Profil Iwan Budianto, Kandidat yang Menolak Kontestasi Calon Wakil Ketua PSSI 2023-2027

Rabu 18 Januari 2023, 09:00 WIB
Iwan Budianto, Kandidat yang Menolak Kontestasi Calon Wakil Ketua PSSI 2023-2027 (Sumber : Instagram/@pengamatsepakbola)

Iwan Budianto, Kandidat yang Menolak Kontestasi Calon Wakil Ketua PSSI 2023-2027 (Sumber : Instagram/@pengamatsepakbola)

SUKABUMIUPDATE.com - Iwan Budianto sekaligus CEO Arema FC saat ini merupakan Wakil Ketua Umum PSSI era Mochamad Iriawan.

Bukan soal tragedi kanjuruhan, kali ini nama Iwan Budianto kembali ramai diperbincangkan usai dirinya menolak keras untuk ikut serta dalam kontestasi Calon Wakil Ketua PSSI 2023-2027.

Berdasarkan catatan redaksi sukabumiupdate.com sebelumnya, berikut Profil Iwan Budianto yang dicalonkan dalam Kontestasi Calon Wakil Ketua PSSI 2023-2027.

Profil Iwan Budianto

Iwan Budianto lahir di Malang, pada 24 Januari 1974. Ia memperistri Ni Putu Evi Shinta Dewi dan dikaruniai dua orang putri. Mereka adalah Laksmi Arista Vyanda dan Laras Carissa Devinta yang menikah dengan striker Arema FC, Muhammad Rafli.

Baca Juga: Siapa yang Bakal Terpilih? Daftar Lengkap Calon Ketum, Waketum dan Exco PSSI 2023-2027

Pendidikan dari Iwan Budianto sendiri tidak diketahui secara rinci, namun menurut sumber, ia merupakan lulusan Universitas Kediri. Sementara karirnya dalam kepengurusan klub sepak bola di tanah air sudah memiliki jam terbang yang cukup banyak.

Iwan tercatat pernah dipercaya menangani klub Persik Kediri. Dalam kepemimpinannya sebagai manajer, Persik Kediri meraih dua gelar. Kini namanya pun kembali dikaitkan dengan kehadiran Muhammad Rafli di tubuh Timnas Indonesia senior.

Iwan juga kerap menjadi CEO Pelita Jaya dan Arema FC sejak tahun 2015. Namun, pada 2021, ia memberi jabatan Presiden Direktur (Presdir) Arema itu kepada Gilang Widya Pramana atau yang biasa dikenal dengan nama Juragan 99. Ini membuatnya menjadi CEO non-aktif.

Kendati begitu, dilihat dari akta perusahaan PT Arema Aremania Bersatu Berprestasi Indonesia di Ditjen AHU Kemenkumham per Mei 2022, Iwan Budianto memiliki saham 3.750 lembar saham atau senilai Rp3.750.000.000 di klub berjuluk Singo Edan tersebut. Dalam akta itu pula Iwan Budianto masih tertulis sebagai direktur utama.

Iwan diketahui juga menjabat sebagai wakil ketua PSSI menggantikan Joko Driyono yang saat itu diangkat sebagai PLT Ketua Umum pada acara kongres di Bali, Desember 2018.

Iwan Budianto resmi terpilih sebagai Wakil Ketua Umum atau Waketum PSSI mendampingi Mochamad Iriawan atau Iwan Bule periode 2019-2023. Dalam karirnya, ia juga sempat ditunjuk menjadi Ketua Panitia Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia.

Baca Juga: Ratu Tisha Maju Jadi Calon Waketum PSSI Periode 2023-2027, Ini Profilnya

Sebelumnya diketahui bahwa Iwan Budianto yang kerap dipanggil IB ini merasa gusar ketika namanya masuk menjadi daftar Calon Wakil Ketua PSSI periode 2023-2027.

Dilansir dari bola.com, data tersebut diperoleh dari hasil rekapitulasi Komite Pemilihan (KP) per Selasa (17/1/2023) pagi WIB.

Iwan Budianto kemudian merespon hasil tersebut dengan menuliskan surat kepada KP di hari yang sama dan diunggah di akun instagram pribadinya @iwanbudianto74.

IB bahkan menggunakan huruf kapital dan penebalan huruf memakai warna hitam untuk menegaskan bahwa dirinya menolak menjadi kandidat Wakil Ketua PSSI.

Isi Surat Iwan Budianto kepada Komite Pemilihan (KP) PSSI

"Pertama-tama, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota PSSI yang telah mengusulkan nama saya dalam pencalonan Exco PSSI 2023-2027," tulis Iwan Budianto dalam suratnya.

Sebagaimana yang telah saya sampaikan pada pernyataan saya sebelumnya, bahwa saya TIDAK BERSEDIA dan TIDAK AKAN mengajukan diri baik sebagai Ketua, Wakil Ketua, dan anggota Exco PSSI.

Bersama surat ini, saya meminta kepada KP untuk MENGHAPUS nama saya dari daftar Bakal Calon Komite Eksekutif PSSI 2023-2027" tulis IB dalam akun instagram pribadinya @iwanbudianto74, dikutip Rabu (18/1/2023).

Baca Juga: Erick Thohir Resmi Nyalon Ketum PSSI, Didampingi Raffi Ahmad hingga Kaesang

Pada 15 Januari 2023 lalu bertepatan dengan Kongres Biasa PSSI di Jakarta, Iwan Budianto telah menyatakan mundur dan menolak dicalonkan kembali menjadi Exco PSSI. IB juga memutuskan untuk kembali menjadi direksi di tim Singo Edan, Arema FC.

Sementara itu, Amir Burhannudin selaku Ketua KP menjelaskan setiap anggota PSSI yang totalnya mencapai 900-an mempunyai hak untuk mengajukan siapa pun sebagai Ketua, Wakil Ketua, dan anggota Exco PSSI.

Hingga kini, Data KP mencatat ada lima Calon Ketua, 20 Wakil Ketua, dan 83 anggota Exco PSSI.

Sumber : berbagai sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat19 Maret 2024, 18:30 WIB

Tak bikin Gula Darah Naik, 9 Cara Mengurangi Efek Negatif Makanan dan Minuman Manis

Berikut ini cara mengurangi efek negatif makanan dan minuman manis bagi penderita gula darah agar tidak mengakibatkan lonjakan gula darah
Ilustrasi - Tak bikin Gula Darah Naik, 9 Cara Mengurangi Efek Negatif Makanan dan Minuman Manis(Sumber : Istimewa)
Nasional19 Maret 2024, 18:14 WIB

Dewan Pers Minta Menteri Bahlil Berikan Hak Jawab kepada Tempo

Dewan Pers menilai secara prosedural liputan “Tentakel Nikel Menteri Bahlil” Tempo tak melanggar Kode Etik Jurnalistik.
Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi diminta Dewan Pers berikan hak jawab terkait pemberitaan Tempo soal kebijakan pencabutan izin usaha pertambangan. (Sumber Foto : Instagram/@bahlillahadalia)
Life19 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Puasa Ramadan Hari ke-8 dan 9, Tingkatkan Keimanan di Bulan yang Suci

Berikut ini adalah doa puasa Ramadan hari kedelapan dan kesembilan yang bisa diamalkan
Ilustrasi - Doa Puasa Ramadan Hari ke-8 dan 9, Tingkatkan Keimanan di Bulan yang Suci (Sumber : Freepik/Sketchepedia)
Life19 Maret 2024, 17:45 WIB

Co-Parenting! 10 Tanda Hubungan Pengasuhan Bersama yang Sehat dan Efektif

Orang tua yang sudah berpisah umumnya akan saling egois dan tidak ingin mendengar pendapat yang lain. Namun sekali lagi anak-anak adalah hal yang utama. Maka dari itu cobalah untuk tetap akur dan terapkan Co-Parenting.
Ilustrasi. Penerapan pengasuhan bersama atau Co-Parenting/Sumber : Freepik/@Lifestylememory
Sehat19 Maret 2024, 17:30 WIB

Demi Mengurangi Frekuensi Serangan Asam Urat, Lakukan 5 Tips Ini Agar Tidak Kambuh

Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba.
Ilustrasi - Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba. (Sumber : Freepik.com/@prostooleh).
Sukabumi19 Maret 2024, 17:28 WIB

Spot Berburu Takjil Murah di Dekat Stasiun Parungkuda Sukabumi, Aneka Gorengan hingga Cilor

Kawasan Stasiun Parungkuda Sukabumi selalu ramai dan menjadi target pemburu takjil murah meriah untuk berbuka puasa di Sukabumi Utara.
Warga berburu Takjil murah meriah di Dekat Stasiun Parungkuda Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Mobil19 Maret 2024, 17:15 WIB

Mudik Lebaran Pake Mobil Pribadi? Ini 9 Hal yang Harus Disiapkan

Berikut ini beberapa persiapan mudik lebaran menggunakan mobil pribadi agar lancar di perjalanan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa persiapan mudik lebaran menggunakan mobil pribadi agar lancar di perjalanan (Sumber : Freepik/DC Studio)
Sukabumi19 Maret 2024, 17:14 WIB

Pemkab Sukabumi dan ASITA Bahas Kolaborasi Kembangkan Pariwisata Daerah

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman meminta kolaborasi yang luar biasa ASITA terkait pengembangan pariwisata daerah.
Sekda Ade didampingi Plt Kadispar Jujun Juaeni saat menerima kunjungan jajaran DPC ASITA Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
KATA WARGANET19 Maret 2024, 17:04 WIB

KPID Sumut: Judicial Review Masa Jabatan KPI Demi Pembenahan Sistem Ketatanegaraan

Ketua KPID Sumatera Utara Anggia Ramadhan menegaskan permohonan judicial review ke Mahkamah Konstitusi ihwal perpanjangan masa jabatan KPI dari 3 tahun menjadi 5 tahun bukanlah ego sektoral yang bermotif ekonomi.
Ketua KPID Sumatera Utara Anggia Ramadhan | Foto : Ist
Musik19 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Kita Bikin Romantis Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos

Intip Lirik Lagu Kita Bikin Romantis Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos dan Sering Dijadikan Backsound Video Bucin!
Video Klip Lagu Kita Bikin Romantis Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos. Sumber: YouTube/MALIQ & D'Essentials