Pak Kasur Lahir Bulan Juli, Soerjono Sang Pendidik dan Musisi Legendaris

Sabtu 29 Juli 2023, 13:00 WIB
Soerjono Lahir Bulan Juli, Pak Kasur Sang Pendidik dan Komposer Legendaris (Sumber : Instagram/@infokalteng dan @wami.id)

Soerjono Lahir Bulan Juli, Pak Kasur Sang Pendidik dan Komposer Legendaris (Sumber : Instagram/@infokalteng dan @wami.id)

SUKABUMIUPDATE.com - Soerjono atau biasa dipanggil Pak Kasur adalah seorang tokoh pendidikan Indonesia. Tokoh yang akrab dipanggil Pak Kasur itu lahir di bulan Juli, 111 tahun lalu, tepatnya 26 Juli 1912 dan wafat pada 26 Juni 1992.

Selain sebagai tokoh pendidikan, Pak Kasur juga menjadi sosok yang tak terlupakan dalam sejarah musik Indonesia.

Pak Kasur merupakan pendidik dan komposer yang mengubah lagu anak-anak populer seperti Dua Mataku, Kebunku, Naik Delman dan Bangun.

Baca Juga: 7 Ciri Seseorang Punya Mental Kuat, Optimis dan Tenang

Kecintaan Pak Kasur pada dunia pendidikan anak-anak tidak hanya menjadikannya seorang penulis lagu. Bahkan menjadi lagu turun temurun orang tua kepada anak cucunya. Namun seringkali kita lupa siapa penciptanya, ia adalah Pak Kasur.

Nama “Kasur” dipilih oleh Pak Kasur, yang diambil dari kata “Kak Soer”, nama panggilan yang ia terima dari teman-temannya di gerakan pramuka, atau pramuka. Seiring berjalannya waktu, nama “Kasur” atau Pak “Kasur” semakin populer di masyarakat.  

Mari Mengenang Soerjono, Sosok Pak Kasur Salah Satu Tokoh Pendidik sekaligus Komposer Legendaris Indonesia, dikutip via Tempo.co!

Profil Pak Kasur

Pak Kasur memiliki nama asli Soerjono. Ia adalah anak bungsu dari delapan bersaudara yang lahir di Purbalingga, Jawa Tengah. Semasa sekolah di HIS (SD) dan MULO (Sekolah Menengah Pertama), teman-teman Pak Kasur memanggilnya Susur dan dikenal sebagai Kak Soer.

Baca Juga: 9 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Impulsif dan Emosian

Setelah lulus dari MULO, Pak Kasur berhenti sekolah dan bekerja sebagai guru pendamping di sekolah Ardjoena di Yogyakarta. Namun, guru lain mengirim Pak Kasur ke HIK atau sekolah guru karena melihat potensi Pak Kasur

Hobi Pak Kasur adalah bercanda, sehingga teman-teman dan anak-anaknya senang berada di dekatnya. Ia juga pandai bola, boneka, menari dan menyanyi, dan terlibat dalam gerakan Pramuka, sekarang dikenal sebagai Pramuka.

Pak Kasur meninggal dunia pada 26 Juni 1992 di usia 79 tahun. Ia mendapatkan penghargaan khusus kategori Pencipta Lagu Anak Legendaris, Penghargaan Siaran Ramah Anak KPI 2018.  

Peran Pak Kasur di Dunia Pendidikan

Pak Kasur bersentuhan dengan dunia pendidikan anak setelah lulus dari sekolah pendidikan guru Hollandsch Inlandsche Kweekschool (LIA) di Gunungsar, Bandung pada tahun 1937. Saat itu, Pak Kasur membuka taman kanak-kanak dan taman kanak-kanak.

Baca Juga: 10 Tips Tampil Cantik Setelah Bangun Tidur, Bikin Pasangan Jatuh Cinta

Sebagai seorang guru, Pak Kasur dikenal supel dan ceria, serta banyak menekankan pesan pengajaran melalui nyanyian kepada murid-muridnya. Lagu-lagunya antara lain Naik Delman, Bangun, Sepedaku, Kebunku, Balonku, Potong Bebek Angsa dan lain-lain. 

Ada sekitar 140 lagu ciptaan Pak Kasur. Pak Kasur pernah mempresentasikan ide pedagogis ini yang terinspirasi dari pendidikan anak Belanda. Salah satu konsep pedagogik yang ia perkenalkan di Indonesia adalah membiarkan anak melakukan kegiatan mandiri sesuai dengan idenya.

Mengikuti GNFI, Pak Kasur mulai membawakan acara anak-anak di Radio Republik Indonesia (RRI) setelah Indonesia merdeka dan ini berlanjut hingga era televisi. Kemudian, Pak Kasur dan istrinya, Bu Kasur tampil di TVRI pada 1962. 

Baca Juga: 9 Ciri Orang Punya Dua Kepribadian, Bingung Identitas Sendiri

Meskipun telah meninggal lebih dari setengah abad yang lalu, karya-karyanya tetap dikenang dan dinikmati oleh generasi muda maupun tua.

Soerjono dikenal sebagai musisi berbakat yang telah menginspirasi banyak orang dengan kreativitas dan dedikasinya terhadap seni musik.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 00:01 WIB

Bayi Baru Lahir Ditemukan Menangis di Semak-semak Gegerkan Warga Gunungguruh Sukabumi

Berawal dari suara tangis, Warga Gunungguruh Sukabumi temukan bayi baru lahir berlumuran darah di semak-semak.
Penemuan bayi laki-laki baru lahir di Gunungguruh Sukabumi. Ditemukan menangis di semak-semak kebun. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)