Film Ice Cold Ramai Dibicarakan, Prof. Eddy Hiariej Ungkap Pelaku Sebenarnya

Kamis 05 Oktober 2023, 18:45 WIB
Film Ice Cold Ramai Dibicarakan, Prof. Eddy Hiariej Ungkap Pelaku Sebenarnya | Sumber: Youtube Netflix Indonesia

Film Ice Cold Ramai Dibicarakan, Prof. Eddy Hiariej Ungkap Pelaku Sebenarnya | Sumber: Youtube Netflix Indonesia

SUKABUMIUPDATE.com - Kasus kopi sianida yang terjadi pada tahun 2016 kembali menjadi perbincangan publik usai Netflix merilis film dokumenter berjudul Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso pada 28 September 2023 lalu.

Setelah Netflix merilis film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso, masyarakat Indonesia kembali teringat bahwa ada kasus tragis yang membuat Wayan Mirna Salihin kehilangan nyawa setelah meminum kopi berisi sianida.

Ditambah kejanggalan yang diperlihatkan dalam film dokumenter tersebut membuat masyarakat Indonesia berspekulasi siapa tersangka sebenarnya dan meminta untuk diangkat kembali kasus kopi sianida agar tuntas.

Baca Juga: Kasus Kopi Sianida Jessica Wongso Trending Usai Film Dokumenter Ice Cold Viral

Bahkan, kata kunci kasus kopi sianida berada dalam jajaran tren pencarian google pada Kamis (5/10/2023). Ini tahu siapa pelaku sebenarnya yang membuat Wayan Mirna Salihin meninggal.

Melansir dari Suara.com, Jessica Kumala Wongso dituduh telah meracuni Mirna dengan segelas ice coffee Vietnam di Olivier Cafe, Grand Indonesia, Jakarta Pusat. Jessica didakwa sebagai pelaku kasus kopi sianida.

Setelah melalui proses persidangan yang cukup panjang, Jessica Kumala Wongso divonis hukuman 20 tahun penjara. Tetapi keputusan itu justru mendapat reaksi berbeda dari masyarakat.

Apalagi setelah film Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso tayang memunculkan beragam kontroversi dan pertanyaan baru mengenai kasus pembunuhan Mirna.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Anak Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua

Masyarakat mulai ragu dan mempertanyakan kejelasan proses persidangan Jessica Wongso selama ini.

Untuk menjawab keraguan tersebut, Prof. Eddy Hiariej, seorang saksi ahli dalam sidang kasus Jessica memberi klarifikasi mengenai hal tersebut.

Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) memastikan keputusan hakim sangat tepat bahwa pembunuh Wayan Mirna Salihin adalah Jessica Wongso.

"Saya ingin mengatakan dalam kasus Jessica ini mengapa saya begitu yakin, saya memiliki pengalaman sebagai ahli di Pengadilan bukan satu dua kali, lebih dari 100 kali," ungkapnya saat menjadi pembicara talk show Catatan Demokrasi tvOne yang dikutip dari Suara.com pada Kamis (5/10/2023).

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Pura-Pura Baik Padahal Aslinya Tidak Suka dengan Kita

Dia bahkan membaca keseluruhan berita acara perkara yang mencapai 200 halaman.

"Saat kasus Jessica, berita acara pemeriksaan berjumlah lebih dari 200 halaman," sambungnya.

Bahkan dia juga dipersilahkan secara langsung melihat CCTV detik-detik Wayan Mirna Salihin tewas setelah minum kopi.

"Saya melihat 9 CCTV dihadirkan untuk saya melihat, saya memberikan keterangan," ungkapnya.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Laki-laki Kurang Kasih Sayang Orang Tua, Ada Masalah Emosional

Prof. Eddy menambahkan bahwa dua keterangan ahli, yaitu Profesor Ronny Nitibaskara dan dr. Natalia, serta eksperimen yang dilakukan oleh Profesor Doktor I Made Agus Gelgel, memperkuat keyakinannya bahwa Jessica adalah pelaku pembunuhan Mirna.

"I Made Gelgel melakukan percobaan untuk mencari tahu kapan Sianida dimasukkan ke dalam gelas. Percobaan I Made Gelgel itulah yang membuat saya yakin bahwa memang Jessica adalah pelaku," tambahnya.

Dia juga merinci bahwa pemeriksaan intensif telah dilakukan terhadap Barista di Cafe Olivier untuk memastikan prosedur standar ketika seseorang memesan Ice Coffee Vietnam.

Baca Juga: 10 Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi, Yuk Bunda Lakukan Hal Ini

Sampai saat ini masyarakat masih mempertanyakan dan mendebatkan kasus kontroversial ini. Hingga pada akhirnya membuat tetap menjadi salah satu kasus pembunuhan yang paling membingungkan dan kontroversial dalam sejarah hukum Indonesia.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life13 April 2024, 10:00 WIB

Sering Bertengkar, 10 Ciri Kamu dan Pasangan Tidak Berjodoh Meski Saling Mencintai

Kenyataan pahitnya, pasangan tidak berjodoh meski saling mencintai adalah situasi yang memang bisa saja terjadi.
Ilustrasi - Kenyataan pahitnya, pasangan tidak berjodoh meski saling mencintai adalah situasi yang memang bisa saja terjadi. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Science13 April 2024, 09:39 WIB

Potensi Ombak Capai 2,5 Meter di Pantai Selatan Jabar-DIY, Wisatawan Diimbau Waspada

BMKG peringatkan potensi ombak capai 2,5 meter di Pantai Selatan Jabar hingga DIY pada hari ketiga libur Lebaran, Sabtu 13 April 2024.
Ilustrasi. Ombak laut yang menghempas pantai. (Sumber : pixabay.com/@Elias)
Sehat13 April 2024, 09:00 WIB

Bisa Atasi Depresi, 8 Manfaat Asam Lemak Omega-3 untuk Kesehatan

Potensi manfaat kesehatan dari omega-3 termasuk melindungi kesehatan jantung, fungsi otak, kesehatan mata, dan menurunkan risiko beberapa penyakit kronis.
Ilustrasi - Asam lemak omega-3 adalah nutrisi penting yang dikonsumsi melalui makanan atau suplemen. (Sumber : Freepik.com).
Motor13 April 2024, 08:00 WIB

10 Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Membeli Motor Baru

Dengan mempersiapkan hal-hal berikut, Updaters dapat memastikan bahwa Anda siap untuk membeli motor baru dan mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Ini Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Membeli Motor Baru. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Life13 April 2024, 07:00 WIB

Jangan Diremehkan! Ini 10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Anak Stres

Menghindari kebiasaan-kebiasaan sepele penyebab anak stres dan menciptakan lingkungan yang positif, penuh kasih serta mendukungnya merupakan kunci untuk membantu anak mengatasi stres dan berkembang dengan baik secara emosional.
Ilustrasi. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Anak Stres Ini Jangan Pernah Diremehkan! (Sumber : pixabay.com/@ DigitalPhotoandDesignDigiPD.com)
Food & Travel13 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Jambu Biji Sebagai Obat Tradisional

Daun jambu biji memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti diare, gangguan pencernaan, dan infeksi saluran kemih.
Ilustrasi. Daun Jambu Biji. Cara Membuat Air Rebusan Daun Jambu Biji Sebagai Obat Tradisional. (Sumber : pexels.com/RanjeerChauhan)
Science13 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 13 April 2024, Berpotensi Diguyur Hujan Sejak Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 13 Desember 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 13 Desember 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions).
Sukabumi12 April 2024, 22:59 WIB

Retribusi Pantai Minajaya Dikomplain Tak Sesuai Fasilitas, Ini Kata Dispar Sukabumi

Retribusi ke kawasan Pantai Minajaya Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi menjadi sorotan warga. Pasalnya tarif yang dikenakan mengalami kenaikan, bahkan dianggap terlalu mahal dan tidak wajar.
Pos Retribusi Pantai Minajaya Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi12 April 2024, 22:33 WIB

Operasional Tol Bocimi Seksi 2 Dibuka hingga Malam Hari Kecuali Hujan

Tol Bocimi Seksi 2 dari arah Sukabumi menuju Bogor-Jakarta dibuka hingga malam hari, sekira pukul 19.00 WIB, berbeda dengan hari pertama kemarin yang sudah ditutup pada sore hari.
Buka tutup tol Bocimi seksi 2 saat libur lebaran | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi12 April 2024, 22:23 WIB

Urai Kemacetan di Lebaran H+2, Polisi Terapkan Skema One Way di Sekitar Exit Tol Parungkuda

Rekayasa lalu lintas satu arah alias one way di sepanjang ruas jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya di sekitar Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, telah berakhir pada Jumat (12/4/2024).
Polantas berlakukan skema one way di sekitar Exit Tol Parungkuda Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari