkot Sukabumi Selama April 2024

Keempat aduan ini paling banyak disampaikan untuk DPUTR Kota Sukabumi.
(Foto Ilustrasi) Pemkot Sukabumi melalui Diskominfo mencatat selama April 2024 empat aduan masuk ke E-Lapor. | Foto: Istimewa
Sukabumi02 Mei 2024, 14:37 WIB

Hardiknas, Pemkot Sukabumi: Momentum Melanjutkan Gerakan Merdeka Belajar

Hardiknas yang diisi penampilan kesenian para pelajar merupakan bukti tingkat pendidikan di Kota Sukabumi sudah cukup baik.
Disdikbud Kota Sukabumi pada Kamis (2/5/2024) menggelar Upacara Peringatan Hardiknas Tingkat Kota Sukabumi di Lapang Merdeka. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Life02 Mei 2024, 14:35 WIB

7 Cara Mendidik Anak agar Hidup Hemat Sampai Dewasa, Yuk Terapkan!

Mendidik anak agar hidup hemat harus terus dilakukan oleh orang tua. Sebab hal ini membantunya bisa pandai dalam mengelola keuangan di masa depan
Cara mendidik anak hidup hemat | Foto : Pexels/Annushka Ahuja