Perbedaan Kopiah, Peci, dan Songkok: Inilah 8 Jenis Peci yang Populer Jadi Busana Lebaran

Selasa 02 April 2024, 16:07 WIB
Jenis Peci yang Populer Jadi Busana Lebaran | Foto : Ist

Jenis Peci yang Populer Jadi Busana Lebaran | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat Indonesia akrab dengan penutup kepala seperti peci, kopiah dan songkok.Ketiganya merupakan tiga jenis topi penutup kepala bagi laki-laki. Meskipun ketiganya memiliki fungsi yang sama, nyatanya ketiga jenis topi ini punya sejarah yang berbeda-beda.

Kopiah

Istilah kopiah ternyata diambil dari kata Arab ‘keffieh’, ‘kaffiyeh’, atau ‘kufiya’. Namun nyatanya, bentuk fisik dari kaffiyeh berbeda dengan kopiah yang bias akita lihat. Kaffiyeh dbuat dari bahan kain katun segi empat yang ditangkupkan di atas kepala. Biasanya, pola kain kaffiyeh berbentuk kotak-kotak kecil seperti jala ikan.

Sementara itu, kopiah biasanya berwarna hitam, berbentuk lonjong, pipih di dua ujungnya. Bagian luar kopiah dibuat dari bahan jenis beludru yang lembut.

Peci

Istilah peci mulai dikenal sejak masa penjajahan Belanda. Kala itu dikenal dengan sebutan ‘petje’, yaitu kata ‘pet’ yang diberi imbuhan ‘-je’ atau ‘tje’ yang makna harfiahnya berarti ‘kecil’.

Bentuk fisik dari peci biasanya bulat, berbeda dengan kopiah yang berbentuk lonjong. Motif dan kreasi dari peci pun lebih beragam, jika dibandingkan dengan kopiah.

Songkok

Songkok dalam bahasa Inggris dikenal istilah ‘skull cap’. Yakni dari skull yang berarti batok kepala, cap yang berarti topi. Skull cap ini berbentuk setengah lingkaran dan menutupi bagian ubun-ubun kepala.

Wilayah Melayu yang dahulu dijajah oleh Inggris, istilah ‘skull cap’ mengalami perubahan pelafalan. Dari yang semula bunyi ‘skol-kep’ menjadi ‘song-kep’. Dan akhirnya menjadi ‘song-kok’. Istilah songkok di nusantara cukup populer pada zaman Presiden Soekarno. Namun kini, nama songkok sudah langka digunakan, orang lebih sering menyebut peci.

Peci yang populer digunakan sebagai busana lebaran

Peci dikenal sebagai salah satu busana lebaran yang sangat populer. Peci di berbagai negara memiliki berbagai bentuk dan jenisnya. Di Indonesia, kita juga sering melihat berbagai macam jenis peci yang sering digunakan. Lantas, Apa saja bentuk peci yang populer? Ini delapan jenis peci di belahan dunia berikut ini.

1. Peci Songkok

Dikutip dari Duhamuslimwear.com, peci songkok populer di kalangan masyarakat Indonesia dan Melayu. Peci songkok juga sangat lekat dengan presiden pertama Indonesia, Soekarno. Saat ini, peci songkok kerap digunakan di acara resmi, mulai dari upacara nasional, pemakaman, pengajian, akad nikah, dan lain sebagainya.

2. Peci Miki Hat

Peci hitam miki hat sering dipakai oleh anak muda. Peci ini memiliki bentuk menyerupai kupluk dan didesain seperti topi, namun tidak memiliki visor di bagian depannya. Peci jenis ini menyerupai beanie hat atau sailor cap yang dilengkapi model lipatan di bagian dalamnya. Bahan kain peci miki hat berasal dari bahan wol rajut sehingga hangat dan nyaman di kepala.

Contoh Peci Miki Hat dan Songkok | Foto : IstContoh Peci Miki Hat dan Songkok | Foto : Ist

3. Fez atau Tarbus

Jenis peci ini berasal dari Turki. Tarbus juga dikenal dengan sebutan red kufi, takke, sarik, dan romap cap. Peci fez tidak hanya digunakan oleh umat Muslim saja, namun dipakai oleh penganut agama lainnya, seperti Druze, Yahudi Samaritan, bahkan cabang kelompok rahasia Freemason yaitu Shriners.

4. Peci Putih (Peci Haji)

Dilansir dari Uinsgd.ac.id, peci putih atau dikenal dengan peci haji merupakan tutup kepala favorit semua kalangan. Bentuknya polos dan bulat mengikuti bentuk kepala sehingga fleksibel dalam berbagai kegiatan. Biasanya peci ini digunakan untuk shalat berjamaah serta menghadiri kajian keagamaan.

Contoh Peci Tarbus dan Peci Haji | Foto : IstContoh Peci Tarbus dan Peci Haji | Foto : Ist

5. Karakul atau Qarakul

Dirangkum dari Bahankain.com, karakul merupakan sejenis topi yang terbuat dari rambut domba qaraqul atau lembu foetus. Karakul merupakan bagian dari busana adat Kabul yang digunakan oleh pria Afghanistan. Qaraqul juga dikenakan oleh pria Asia Tengah dan Asia Selatan. Penutup kepala berbentuk unik ini menjadi ciri khas pria kota berpendidikan sejak awal abad ke-20.

6. Pakol

Selain karakul, pria Afghanistan dan Pakistan juga mengenakan peci bernama Pakol atau khapol. Pakol berasal dari Khowar bahasa Chitral. Peci ini berbentuk bulat berlapis lunak, umumnya berbahan dasar kain wol dengan variasi warna netral seperti coklat, hitam, abu-abu dan gading. Pakol kerap digunakan sebagai pengganti sorban karena memiliki bagian pelindung.

Contoh Peci Karakul dan Peci Pakol | Foto : IstContoh Peci Karakul dan Peci Pakol | Foto : Ist

7. Papakha

Berikutnya ada papakha, peci khas yang dipakai umat Muslim Chechen di dataran Rusia. Papakha jadi ikon pria muslim setelah pejuang Muslim bernama Syaikh Imam Shamil memakainya saat melawan Rusia. Ukurannya sangat tinggi dan berat, sehingga pemakainya tak bisa membungkukan kepala. Papakha juga digunakan untuk melamar perempuan. Pinangan dianggap berhasil jika wanita tak kunjung melemparkan kembali peci tersebut.

Contoh Peci Papakha dan Peci Shindi / Peci Saraiki | Foto : IstContoh Peci Papakha dan Peci Shindi / Peci Saraiki | Foto : Ist

8. Peci Shindi

Sindhi atau Saraiki adalah jenis peci yang dipakai sebagian besar pria Sindhi di Provinsi Sindh di Pakistan. Orang Saraiki, Baloch dan orang Pashtun juga mengadopsi penutup kepala ini serta dianggap sebagai bagian penting budaya Saraiki. Peci Sihji menjadi simbol nasionalisme Sindhi selama ratusan tahun, Sehingga peci ini sering dijadikan hadiah atau tanda hormat, bersama Ajrak.

Sumber : berbagai sumber

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel06 Mei 2024, 06:00 WIB

5 Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat

Yuk Ketahui Sederet Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat Berikut!
Ilustrasi. Air Lemon. Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat | Foto:  Pixabay/Ri_Ya
Science06 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 6 Mei 2024, Yuk Cek Dulu Langit di Awal Pekan!

Prediksi cuaca hari ini 6 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 6 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua).
Life05 Mei 2024, 22:08 WIB

Tindak Lanjuti Perilaku Buruk, 7 Cara Terbaik untuk Melakukan Time-Out Pada Balita

Dengan konsistensi dan penegakan aturan yang tenang, kerja keras Anda dalam menerapkan time-out yang besar kemungkinan akan menghasilkan hasil berupa lebih banyak perilaku yang baik.
Ilustrasi cara melakukan time-out pada balita. | Sumber Foto : pexels.com/@Arina Krasnikova
Sukabumi05 Mei 2024, 21:12 WIB

Diperbaiki Swadaya, Rumah Lansia di Surade Sukabumi Terdampak Gempa Garut Mulai Dipugar

Rumah Lansia di Surade Sukabumi terdampak Gempa M6,2 Garut diperbaiki secara swadaya.
Terdampak gempa M6,2 di laut Garut, Rumah Maemunah Warga Surade Sukabumi mulai diperbaiki secara swadaya, Minggu (5/5/2024). (Sumber : SU/Ragil)
Sehat05 Mei 2024, 21:00 WIB

2 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Asam Urat dalam Waktu 10 Menit

Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi - Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat  dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Sukabumi05 Mei 2024, 20:30 WIB

Pria Lajang di Cibadak Sukabumi Tewas Tergantung, Ditemukan oleh Sang Kakak

Berikut kronologi seorang pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung oleh sang kakak di dalam rumahnya.
Ilustrasi. Pria lajang di Cibadak Sukabumi ditemukan tewas tergantung di dalam rumah. Diduga depresi. | Sumber Foto: Istimewa
Motor05 Mei 2024, 20:00 WIB

Ganti Oli Teratur! 5 Cara Merawat Motor Injeksi Agar Awet dan Tetap Prima

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet dan performanya optimal. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi05 Mei 2024, 19:42 WIB

Warga Keluhkan Bau Menyengat Sampah, Menumpuk di Belakang Pasar Surade Sukabumi

Warga keluhkan bau menyengat dari tumpukan sampah di belakang Pasar Surade Sukabumi.
Kondisi tumpukan sampah di belakang Pasar Surade, Kampung Cihideung, Surade Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Life05 Mei 2024, 19:30 WIB

Bunda Harus Tahu, Usia yang Tepat dan Kapan Menggunakan Teknik Disiplin Time-Out untuk Anak

Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan.
Ilustrasi - Saat menggunakan Time-out, perhatikan baik-baik reaksi anak dan ikuti observasi Anda tentang cara terbaik memanfaatkan. (Sumber : pexels.com/@Alexander Dummer).
Sehat05 Mei 2024, 19:00 WIB

Terselip di Balik Lemak! 7 Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya.
Ilustrasi - Kolesterol diam-diam berbahaya, dan Anda harus mengetahui apa saja penyebabnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp).