9 Ciri Orang Punya Dua Kepribadian, Bingung Identitas Sendiri

Senin 24 Juli 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi. Ciri Orang Punya Dua Kepribadian, Bingung Identitas Sendiri (Sumber : pixabay.com/@GerdAltmann)

Ilustrasi. Ciri Orang Punya Dua Kepribadian, Bingung Identitas Sendiri (Sumber : pixabay.com/@GerdAltmann)

SUKABUMIUPDATE.com - Kepribadian ganda atau gangguan identitas disosiatif, adalah kondisi ketika individu memiliki dua atau lebih identitas atau kepribadian yang berbeda. Meski ada dua jenis, kepribadian ini ada dalam diri satu orang. 

Kondisi seseorang memiliki kepribadian lebih dari satu termasuk salah satu gangguan mental yang jarang terjadi. Gangguan identitas disosiatif menunjukkan adanya disosiasi atau ketidaksesuaian hubungan antara pikiran, ingatan, lingkungan, tindakan, serta identitas diri.

Melansir pkk.uma.ac.id, orang dengan kepribadian ganda kerap tidak menyadari bahwa mereka memiliki gangguan psikologis disosiatif. Padahal, jika dibiarkan, masalah psikologis ini dapat memicu pikiran untuk bunuh diri.

Baca Juga: Mengenal Kepribadian Ganda: Gangguan Identitas Disosiatif, Kelainan Mental?

Maka dari itu penting mengetahui ciri-ciri orang dengan kepribadian ganda, agar penanganan dapat diberikan segera.

Ciri-Ciri Kepribadian Ganda

1. Marah tanpa alasan jelas

Kondisi ini disebabkan oleh kemarahan kepribadian lain dalam diri karena dinilai tidak mampu menyelesaikan masalah.

Akan tetapi, kemarahan juga bisa muncul dari situasi sebaliknya. Misalnya, orang asli DID tidak menyukai kepribadian lain yang mencoba bertindak negatif.

Agitasi yang terjadi di dalam diri Anda tampak seperti kemarahan tanpa alasan yang jelas bagi orang lain.

2. Hilang ingatan atau Amnesia

Salah satu ciri utama DID adalah kehilangan ingatan atau amnesia yang melibatkan periode waktu yang signifikan. Orang dengan DID mungkin tidak ingat apa yang terjadi selama periode saat 'kepribadian lain' mengambil alih.

Artinya, seseorang dengan kepribadian ganda biasanya tidak ingat ketika tubuh dan pikiran diambil alih oleh kepribadian lain. Tingkat amnesia pada kepribadian ganda dibagi menjadi empat kategori berikut.

  • Localized amnesia: tidak bisa mengingat kejadian untuk sementara waktu.
  • Selective amnesia: tidak dapat menjelaskan kejadian secara rinci.
  • Generalized amnesia: kesulitan untuk mengingat detail semua momen dalam hidup.
  • Systematised amnesia: tidak dapat mengingat objek atau subjek tertentu.

3. Perubahan identitas dan kepribadian

Orang dengan DID memiliki dua atau lebih identitas atau kepribadian yang berbeda.

Setiap identitas ini memiliki pola pemikiran, perasaan, dan perilaku yang unik. Kabar buruknya, dua kepribadian tersebut dapat berubah sangat drastis dan mendadak.

4. Persepsi diri yang terfragmentasi

Individu dengan DID sering mengalami perasaan fragmentasi atau tidak utuh sebagai diri mereka sendiri. Mereka mungkin merasa seperti potongan-potongan dari diri mereka yang berbeda-beda.

5. Peralihan kepribadian

Perpindahan antara satu kepribadian ke kepribadian lain seringkali disebut sebagai "peralihan kepribadian." Proses ini bisa spontan, didorong oleh stres, atau dipicu oleh situasi atau peristiwa tertentu.

Berdasarkan Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders V, orang dengan kepribadian ganda biasanya mengalami derealisasi dan depersonalisasi. Derealisasi membuat seseorang merasa bahwa lingkungannya tidak nyata, sedangkan depersonalisasi adalah perasaan seolah-olah jiwa terlepas dari tubuh.

Baca Juga: Mengenal Ambivert, Tipe Kepribadian Diantara Introvert dan Ekstrovert

Depersonalisasi membuat seseorang merasa seperti melihat diri sendiri dari luar tubuh. Ditambah dengan derealisasi, seseorang mungkin merasa seolah-olah kehilangan kendali atas diri sendiri.

6. Gangguan fungsi sosial, pekerjaan, atau sekolah

Perubahan kepribadian yang drastis dan amnesia yang terjadi pada individu dengan DID dapat menyebabkan gangguan dalam fungsi sosial, pekerjaan, atau sekolah.

Beberapa orang dengan kepribadian ganda juga kerap mengalami halusinasi. Dilansir dari American Association for Marriage and Family Therapy, halusinasi membuat seseroang merasa seperti mendengar bisikan di kepala. Peristiwa munculnya suara-suara tersebut dapat memengaruhi perilaku, sehingga secara tidak sadar dapat bertindak sesuai dengan suara yang muncul.

7. Riwayat trauma atau pelecehan

Kebanyakan individu dengan DID memiliki riwayat trauma fisik, seksual, atau emosional yang berat, terutama yang terjadi pada masa kanak-kanak. Kondisi ini sering dianggap sebagai bentuk perlindungan diri terhadap pengalaman traumatis.

8. Bingung tentang identitas pribadi

Orang dengan DID sering mengalami kebingungan tentang identitas pribadi mereka. Mereka mungkin merasa tidak mengenal diri mereka sendiri atau merasa seperti orang yang berbeda dalam situasi yang berbeda.

9. Perubahan suasana hati

Beberapa individu dengan DID mungkin menemukan bukti fisik dari perubahan kepribadian, seperti catatan tulisan tangan yang berbeda atau barang-barang yang hilang.

Selain itu, perubahan suasana hati yang tiba-tiba juga dapat menjadi ciri orang dengan kepribadian ganda. Perubahan suasana hati orang dengan dua kepribadian yaitu bisa tiba-tiba senang, padahal sebelumnya sangat sedih.

Alasan di balik perubahan suasana hati ini pun tidak jelas. Dampaknya yaitu dapat mengganggu kesehatan mental, aktivitas sehari-hari dan hubungan dengan orang lain.

Baca Juga: 13 Cara Memperbaiki Mental Breakdown, Yuk, Kenali Tanda Gangguan Kecemasan!

Seperti diketahui, penyebab utama orang memiliki kepribadian ganda atau gangguan disosiatif yaitu trauma masa lalu. Seperti trauma masa anak-anak, penyiksaan fisik, pelecehan seksual, kecemasan yang luar biasa akibat munculnya ingatan menyakitkan. 

Trauma yang mendalam membuat seseorang tidak kuat dan akhirnya membentuk kepribadian lain dengan tujuan agar bisa lari dari luka trauma tersebut.

Kepribadian ganda sering terjadi sebagai mekanisme bertahan dari trauma yang berat atau stres yang luar biasa, terutama yang terjadi pada masa kanak-kanak.

Penting untuk diingat bahwa diagnosis dan penanganan gangguan disosiatif identitas (DID) harus dilakukan oleh profesional kesehatan mental yang berpengalaman. Hal ini karena ciri-ciri kepribadian ganda bisa berbeda pada setiap penderitanya.

Sumber: pkk.uma.ac.id

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat13 Juni 2024, 08:00 WIB

8 Daging Jeroan Ini Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat, Jangan Dimakan?

Jeroan mengandung kadar purin yang sangat tinggi. Purin adalah senyawa yang, ketika dipecah oleh tubuh, menghasilkan asam urat.
Ilustrasi. Contoh Daging Jeroan yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat, Jangan Dimakan? (Sumber : Freepik/@Racool_studio)
Life13 Juni 2024, 07:00 WIB

Lebih Percaya Diri, Ini 13 Ciri Anak Memiliki Mental Kuat Secara Psikologis!

Mental yang kuat secara psikologis sangat penting untuk perkembangan anak ke depannya dan membantu mereka menghadapi berbagai tantangan hidup dengan lebih baik.
Ilustrasi Anak yang psikologisnya matang. (Sumber : Pexels.com/@RDNEstockproject)
Sukabumi13 Juni 2024, 06:26 WIB

Warga Tewas Tersambar Petir Di Ciemas Sukabumi, Alami Luka Di Wajah Seperti Terbakar

Pihak kepolisian mengatakan dari keterangan para saksi bahwa saat kejadian kondisi cuaca hujan gerimis disertai petir, diketahui korban sedang duduk diatas Bale - bale bambu sambil main Hp, diduga sedang teleponan
Kapolsek Ciemas saat mengunjungi ruma duka korban tewas tersambar petir di pantai Palangpang Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi13 Juni 2024, 06:02 WIB

2 Warga Tewas, Polisi Akan Selidiki Kasus Dugaan Keracunan Massal di Sagaranten Sukabumi

Kepolisian Resort Sukabumi akan melakukan penyelidikan terkait kasus keracunan massal yang menewaskan dua orang di Kampung Cimanggir, Desa Pasangrahan, Kecamatan Sagaranten.
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo | Foto : Ilyas Supendi
Food & Travel13 Juni 2024, 06:00 WIB

8 Resep Menu Makan Ramah Gula Darah untuk Penderita Diabetes: Sarapan hingga Camilan

Menu-menu yang ramah untuk penderita diabetes ini dirancang untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan memberikan energi yang tahan lama sepanjang hari.
Ilustrasi. 8 Resep Menu Makan Ramah Gula Darah untuk Penderita Diabetes: Sarapan hingga Camilan (Sumber : Pexels/JennaHamra)
Science13 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 13 Juni 2024, Siang Hari Berpotensi Turun Hujan

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dimana sebagian besar wilayah berpotensi hujan saat siang.
Ilustrasi.Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dimana sebagian besar wilayah berpotensi hujan saat siang.  | Foto: Pixabay/adege
Sukabumi13 Juni 2024, 01:54 WIB

Korban Cabul Pensiunan BUMN di Sukabumi Bertambah Jadi 3 Orang Anak

Polisi mengabarkan bahwa korban pencabulan pria pensiunan BUMN di Sukabumi bertambah jadi tiga orang anak.
(Foto Ilustrasi) Tiga anak jadi korban cabul pria pensiunan BUMN di Sukabumi. | Foto: Pixabay
Sukabumi12 Juni 2024, 23:45 WIB

Diduga Bunuh Diri, IRT di Nyalindung Sukabumi Ditemukan Tergantung di Pohon Melinjo

Seorang ibu rumah tangga inisial ST (35 tahun) warga Desa Wangunreja, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi ditemukan tewas tergantung di pohon Melinjo, Selasa (11/6/2024).
Proses evakuasi korban oleh petugas Kepolisian Polsek Nyalindung Mapolres Sukabumi pada Selasa (11/6/2024) | Foto Asep Awaludin
Sukabumi12 Juni 2024, 23:13 WIB

Tingkatkan Kualitas SDM: Perumdam Tirta Jaya Mandiri Sukabumi Gelar Pelatihan

Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi menggelar Pelatihan Peningkatan Kinerja bagi Kepala Urusan Teknik dan Kepala Urusan Administrasi di Gedung Pertemuan Ibu Ratu, Jalan Garuda Baros, Sukabumi, pada Selasa, 11 Juni 2024
Pelantihan peningkatan SDM Perumdam Tirta Jaya Mandiri Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
DPRD Kab. Sukabumi12 Juni 2024, 22:39 WIB

Tragedi Kedua Kecelakaan Kerja di Sukabumi, DPRD Tekankan Pentingnya Pengawasan K3

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar, menyoroti peran dan tanggungjawab Dinas Tenaga Kerja dan Pengawas Ketenagakerjaan
Hera Iskandar, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi