TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Mainnya dengan Golok Hingga Ular, Mengenal Gadis Pemain Debus Asal Nagrak Sukabumi

Gadis asal Nagrak Kabupaten Sukabumi biasa menampilkan aksi-aksi ekstrem khas debus.

Penulis
Rabu 30 Nov 2022, 12:50 WIB

Alya Ariani, gadis pemain debus asal Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Alya Ariani menarik perhatian karena aksinya sebagai pemain debus. Saat tampil di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi, pada Minggu, 6 November 2022, gadis berusia 18 tahun itu menampilkan aksi ekstrem khas debus.

Dorongan yang kuat berkecimpung dalam hal-hal yang terkait dengan budaya serta kesenian tradisional menjadi motivasi Alya mendalami ilmu debus di Padepokan Dadali Pati sejak Agustus 2022.

"Awalnya hanya sekedar tertarik dan ingin melestarikan budaya, kemudian ada dorongan dari teman juga," kata Alya ketika dihubungi sukabumiupdate.com, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga: Gratis, Melihat Aksi Debus dan Pencak Silat di Lapang Merdeka Sukabumi

Wanita asal Kampung Nagrak RT 03/06, Desa Nagrakselatan, Kecamatan Nagrak itu menyatakan segala hal butuh fokus dan keseriusan termasuk mendalami ilmu debus ini.

"Saya bisa atraksi debus seperti sekarang ini, karena ada binaan dari yang sudah lama di bidang ini, khususnya senior di padepokan," imbuhnya.

Selain tampil di Sukabumi, Alya juga pernah menyajikan aksi debus di beberapa tempat lainnya diantaranya di Bandung, Purwakarta dan Ciamis. Dia biasa tampil dengan memainkan golok hingga ular. 

Dia merasa bangga sebagai generasi muda yang menjaga kelestarian seni dan budaya.

“Bangga bisa memperkenalkan kembali seni, tradisi dan warisan budaya kepada generasi muda di zaman sekarang serta kepada masyarakat Sukabumi secara umum," pungkasnya.

Reporter: Ibnu (Magang)


Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x